Apakah ada kue kering chocolate chips untuk vegan? Jika ada, bagaimana rasanya jika dibandingkan dengan kue kering biasa? Apa resepnya?

Dilihat 3,02 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Tidak sedikit dari komunitas yang berkembang saat ini yang merasakan akan timbulnya berbagai macam penyakit yang hinggap pada tubuh. Masyarakat sekarang sangat selektif terhadap apa saja yang dapat mengakibatkan penyakit dapat berkembang di dalam tubuh, yang paling terlihat adalah bagaimana mengatur pola makan atau makanan yang dikonsumsi. Dewasa ini, tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk merubah gaya hidup dan pola makannya menjadi lebih sehat dengan menghentikan asupan hewani serta  menghindari makanan yang kurang sehat dan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit seperti makanan instant yang mengandung bahan pengawet dan mulai beralih mengonsumsi makanan vegetarian.


Sebenarnya, pola makan sehat ala vegetarian telah dilakukan oleh sebagian masyarakat kita sejak zaman dahulu, mengingat bahwa Indonesia adalah negara agraris yang memiliki hasil pertanian melimpah jadi sudah menjadi hal yang lumrah jika masyarakat zaman dahulu lebih sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dan jika kita amati orang-orang zaman dahulu lebih jarang yang terkena penyakit karena terbiasa mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat ala vegetarian. Akan tetapi seiring perkembangan jaman dan perkembangan kebudayaan, pola makan masyarakat kita pun berubah menjadi serba instant dan mendapatkan makanan hewani menjadi lebih mudah, tidak terbatas untuk kalangan tertentu saja.

Ada beberapa bahan makanan yang menjadi sumber asupan utama bagi kalangan vegetarian, yaitu:


Sayuran

Sayuran merupakan bagian terpenting sebagai menu makanan untuk orang yang menjadi vegetarian. Saat ini penting Anda ketahui bahwa sayuran merupakan jenis makanan yang sangat penting untuk menyehatkan tubuh dibandingkan dengan daging. Hal tersebut dikarenakan semua jenis sayuran sangat banyak mengandung protein, vitamin, dan semua zat yang diperlukan dalam tubuh. Meskipun kandungan protein yang terdapat dalam sayuran tidak sebanyak daging, tapi Anda jangan khawatir karena bisa dipastikan tubuh Anda tetap dapat menerima asupan protein yang seimbang dalam tubuh. Selain itu dengan semua makanan yang berasal dari sayur-sayuran tidak ada yang menghasilakan lemak


Buah-buahan

Buah merupakan makanan yang sangat penting juga untuk dikonsumsi oleh seorang vegetarian sebagai penyeimbang nutrisi dalam tubuh. Karena buah-buahan itu sendiri banyak mengandung mineral, vitamin, dan kandungan lainnya yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang entah itu bagi vegetarian ataupun lainnya.


Kacang-kacangan

Karena vegetarian tidak mengonsumsi daging, ikan, atau telur yang mengandung protein, maka kacang-kacangan adalah makanan pengganti dan pelengkap nutrisi yang tepat. Biasanya olahan tempe dan tahu merupakan menu tetap bagi mereka.


Meskipun demikian, sebagai manusia pada umumnya, tentu saja para vegetarian juga membutuhkan kudapan selingan yang bervariasi untuk dinikmati di saat bersantai bersama keluarga atau di waktu senggang. Cemilan yang paling populer di kalangan orang dewasa dan anak-anak pada saat ini adalah biskuit atau kue kering, bagaimanakah jika seorang vegetarian ingin menikmati makanan yang penuh dengan protein hewani tersebut?

Ternyata, ada resep kue choco chips yang khusus dibuat untuk para vegetarian! Bagaimanakah resepnya?


Kue Choco Chips Untuk Vegetarian



Susahnya membuat cemilan yang tidak mengandung susu, telur atau mentega (butter). Salah satunya kue choco chips vegetarian ini. Karena ada bahan-bahan yang susah maka harus sedikit kreatif mencari alternatif bahan yang lebih mudah dicari,dibeli dan murah.


Berikut beberapa bahan alternatif yang bisa digunakan :


Biji rami coklat : bisa dicari di toko-toko bahan organik. Beli biji rami yang belum digiling karena kalau beli yang sudah digiling gampang busuk dan tidak tahan lama. Menggilingnya sendiri pakai blender untuk menggiling bahan-bahan bumbu kering, walaupun tidak bisa sehalus gilingan pabrik akan tetapi hasilnya tetap bagus untuk pengganti telur seperti diresep asalnya.


Margarin putih : sebetulnya memakai margarin biasa juga bisa, tapi saya tidak suka karena warna kuning margarine merusak warna pewarna makanan, atau kalau ingin membuat white cake warna cake-nya berubah jadi kekuningan dan kelihatan “gosong”.


Coklat masak batangan (untuk pengganti chocolate chips) : karena kebanyakan chocolate chips yang dijual mengandung susu. Coklat batangan saya bekukan di kulkas, lalu saat akan dipakai untuk pengganti chocolate chip, dipukul-pukul sampai agak hancur memakai ulekan atau pemukul daging.


Resep  Kue Choco Chips Vegetarian


Bahan basah 1:

3 sendok makan biji rami coklat giling

4 1/2 sendok makan air

Campur kedua bahan di atas dalam sebuah gelas, diamkan 10-15 menit sampai mengental.


Bahan kering:

2 1/4 cup tepung terigu

3/4 sendok teh soda kue

1/2 sendok teh bubuk kayu manis

garam (sedikit saja karena margarine putih atau margarine biasa sudah asin)

Campur semua bahan kering di dalam wadah sampai rata, sisihkan.


Bahan basah 2:

3/4 cup (180gr) + 3 sendok makan margarin

3/4 cup gula pasir

3/4 cup gula merah bubuk / gula kelapa

1 sendok teh vanili + 1 sendok makan air


Campur margarin dan gula menggunakan mixer sampai rata, tidak perlu sampai mengembang. Masukkan campuran vanili dan air kedalam campuran margarin+gula. Mixer sebentar sampai rata.

1/4 batang coklat batangan, bekukan dikulkas, hancurkan sampai sebesar kerikil.


Cara membuat:

1. Nyalakan oven ke suhu 177c atau kalau memakai oven kompor nyalakan gas setel seukuran api sedang-kecil.


2. Siapkan loyang kue, lapisi dengan kertas kue (tergantung seberapa besar membuat ukuran kuenya).


3. Campur bahan basah 1 dan bahan basah 2, mixer sampai rata.


4. Masukkan bahan kering ke dalam bahan basah yang sudah campur, aduk menggunakan mixer kecepatan rendah sampai rata. Adonannya akan menjadi liat dan lebih padat jadi kalau tidak bisa rata menggunakan mixer, mulai gunakan tangan untuk mengaduk adonan sampai rata.


5. Masukkan serpihan coklat ke dalam adonan, lipat ke dalam adonan sampai rata. Jangan terlalu sering diremas-remas atau diaduk karena margarine dan coklat bisa meleleh terkena panas tangan kita.


6. Ambil adonan kue choco chips buat bola-bola kecil, ratakan sebesar tebal jari telunjuk dan taruh di loyang. Beri jarak 1cm di loyang karena adonan ini akan mengembang saat dipanggang.


7. Panggang 15-20 menit di dalam oven. Karena kue ini berwarna agak kecoklatan jadi tidak terlihat kalau bagian bawahnya sudah berubah kecoklatan tanda kue sudah matang, jadi tiap 7-10 menit bisa dilihat sesekali. Putar loyang cookies 10 menit saat memanggang supaya matangnya rata. Kalau menggunakan 2 loyang yang diletakan atas-bawah, setengah waktu memasak pindahkan loyang atas ke bawah dan sebaliknya supaya matangnya rata.


8. Setelah matang, keluarkan dari oven, tunggu agak dingin lalu diangin-angin sebentar sebelum dimasukan ke dalam toples.


Bagaimana Rasanya?


Demikian cara membuat biskuit untuk Vegan. Kue ini memang hasilnya agak lembek sepeti kue bukan renyah, jadi kalau digigit tidak patah. Jadi jangan khawatir jika terasa masih basah dan lembab walaupun telah memanggang sesuai dengan petunjuk, karena tekstur panganan ini memang demikian. Namun, untuk masalah kelezatan tidak perlu diragukan lagi. Selama Anda membuatnya sesuai resep yang tertera di atas, pasti akan berhasil. Sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang