Apakah ada cara yang sopan untuk meminta uang tunai sebagai pengganti souvenir pernikahan?

Dilihat 350 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

hadiah untuk pengantin


Acara pernikahan adalah acara yang sangat berarti bagi kedua pasangan untuk memulai hari mereka yang baru bersama. Tentunya tidak boleh disia-siakan waktu ini. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk sebuah acara pernikahan. Seperti surat-surah sah, cincin, pakaian, sewa tempat, hidangan, dan soal souvenir pernikahan. Ada yang memilih untuk mendapatkan souvenir pernikahan dalam bentuk benda-benda bermanfaat, ada juga yang memilih souvenir dalam bentuk uang tunai untuk digunakan nantinya. 

Nah, bagi kalian yang memilih ingin menerima uang tunai sebagai souvenir, pastinya enggan mengatakan langsung, bukan? Karena akan dianggap tidak sopan dan sebagainya. Kalau begitu, biar aku beritahu kan cara sebenarnya, dibawah ini!


Bagaimana Cara Meminta Uang Tunai sebagai Souvenir?

Kamu harus mengerti kalau setiap pasangan dengan senang hati menerima hadiah pernikahan yang diberikan oleh teman-teman dan keluarga, mereka pastinya tidak menyangka sebuah hadiah pernikahan. Inilah alasan dibelakang untuk tidak menyebutkan apapun tentang hadiah ketika kamu mengirim kartu undangan pernikahan. Kamu tidak ingin tampil tidak sopan dalam berpikir kalau tamumu akan memberikan hadiahnya padamu? 

Cara terbaik untuk mengatakan kamu lebih memilih hadiah tunai adalah membiarkan orang tuamu, pesta pernikahan, saudara dekat dan teman-temanmu yang menyebarkan persoalan ini untukmu. Biarkan mereka tahu ketika tamu bertanya, mereka dapat memberitahu mereka kalau kamu lebih memilih hadiah tunai sebagai hadiah pernikahan. Jangan malu untuk meminta tolong mereka menyampaikan informasi ini - kamu sudah kenal mereka cukup lama, jadi mereka akan mengerti keputusanmu untuk meminta uang daripada hadiah pernikahan yang tradisional.  Mereka tidak perlu pergi kemana-mana untuk memberitahu setiap tamu dalam daftarmu untuk mengetahui hal ini, tetapi tidak ada salahnya untuk mereka mengatakannya kalau ditanya oleh tamu pernikahan atau kalau pernikahanmu sedang didiskusikan. 


hadiah yang cocok untuk pengantin


Apa Benar Meminta Uang Tunai itu Tidak Sopan?

Kebanyakan tamu pernikahan akan bertanya keliling (terutama keluargamu dan anggota pesta pernikahanmu) untuk mengetahui apa yang perlu mereka beri sebagai hadiah pernikahan. Seperti yang sudah kukatakan diatas, tamumu akan menghargaimu dengan memberi hadiah pernikahan yang sesuai dengan keinginanmu daripada berpusing-pusing memikirkan apa yang perlu mereka beli untukmu. Sangat disarankan untuk memutuskan untuk apa uang hadiah pernikahanmu itu nanti. Walaupun tamu pernikahanmu tidak akan sejauh itu meminta kertas bon-mu untuk memastikan kalau kamu benar-benar menggunakan uang hadiah pernikahan itu untuk bulan madu seperti yang kamu janjikan, dan bukan membeli tas Gucci untuk dirimu sendiri, sopan kok memberi tahukan mereka sebagaimana kamu akan menggunakan uang itu walaupun cuma petunjuk kecil (hint). 

Para tamu akan menghargainya, dan akan lebih terasa nyaman, memberikanmu uang kalau mereka tahu untuk apa uang itu mungkin digunakan. Contohnya, kalau kamu menabung untuk membayar uang muka pembelian rumah, melakukan renovasi untuk rumahmu, mengisi perabotan atau untuk bulan madu. Tamumu ingin merasakan mereka memberikanmu sebuah hadiah dan bukan hanya menulis cek!

Walapun penyebaran lewat mulut merupakan cara paling efisien untuk memberitahu tamu pernikahanmu kalau kamu lebih memilih uang sebagai hadiah, kamu juga dapat mempertimbangkan mengarahkan tamu untuk melihat situs web pernikahan milikmu. Beberapa perusahaan, seperti ewedding, dapat digunakan untuk membuat situs web pernikahan gratis dan memberikan ide bagus dalam keefisiensian untuk berkomunikasi, tidak hanya detil hadiah, tetapi juga informasi lainnya yang berhubungan dengan pernikahan. Kebanyakan situs web pernikahan memiliki bagian pendaftaran hadiah dimana kamu dapat menambahkan keterangan seperti: "Apapun yang kalian berikan kepada kami, pilihannya ada pada kalian, kami terdaftar di XXX, tetapi uang merupakan daftar hadiah pernikahan utama kami untuk membantu kami membayar ………….”. 

 
hadiah pernikahan


Kamu juga dapat mempertimbangan daftaran untuk apa uang yang kamu dapatkan itu. Memiliki detil pada daftar hadiah pernikahanmu pada situs web akan sangat membantu untuk memberitahukan tamu pernikahanmu kalau kamu benar-benar menerima dan menghargai hadiah tunai daripada hadiah tradisional yang berisi peralatan atau alat rumah tangga lainnya.


Baca juga:
Hadiah ulang tahun pernikahan terbaik - Galena

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang