Apakah AC bisa memicu sakit kepala?

Dilihat 3,19 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Sakit kepala merupakan jenis penyakit yang bisa disebabkan karena berbagai hal. Bahkan penyakit ini seringkali muncul tanpa kita sadari apa yang menjadi penyebab sakit kepala tersebut. Penyebab sakit kepala juga bisa muncul dikarenakan gejala suatu penyakit lainnya yang tidak ketahui dan biasanya hal ini juga dibarengi dengan gejala lainnya. 


Selain itu, sakit kepala juga kerap kali muncul karena gangguan pada struktur di kepala yang sensitif terhadap rasa sakit dan bukan merupakan gejala akibat penyakit lain. Di antara semua itu, yang paling berbahaya dan harus kita waspadai adalah sakit kepala belakang karena dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan segera.


galena pusing

Untuk itu penting mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan sakit kepala beserta cara penangannya dengan mudah. Sakit kepala tidak selalu harus ditangani dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit kepala, di bawah ini juga akan membahas cara penanganan mudah untuk menghilangkan sakit kepala.



Penyebab Munculnya Sakit Kepala


Sakit kepala atau cephalgia adalah rasa nyeri yang bisa dirasakan pada atas mata dan telinga, bagian atas kepala, bagian belakang kepala hingga leher bagian atas. Ada banyak jenis sakit kepala tergantung dari penyebab sakit kepala itu sendiri. 


Beberapa hal yang bisa jadi penyebab munculnya sakit kepala adalah seperti: 

  • Sinusitis
  • Flu
  • Infeksi pada telinga
  • Masalah pada gigi
  • Kebanyakan mengonsumsi MSG
  • Mengonsumsi makanan atau minuman dingin secara tiba-tiba. 


Sakit kepala juga bisa menjadi penyakit yang berbahaya dan bahkan dapat mematikan jika tidak segera ditindak lanjuti seperti misalnya sakit kepala belakang. 


Sakit kepala belakang dapat dirasakan berupa rasa nyeri, tegang, terasa berat di kepala bagian belakang hingga menjalar ke leher bagian belakang (tengkuk) seolah-olah membawa beban berat. Penyebab sakit kepala belakang pada umumnya tidak terlalu berbahaya dan dapat diatasi dengan pengobatan rumah. 


Namun ada beberapa kasus sakit kepala muncul secara terus menerus sehingga membutuhkan pemeriksaan yang intensif dari dokter. 


galena sakit kepala


Adapun beberapa penyebab sakit kepala belakang secara umum yang dapat anda ketahui, yaitu:


  • Sakit kepala cervicogenic. Sesuai dari nama cervic yang berarti leher, sakit kepala ini muncul karena masalah pada leher. Pada awalnya rasa sakitnya muncul dari belakang leher, kemudian menjalar ke samping, hingga ke depan dekat mata. Faktor penyebabnya bisa karena kelelahan, posisi tidur yang salah, atau masalah pada tulang leher, cedera, serta stres yang menyebabkan tegang pada otot.
  • Sakit kepala tegang. Sakit kepala jenis ini muncul dengan gejala awal muncul pada bagian leher serta kepala bagian belakang, kemudian rasa tegang menyebabkan rasa sakit hingga ke dahi. Penyebab utama dari sakit kepala adalah karena kurang tidur, dan stres yang berlebih namun bisa diatasi dengan relaksasi untuk menenangkan pikiran anda dan istirahat yang cukup.
  • Neuralgia oksipital. Jenis sakit kepala ini disebabkan gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar tulang belakang dari pangkal leher sampai ke kepala. Gangguan ini muncul akibat adanya tekanan atau iritasi dari saraf oksipital karena cedera, radang ataupun saraf terjepit. Sakit kepala ini kadang dianggap migrain karena gejalanya yang hampir sama. Rasa sakit yang dirasakan pada neuralgia oksipital umumnya seperti sengatan listrik yang tajam yang menusuk pada kepala dan leher.
  • Migrain basilar. Berbeda dengan migrain pada umumnya yang muncul hanya pada satu sisi bagian kepala, migrain basilar merupakan jenis migrain yang terasa pada bagian belakang kepala tepatnya pada arteri basilar. Migrain tersebut kerap diawali dengan gejala aura, seperti pandangan kabur, kebutaan sementara, pusing, telinga berdenging, serta muncul gangguan berbicara maupun mendengar. Meskipun menunjukan gejala-gejala yang mengganggu, jenis sakit kepala ini tidak menyebabkan penderitanya lemah. Namun harus di waspadai karena untuk beberapa kasus, karena jenis migrain ini terkait dengan stroke.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa itu karena adanya suatu penyakit, atau bahkan suatu kondisi seperti stres atau kelelahan. Ada pula hal lain yang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit di kepala adalah udara dingin dari AC.

AC dapat menyebabkan sakit kepala karena beberapa alasan. Dehidrasi. Udara dingin mengakibatkan otot berkontraksi. Udara dingin mengakibatkan pembuluh darah berkontraksi. AC mungkin menyirkulasi udara, bahan kimia yang tidak segar dan sistem ventilasi yang tidak terbuka dengan baik. Suara dari AC mungkin menghasilkan frekuensi yang tidak dapat anta tangani. Jika anda merasakan sakit kepala sebelah, AC mungkin merupakan akibat dari alasan-alasan di atas.


Salah satu masalah ketika musim panas bagi orang-orang adalah perubahan temperatur yang intens yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah. Jika anda berada di dalam ruangan saat kerja, merasakan suhu yang dingin―dan kemudian harus menyetir pulang di dalam mobil yang terpanggang matahari sepanjang hari, hal tersebut dapat menyebabkan guncangan tiba-tiba yang dapat menyebabkan sakit kepala. Sebagian besar orang merasakan sakit kepala dari waktu ke waktu karena berbagai sebab. 


Pengobatan yang dapat dilakukan tergantung pada jenis sakit kepala yang anda rasakan, tapi ini adalah beberapa strategi untuk merasa lebih baik dalam waktu cepat dan solusi jangka panjang untuk menghentikan rasa sakit sebelum menjadi lebih sulit ditangani.



Cara Menangani Sakit Kepala


Kita sering beranggapan bahwa sakit kepala bisa dihilangkan dengan cepat dengan cara mengonsumsi obat penghilang sakit kepala. Obat memang pilihan yang tepat dan cepat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun untuk masalah sakit kepala, karena penyebabnya bisa berbagai macam hal, cara menghilangkannya pun tidak selalu dengan menggunakan obat.


Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit seperti menggunakan kafein secara hati-hati. Kafein bisa menjadi pisau bermata dua. Banyak obat pereda nyeri yang mengandung kafein karena dapat membuat obat bekerja dengan lebih cepat dan lebih efektif. Ketika seseorang merasa sakit kepala, adenosine dalam aliran darah meningkat, kafein menghalangi penerima adenosine. 


Batasi kafein tidak lebih dari dua kali seminggu. Lebih dari itu, tubuh anda akan tergantung kepada kafein, terutama di kalangan penderita sakit kepala sebelah. Jika anda sangat suka minum kafein (lebih dari 200 miligram segari, atau sekitar 2 cangkir kopi) dan tiba-tiba menghilangkannya dari pola makan anda, anda mungkin akan merasakan sakit kepala sebagai efek sampingnya. 


Hal tersebut karena penggunaan kafein setiap hari memperbesar pembuluh darah di otak. Ketika kafein dihilangkan, pembuluh darah tersebut menyempit, menyebabkan sakit kepala. Belajarlah untuk mengurangi konsumsi kafein perlahan-lahan untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi kafein jika anda mengkonsumsi terlalu banyak kafein dan merasa hal tersebut berkontribusi terhadap sakit kepala anda. Jika anda sering menderita sakit kepala, sebaiknya anda menghindari kafein.


Minum air yang cukup. Dehidrasi dapat berujung pada sakit kepala, terutama jika belakangan ini anda muntah atau merasa pusing. Minumlah air segelas penuh segera setelah anda merasa sakit kepala dan teruslah minum sedikit demi sedikit. Anda akan mulai merasakan sakitnya berkurang. 


Untuk laki-laki, minumlah setidaknya 13 gelas air (3 liter) dan pada wanita, minumlah sekurang-kurangnya 9 gelas air (2,2 liter) dalam sehari. Jika anda berolahraga secara berkala, tinggal di daerah yang panas atau lembab, sedang sakit yang disebabkan oleh muntah dan diare atau sedang menyusui, minumlah lebih banyak. 


Jangan minum air yang terlalu dingin jika anda sedang sakit kepala. Air yang terlalu dingin dapat menyebabkan sakit kepala sebelah bagi sebagian orang, terutama jika mereka rentan terhadap sakit kepala sebelah. Air pada suhu ruangan adalah yang terbaik.


Temukan tempat yang gelap untuk beristirahat. Jika bisa, berbaringlah dan relaks selama paling tidak 30 menit. Matikan lampu dan fokuslah pada pernapasan anda. Carilah kedamaian dan ketenangan untuk memberi ruang bagi anda agar bisa menenangkan diri dan pikiran. Jika anda terpaksa melakukannya di tengah-tengah banyak orang, jelaskan bahwa anda sedang sakit kepala agar mereka tidak berisik dan anda tidak terganggu. Meminta kerja sama mereka di awal dapat menghindari gangguan yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi. 


Jika anda mau, tidulah atau tidur sebentar. Patikan tempat tidur anda nyaman dan kepala anda disangga dengan baik untuk menghindari tekanan pada leher. Jika leher anda kram, sesuaikan posisit agar kepala dan leher anda ditopang dengan baik. Sesuaikan pencahayaan. Hindari cahaya yang terlalu terang karena hanya akan memperparah sakit kepala anda bahkan bagi mereka yang tidak dapat melihat. Anda juga dapat menggunakan masker mata untuk menghalangi cahaya.


galena menghilangkan pusing


Sesuaikan suhu ruangan. beberapa orang hanya dapat relaks di ruangan yang dingin sementara sebagian lainnya memilih selimut besar dan pemanas ruangan. Ciptakan kondisi tidur yang terbaik agar anda dapat tidur dengan baik di malam hari.


Latihlah relaksasi otot progresif. Hal tersebut dapat membantu meringankan sakit kepala. Beberapa latihan yang berfokus ke relaksasi, seperti senam yoga atau meditasi juga dapat membantu. Berbaringlah pada posisi yang nyaman. Lemaskan otot dan fokuslah rasa lemas yang anda rasakan di otot. Lanjutkan ke kelompok otot selanjutnya. Kelompok otot yang dapat dilemaskan andara lain: dahi, mata dan hidup, pipi―rahang, tangan, lengan, bahu, punggung, perut, pinggul, paha, kali dan jari kaki.


galena yoga untuk rileks


Gunakan  kompres yang dingin. Letakan sesuatu yang lembut dan dingin di atas dahi dapar melancarkan peredaran darah yang akan mengurangi peradangan dan mengurangi sakit kepala. Ini sangat bermanfaat jika masalahnya ada di sinus. Basahi lap mandi dengan air dingin, letakkan di atas dahi. Bilas kembali dengan air dingin setiap kali mulai terasa hangat. Siapkan kompres yang berat. Letakkan lap mandi basah di dalam plastik dan taruh di lemari pendingin selama 30 menit. Ambil dan letakan di atas dahi―lap mandi akan terasa sangat dingin. 


Jika sakit kepala anda adalah sakit karena tekanan, misalnya dikarenakan oleh stress, rasa khawatir, otot yang sakit, kompress hangat dapat meredakan rasa sakitnya dengan lebih efektif ketimbang kompress dingin. Pijat wajah dan kulit kepala anda. Terutama jika anda menderita sakit kepala karena tekanan, pijat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan melepaskan tekanan, yang akan mengurasi rasa sakit anda. 


Sakit kepala karena tekanan dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari rahang yang tidak terkepal dengan baik atau tegang otot. Rasa khawatir dan depresi juga dapat menyebabkan sakit kepala ini. Tempatkan ibu jari anda di samping dahi, tekan jari anda dalam gerakan melingkar yang kecil. Perlahan pijat batas hidup anda untuk meredakan sinus dan sakit kepala sebelah. Pijat kulit kepala. Masuklah ke dalam pancuran air hangat dan nikmati pijatan kulit kepala ketika anda menggunakan sampo. Atau untuk versi keringnya, tuangkan sedikit minyak kelapa ke jari anda dan pijat kulit kepala anda. Pijat bagian leher dan bahu. Rasa tegang di leher dan bahu dapat menyebabkan sakit kepala.


galena mengurangi sakit kepala


Untungnya, meskipun sakit kepala karena tekanan adalah jenis sakit kepala yang paling sering dialami, sakit kepala ini juga cukup mudah untuk disembuhkan. Pijatlah bagian leher dan baru. Atur napas dan lemaskan leher, biarkan jatuh ke arah belakang. Pijat dengan gerakan memutar. Gunakan teknik akupresur. Akupressur dapat membantu anda melepaskan ketegangan dan rasa sakit kepala, terutama yang disebabkan tegang otot dan stres. Stimulasi titik akupresur di bagian leher, bahu, dan tangan untuk mengurangi sakit kepala. Pijatlah bagian yang lembut dari tangan anda antara jari telunjuk dan ibu jari. Jangan lakukan dalam masa kehamilan karena dapat memicu persalinan.


Berlatih teknik relaksasi. Teknik ini digunakan oleh seluruh orang di seluruh dunia untuk mengalihkan diri dari rasa sakit. Jika anda sedang sakit kepala, tidak usah khawati harus mempelajari sesuatu yang baru―lakukanlah apa yang bisa anda lakukan. Beberapa yang populer antara lain: meditasi, berdoa, menarik napas dalam-dalam, tenangkan diri. 


Jika anda dapat tertidur, hal tersebut mungkin dapat membantu. Gunakan teknik pernapasan. Terkadang, pernapasan dapar menjadi obat. Kelihatannya sederhana karena kita bernapas setiap saat, tapi relaksasi dan pernapasan dalam adalah sesuatu yang anda butuhkan untuk fokus. Nafas yang dalam dan teratur dapat menghilangkan tekanan dan merelaksasi anda dalam hitungan menit. Temukan tempat yang sejuk, gelap dan tenang. 

Buat diri anda nyaman, bebaringlah atau duduk dengan nyaman, longgarkan pakaian. Tarik napas perlahan. Anda akan merasa paru-paru anda terisi udaha. Tahan selama 2 - 3 detik, lalu buang napas perlahan-lahan melalui mulut sampai tidak ada udara yang tersisa di paru-paru anda.

Pada umumnya sakit kepala terjadi bukan karena masalah serius. Kenali gejala sakit kepala yang anda rasakan dan segera obati sebelum bertambah parah. 


Namun jika anda merasakan sakit kepala yang disertai dengan gejala lainnya dan terus berangsur dalam jangka waktu yang cukup lama, segera periksakan diri anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan secara langsung. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang