Apakah ada gunanya mengkombinasikan set reps tinggi (10 - 12) dengan set reps rendah (6 - 8) dalam olahraga yang sama?

Dilihat 581 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

cara membentuk otot


Kebugaran fisik melibatkan semua perkembangan dan kemampuan fisik secara menyeluruh. Jadi tubuh tidak hanya dilatih agar dapat terbentuk dengan baik tetapi tubuh juga membutuhkan kesehatan jantung dan paru-paru agar tubuh menjadi bugar. Fitnes merupakan salah satu pilihan yang bagus bagi kita untuk menjaga kebugaran fisik dan mengembangkan kemampuan fisik kita. Selain itu, gerakan fitnes juga merupakan salah satu cara membentuk otot lho!

Namun, hanya dengan melakukan gerakan fitnes semata tidak hanya memberikan kita kesehatan secara menyeluruh. 

Bila kita ingin memiliki kondisi tubuh yang prima baik berupa bentuk tubuh yang indah dan kuat disertai kebugaran fisik, maka kita membutuhkan latihan binaraga untuk mencapai tujuan kita.

Untuk melakukan gerakan fitnes, anda tidak harus melakukannya di gym. Ada beberapa jenis gerakan fitnes yang dapat anda lakukan dirumah dan kemudian bisa dipadukan dengan mengangkat besi di gym. Namun, untuk dapat mengangkat dengan benar berarti menggunakan bentuk dan gerakan yang tepat, memaksimalkan repetisi dan tetap bertindak aman dengan melakukan latihan secara perlahan dan cerdas. 

Namun, ada juga yang melakukan repetisi tinggi dan rendah tergantung tujuannya. Reps tinggi dan rendah itu berbeda, tapi...

Anda perlu tahu ini:

Reps tinggi dan rendah itu dapat dikombinasikan, dan memberikan manfaat yang berbeda. Bahkan, cara ini memiliki sebutannya, yaitu Metode Kongruen. Apa sih metode kongruen itu? Mau tau?

Nah, kalau begitu baca terus, ya!^^


Metode Kongruen dalam Olahraga?

Ya, ini disebut metode kongruen. Pada dasarnya kamu berusaha untuk melatih/mempertahankan dua atau lebih kualitas fisik secara serentak. Manfaat lain dari metode ini adalah metode ini mencerminkan bagaimana mengoptimalkan latihan dalam suatu sesi latihan sekalipun kamu tidak melakukannya. Kamu tidak akan melakukan 3 reps untuk latihan delt raise, flies, crunches atau jenis latihan isolasi lainnya, hal itu tidak masuk akal.

Metode kongruen membuat sesi latihan untuk gerakan aksesori untuk dilakuakn dalam reps yang lebih tepat ketika berolahraga. Biasanay, latihan isolasi atau langsung akan dilakukan lebih dari 6 reps, biasanya antara 6 - 15 reps. Begitu pula ketika kamu mau melakukan latihan seperti clenas, jumps squat atau latihan yang membutuhkan kekuatan lainnya. Tidak masuk akal kalau kamu melakukannya lebih dari 6 reps. Bahkan sekalipun yang kamu lakukan adalah latihan barbell squat dan deadlift, melakukannya dengan reps di atas itu tidak akan berguna - kamu bisa saja melakukannya, tapi tidak terlalu sering.


macam-macam gerakan fitness


Lebih baik kamu melakukan gerakan yang berat dengan reps sedang dan melakukannya di awal latihan. Saya sendiri jarang melakukan barbell deadlift lebih dari 6 reps - mungkin hanya sekali setiap 2 - 3 bulan. Lakukan latihan angkat beban dengan intensitas yang lebih tinggi, laku lakukan latihan aksesori dengan pengulangan yang sedang. Ini merupakan cara yang baik untuk berolahraga, meski seandainya kamu hanya ingin meningkatkan kekuatan, rutinitas angkat beban ini akan berguna.

Lebih lanjut ada pada penjelasan Neuromuscular

Banyak dari program saya melibatkan beban yang berat dua kali seminggu untuk paling tiak latihan pertama (biasanya disebut sebagai A dalam program lanjutan) atau set pasangan pertama (A1 dan A2 untuk rutinitas menengah). Misalnya 4 x 4 untuk angkat set angkat beban pertama. Misalnya latihan Clean, Squat, dan Loaded Chin Up. Lalu latihan selanjutnya (biasanya set pasangan) bisa 3x6 atau 3x8, set setelah itu 3x12 atau 3x15. Dengan begitu kamu bisa melakukan 3 jenis reps dalam satu kali latihan, tanpa membebani dirimu dengan latihan angkat beban dengan intensitas yang terlalu tinggi.


manfaat olahraga


Latihan dengan intensitas yang terlalu tinggi dapat berdampak buruk. Itulah sebabnya kenapa Westside dan banyak program angkat beban lainnya hanya mengangkat beban yang berat dua kali seminggu. Saya akan mengatakan aturan dasarnya, mengangkat beban dua kali (kurang dari 5 - 6 reps) dalam seminggu merupakan aturan yang sangat baik.

Nah, bagaimana? sekarang pasti anda sudah mengerti kan apa gunanya mengkombinasikan set reps tinggi dengan set reps rendah?

Ingat, kalau anda ingin sehat, berolahragalah secara rutin dengan tentu saja mengikuti aturan-aturan yang ada dalam berolahraga.

Selamat berolahraga! :)

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang