Apakah ada alternatif yang lebih murah untuk alat bantu dengar yang harganya $5000?

Dilihat 521 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Alternatif alat bantu dengar biasanya disebut sebagai produk amplifikasi suara personal (personal sound amplification products /PSAPs). Meski banyak orang dengan kerusakan pendengaran mengatakan PSAPs menguntungkan, mereka tidak bisa dipasarkan sebagai solusi dari kehilangan pendengaran karena adanya petunjuk FDA sekarang. PSAPs ditujukan untuk memperkuat suara lingkungan sekitar bagi konsumen tanpa cacat pendengaran. Mereka ditujukan untuk memperjelas suara dalam lingkungan pendengaran tertentu, daripada untuk pemakaian sehari-hari dalam masalah pendengaran yang beragam. Mereka tidak ditujukan untuk mengompensasi cacat pendengaran atau mengatasi masalah pendengaran yang biasanya dihubungkan dan mengindikasikan hilangnya pendengaran. PSAPs hanya mungkin dipasarkan berdasarkan keuntungan berikut:


  •   Berburu (mendengarkan mangsa)
  •   Mengamati burung
  •   Mendengarkan seminar dengan pembicara yang jaraknya jauh
  •   Mendengarkan suara lembut yang sulit ditangkap pendengar normal (misalnya percakapan yang jaraknya jauh)

PSAP bisa jadi tidak membantu untuk:

  •   Kesulitan mendengar orang lain yang berdekatan
  •   Kesulitan memahami percakapan di ruang ramai
  •   Kesulitan memahami dialog film di bioskop
  •   Kesulitan mendengarkan seminar di ruangan yang seharusnya sepi
  •   Kesulitan mendengar dering telepon atau bel pintu
  •   Kesulitan masalah mendengar dimana suara sekitar mungkin mengganggu kejelasan pembicaraan

Posisi FDA terkait PSAPs sangatlah diperdebatkan, dan sangat mungkin berubah dalam waktu dekat. President's Council of Advisors on Science and Technology belakangan ini membuat saran terkait konsep petunjuknya:


-    FDA harus membatalkan konsep petunjuk sebelumnya terkait PSAPs dan mengijinkan alat-alat ini membuat klaim sesungguhnya soal kapabilitas, seperti memperbaiki pendengaran atau memahami situasi dimana suara lingkungan sekitar atau ruangan yang ramai mungkin mengganggu kejelasan pembicaraan.


Mereka bahkan bertindak lebih jauh dengan saran berikutnya:


-    Food and Drug Administration (FDA) harus menciptakan kategori baru untuk alat bantu dengar ‘dasar’ dan mengatur uji pendengaran yang dimaksudkan untuk penjualan umum. Ini akan memperbolehkan wirausaha dan inovator untuk memasuki pasar dan membuka ruang untuk solusi kreatif untuk memperbaiki kehilangan pendengaran rendah-sedang, atau karena usia, yang dapat dijual secara luas, membuat konsumen bisa membeli alat bantu dengar dasar di apotek lokal, online, atau di toko eceran dengan harga rendah.


Mari kita lihat beberapa produk PSAPs yang sekarang ada di pasaran.


  • Soundhawk Smart Listening System; Harga: Rp 4.585.875; Tempat membeli: Soundhawk Store; Diproduksi oleh Foxconn (Produsen iPhone di China), dan diciptakan oleh tim bintang (termasuk eks staf Apple, Adobe, Cisco, Amazon, Motorola, HP, dan Jawbone). Soundhawk Smart Listening System dijanjikan sebagai PSAP yang hebat. Soundhawk memiliki desain yang simpel dan elegan, dijual bersama dengan sistem mikrofon jarak jauh, dan memennugi kebutuhan pengguna iOS dan Android. Soundhawk juga PSAP pertama yang sukses dipasarkan sebagai alat yang bisa dipakai (dalam kategori alat bantu dengar trendi). Ini memberikan dorongan yang besar dan baru dalam peliputan media (untuk sebuah PSAP). Sumber: Soundhawk Review for Hearing Loss - Expert Analysis
  • CS50+ Personal Sound Amplifier; Harga: Rp 4.585.875; Tempat membeli: Sound World Solutions. Sound World Solutions CS50+ Personal Sound Amplifier meningkatkan penampilan dari CS50 Personal Sound Amplifier yang asli ke tingkatan yang baru. CS50+ menawarkan amplifikasi yang bisa diatur sesuai kemauan untuk membantu anda mendengarkan semuanya dengan suara sejernih kristal, dan melakukannya dengan tampilan headset Bluetooth biasa sehingga tidak akan ada orang yang tahu. Seperti alat bantu dengar lain yang kami tawarkan, CS50+ bekerja dengan baik secara langsung. Alat ini juga cocok dengan iPhone anda (4s, 5, atau 6), Android, atau dengan komputer via aplikasi Customizer kami. Membuat anda bisa langsung menerima telepon, stream radio atau musik, dan mengatur alat anda sendiri sepenuhnya. Sumber: Personal Sound Amplifier
  • Etymotic Bean; Harga: Rp 3.930.750; Tempat membeli: The BEAN Quiet Sound Amplifier. The BEAN dapat menyediakan kejernihan dalam satu klik. Sebagai alat amplifikasi personal –yang juga dikenal sebagai Quiet Sound Amplifier- the BEAN memiliki fitur sensor built-in yang mencocokkan secara otomatis dengan level suara di sekitar anda. Alat ini mengeraskan suara pelan, dengan tetap menjaga volume stabil pada situasi berisik atau bahkan menguranginya suara yang sangat keras seperti kembang api, atau tabuhan drum. Terlebih lagi, alat ini mengeraskan suara bernada tinggi yang ada dalam pembicaraan, yang membantu menyediakan kejernihan dalam percakapan, terutama dalam lingkungan mendengar yang tidak ideal. The BEAN mengeraskan suara dan memperbesar pengalaman mendengar anda sehingga percakapan anda di mobil, situasi sosial, dan dari kejauhan menjadi lebih efektif. Alat ini dijual dengan 2 model –The BEAN dan T-coil BEAN. T-Coil BEAN dapat digunakan dengan telepon yang kompatibel dengan alat bantu dengar dan loop system. Loop system mengambil nama mereka dari gulungan kabel yang ditempatkan di ruangan atau area yang besar. Gulungan ini mengirimkan sinyal elektromagnetik kepada BEAN, yang kemudian merubah sinyal tersebut menjadi suara. Keuntungannya adalah pendengaran yang lebih baik dalam kondisi yang bergema atau saat kawan bicara terlalu jauh untuk bisa didengar jelas dengan bantuan amplifikasi. Sumber: The BEAN Quiet Sound Amplifier;

Catatan akhir: kehilangan pendengaran dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi medis yang mendasari. Sebagian dari kondisi ini sifatnya progresif, dan tanpa diagnosa dan intervensi, bisa mengarah pada buruknya kesehatan atau bahkan kematian. Saya merekomendasikan bagi siapapun yang mempertimbangkan PSAPs untuk solusi untuk berkonsultasi lebih dulu dengan audiolog untuk menghapuskan kondisi medis yang berpotensi membahayakan. Jika anda mengalami kondisi berikut, anda harus dirujuk pada spesialis THT untuk investigasi medis lebih lanjut:


  •   Perubahan bentuk traumatis atau bawaan yang terlihat di telinga
  •   Adanya cairan yang keluar dari telinga dalam 90 hari terakhir
  •   Adanya kehilangan pendengaran yang cepat atau tiba-tiba dalam 90 hari terakhir
  •   Pusing akut atau kronis
  •   Kehilangan pendengaran sebelah atau muncul gejala serupa yang tiba-tiba dalam 90 hari terakhir
  •   Celah audiometric air-bone lebih dari 15 dB per 500 Hz, 1000 Hz, and 2000 Hz.
  •   Akumulasi yang jelas terlihat dan signifikan dari cerumen atau benda asing di kanal telinga.
  •   Sakit atau rasa tidak nyaman di telinga
  •   Anak-anak dibawah 18 tahun

Lebih jauh lagi, saat ini PSAPs hanya efektif bagi penderita cacat pendengaran yang sifatnya rendah. Bagi yang memiliki kehilangan pendengaran menengah, parah atau banyak, jangan buang uang anda. PSAPs tidak akan memberikan hasil yang anda butuhkan!


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang