Apakah AC dapat menyebabkan sinusitis ?

Dilihat 319 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Penderita sinusitis semakin bertambah tiap tahunnya hal ini disebabkan oleh faktor udara yang semakin tidak sehat terutama di perkotaan. Banyaknya kendaraan yang menimbulkan polusi udara dan juga pabrik-pabrik yang mengeluarkan asap kotorannya ke udara. Masyarakat perkotaan ternyata renta mengalami masalah pernapasan akibat dari kualitas udara yang buruk. Lingkungan yang kotor, debu, asap kendaraan, dan lain sebagainya membuat penderita Infeksi pernapasan meningkat.

Pengertian sinusitis itu sendiri adalah peradangan pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan merupakan penyakit yang umum bisa terjangkit oleh orang-orang segala umur. Sinusitis diakibatkan karena adanya bakteri atau jamur yang terdapat pada daerah sinus. Bisa diakibatkan karena infeksi virus atau alergi bisa pada makanan, udara, dan debu. Sebenarnya fungsi dari sinus itu sendiri adalah memproduksi cairan yang berguna untuk membersihkan rongga hidung. Apakah AC dapat menyebabkan sinusitis? AC dapat membuat udara disekitar menjadi dingin hal ini bisa juga memicu terjadinya sinusitis.Terutama bagi orang yang mempunyai alergi udara dingin sehingga produksi lendir akan timbul secara berlebihan.


sinusitis


Faktor Penyebab Terjadinya Sinusitis

Sinusitis bisa terjadi karena tersumbatnya daerah pernapasan karena banyaknya lendir yang menghambat udara yang masuk melalui saluran pernapasan sehingga lendir akan menumpuk di dearah rongga hidung.

1. Penyebab sinusitis secara umum diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain:

  • Adanya infeksi atau peradangan maupun tenggorokan (Bisa karena amandel, tonsil, dan endenoid).
  • Adanya sumbatan di daerah rongga hidung karena adanya polip,tumor, benda asing, pembesaran tulang konka hidung (konka inferior dan media), dan tulang hidung bengkok (septum deviasi).
  • Infeksi pada gigi graham 1, graham 2, dan graham 3 bagian atas kiri dan kanan
  • Infeksi yang berat  dan lama pada bagian yang menembus rongga sinus maksilaris (pipi).
  • Adanya alergi pada hidung sehingga memyebabkan sumbatan hal ini bisa disebabkan oleh makanan, udara dingin, udara panas, asap polusi, debu, dan bau menyengat.
  • Trauma fisik maupun stress (barotrauma) dan menyebabkan pendarahan pada sinus.
  • Bagi yang sering melakukakn olahraga renang air akan masuk ke rongga hidung dan bisa menjadi sinusitis.
sinusitis


2.  Penyebab sinusitis akut bisa diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain:

  • Adanya infeksi virus, sinusitis akut bisa diakibatkan adanya infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas (ISPA) misalnya pilek.
  • Adanya bakteri, didalam tubuh terdapat bakteri yang tadinya dalam keadaan normal tidak berbahaya misalnya Haemophilus Influenzae dan Streptococcus pneumoniae. Namun jika daya tahan tubuh menurun atau saluran sinus tersumbat oleh pilek atau infeksi virus lainnya maka bakteri yang tadinya jinak akan berkembang biak dan menyerang saluran sinus sehingga terjadi infeksi sinus akut.
  • Adanya jamur, jamur aspergillus merupakan jamur yang bisa menyebabkan sinusitis pada penderita gangguan sistem kekebalan. Pada kasus tertentu sinusitis jamur adalah bentuk reaksi alergi yang bersangkutan terhadap jamur.Penyebab yang lain tentang sinusitis adalah karena adanya penyakit asma 
  • pada paru-paru, dan kelainan sekresi maupun pembuangan lendir.
sinusitis


Tips Untuk Mengatasi Sinusitis

Bagi kamu yang menderita sinusitis sebaiknya menghindari sebab-sebab terjadinya alergi. Salah satu alergi yang terjadi pada makanan yang kamu makan. Alergi makanan adalah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. 

Untuk mengatasi sinusitis antara lain:

  • Hindari makanan yang menyebabkan alergi, makanan yang mengandung alergi secara umum misalnya udang, lobster, cumi, ikan laut dan kacang-kacangan. Bisanya sinusitis bisa diakibatkan karena makanan yang kamu makan merupakan penyebab munculnya sinusitis karena tubuh kamu alergi terhadap makanan tersebut. Alergi terjadi karena makanan yang kamu makan mengalami reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang keliru merespon protein yang berasal dari makanan dan menganggap sebagai suatu ancaman. Penyebab terjadinya alergi pada makanan terjadi karena adanya zat immunoglobulin E yang merupakan zat antibodi yang ada pada sistem kekebalan tubuh biasanya terjadi apabila penderita makan makanan tersebut dan efeknya langsung bisa berupa bersin-bersin, hidung mampet, mata gatal dan kepala pening. 
  • Hindari Udara yang terlalu dingin, udara dingin bisa memicu terjadinya alergi untuk itu jika udara dingin kamu bisa menghangatkan badan kamu dengan cara minum dengan minuman yang dapat menghangatkan tubuh misalnya wedang jahe, teh panas, dan lainnya. Suhu dalam rumah bisa dihangatkan dengan penerangan lampu yang wattnya tinggi. 

sinusitis


Orang yang mengalami rhinitis alergika atau alergi pada hidung bisa terjadi 

apabila hidung telah kotor terhadap faktor alergen atau faktor yang menimbulkan alergi. Maka akan timbul bersin-bersin dan mengeluarkan lendir hidung dimana cairan atau lendir tidak bisa dibuang sehingga akan menimbulkan sinusitis. Alergi juga bisa terjadi pada kulit berupa gatal-gatal, ruam pada kulit, dan bentol di sekujur tubuh.

Sinusitis adalah penyakit karena adanya peradangan di daerah sinus sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Apakah AC bisa menjadi penyabab sinusitis? Tentunya bisa karena AC bisa membuat udara disekitar kita menjadi dingin. Jika kamu termasuk mempunyai alergi terhadap udara maka AC bisa memicu terjadinya sinusitis. Mengenali gejala sinusitis dan penyebab timbulnya sinusitis sejak awal maka akan mempermudah pengobatan yang tepat. Kunjungilah dokter THT agar kamu bisa berkonsultasi tentang sinusitas dan cara pengobatan yang benar. Semoga bermanfaat!



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang