Bagaimanakah cara menggunakan Tinder dengan aman?

Dilihat 5,85 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tinder merupakan sebuah aplikasi kencan yang sedang populer saat ini. Dengan kata lain, Tinder adalah aplikasi smartphone yang dirancang untuk mencari teman dan jika beruntung, jodoh pun bisa didapatkan dari aplikasi ini. Pengguna bisa memasang foto-foto terbaik mereka, biodata singkat, dan berbagi teman yang sama. 


Aplikasi Tinder akan melihat data berdasarkan profil yang tercantum, hal ini memungkinkan pengguna untuk menemukan pasangan yang memiliki kecocokan dan selera yang sama dengan mereka. 


Cara main Tinder sangatlah unik. Ketika membuka halaman Tinder untuk yang pertama kali, pengguna akan disuguhi dengan ratusan foto-foto lawan jenis dan tinggal menggesernya ke kanan jika merasa tertarik dengan orang tersebut dan sebaliknya, geser ke kiri apabila tidak merasa tertarik atau tidak suka. 


Tidak hanya foto-foto saja yang diperlihatkan tapi lokasi juga dapat diatur sedemikian rupa, sehingga mempermudah pengguna untuk mengetahui lokasi lawan jenis yang disukai. Sebagai sebuah aplikasi internasional yang sudah sangat terkenal, pengguna Tinder tentu saja tersebar di berbagai belahan dunia. 


Dengan begitu banyaknya pengguna, tentu saja ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan aplikasi ini untuk perbuatan yang merugikan orang lain. Lalu, bagaimanakah cara menggunakan Tinder yang aman dan benar?



tinder



Cara Menggunakan Tinder yang Benar



Untuk cara menggunakan Tinder, kamu harus tahu cara membuat Tinder, cara pengaturan profil, pengaturan dan cara penjelajahan prospek terlebih dahulu seperti tertera di bawah ini


1. Cara membuat Tinder


  • Download aplikasi Tinder melalui Apple Store, Google Playstore, atau kita bisa mendapatkannya secara gratis langsung melalui web resmi Tinder.
  • Masuklah ke akun Tinder. Pengguna harus terhubung dengan akun Facebook, karena dalam pembuatan akun tinder dibutuhkan profil dari Facebook. Tinder akan menghubungkanmu dengan teman-teman berdasarkan lokasi yang kamu miliki. Untuk itu, kamu sebaiknya memiliki aplikasi Facebook juga di smartphone-mu agar bisa menggunakan Tinder.

 tinder


2. Cara pengaturan profil


  • Pilih gambar atau fotomu yang terbaik, karena hal ini untuk mempermudah untuk mendapatkan match. Foto-fotomu lah yang akan menjadi dasar pertimbangan bagi pengguna lain. Usahakan gambar atau foto tampak sendirian, tidak sedang berdua apalagi berpose dengan lawan jenis.
  • Menyunting profil Tinder dengan mengetuk tulisan 'edit' yang terletak di pojok kanan atas layar. Usahakan untuk membuat profil yang singkat, tegas, dan menarik.
  • Menyimpan perubahan dengan mengklik 'done' dan kamu sudah siap untuk menerima pasangan chatting. Sebaiknya percakapan dimulai dengan keramahan, tidak dengan kata-kata kasar atau kotor dan mesum.

3. Cara pengaturan


  • Buka menu setting, klik pada pojok kiri atas dan anda akan melihat pilihan menu yaitu profil, home, setting, message, dan invite. Klik bagian menu setting, dari sini kamu bisa mengatur jenis kelamin dan berbagai pengaturan yang lainnya.
  • Menentukan jarak lokasi dengan mengatur jarak yang akan digunakan untuk aplikasi Tinder. Caranya dengan mengaktifkan GPS atau lokasi di ponselmu terlebih dahulu..
  • Menentukan jangkauan usia, kamu bisa mengatur sendiri batasan usia dari orang-orang yang ingin kau lihat.
  • Jenis kelamin juga bisa kamu pilih dan atur sendiri.

4. Cara penjelajahan prospek


  • Periksa kecocokan, aplikasi akan menyajikan gambar pada profil, usia, lokasi umum dari calon teman chatting.
  • Jika kamu menyukai profil tersebut, geser layar pada smartphone, klik gambar hati dan foto orang tersebut. Tulisan liked akan muncul, atau sebaliknya dengan mengetuk tanda x maka pesan 'nope' akan terlihat pada foto.
  • Kamu bisa mencari teman sesuai dengan kriteria dan mengobrol dengan teman hanya dengan mengeser ke kiri dan ke kanan. Cara main Tinder yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan perintah dari pengaturan tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

tinder


Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Tinder


Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak oknum yang menyalahgunakan aplikasi ini. 


Untuk menjaga dirimu sendiri, perhatikanlah beberapa hal berikut:


  • Untuk menjaga keamanan, kamu bisa menggunakan aplikasi 'Fake GPS'. Aplikasi yang bisa kau dapatkan secara cuma-cuma dari Playstore ini akan menampilkan sebuah peta yang mirip Google Map. Dengan begini, orang-orang tidak akan bisa menemukan posisimu yang sebenarnya. Harap selalu diingat, jangan pernah membagikan informasi pribadimu sebelum percaya sepenuhnya dengan lawan chattingmu.
  • Tinder terkadang digunakan untuk memasarkan suatu produk tertentu. Ada orang-orang yang menggunakannya untuk memasarkan properti dan asuransi. Biasanya mereka akan mengajakmu bertemu dan setelah itu mereka akan berusaha menjual produk mereka.
  • Tidak semua pengguna Tinder adalah pria dan wanita single. Kamu harus mengetahuinya, sebagian dari mereka sudah menikah bahkan sudah mempunyai anak. Mereka hanya ingin mendapatkan teman kencan untuk dijadikan teman ngobrol, teman kencan satu malam, atau pada waktu kesepian saja. 
  • Ada yang menggunakan Tinder sebagai media untuk melakukan perbuatan kriminal. Sebaiknya, jangan datang sendirian ketika melakukan pertemuan. Hal ini sangat berbahaya, terutama bagi perempuan dan anak-anak muda. Mintalah teman atau saudara untuk menemani untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.
  • Jangan percaya begitu saja pada foto yang ditampilkan karena foto bisa menipumu. Penampilan di foto bisa direkayasa dengan berbagai software seperti photoshop dan lainnya, membuat sang pengguna tersebut tampak lebih menarik dan lebih muda, atau bahkan lebih kurus.

Tinder memang mempermudah para wanita dan pria kesepian untuk menemukan teman dan kekasih, mempertemukan mereka dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan mereka. 

Hal ini memang sangat luar biasa dan menyenangkan, terutama bagi orang-orang modern zaman sekarang yang sepertinya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi secara langsung. 


Namun, tetap perhatikan hal-hal yang telah diuraikan di atas agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sebaiknya, jangan lupa untuk selalu berinteraksi secara langsung dengan orang-orang di sekeliling anda. Demikianlah cara menggunakan Tinder yang baik dan aman, selamat bersenang-senang!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang