Apakah ada makanan sehat dan makanan tidak sehat ?

Dilihat 425 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ya, ada makanan sehat dan tidak sehat.

Kita semua membutuhkan karbohidrat, protein, lemak baik dan serat. Makanan harus seimbang.

  1. Karbohidrat: Karbohidrat sehat adalah karbohidrat yang mempunya indeks glikemi rendah ata kandungan glikemi rendah. Hal itu berarti tidak menstimulasi pankreas untuk memproduksi insulin secara berlebihan yang akan menyebabkan infalamsi, penyakit jantung dan serangan stroke. Karbohidrat tidak sehat mengandung glikemi tinggi seperti sereal berlapis gula, minuman bersoda, roti, gula, sirup jagung tinggi fruktosa, madu, beras putih dsb. Karbohidrat tidak sehat menyebabkan kenaikan berat badan, penyebab inflamasi pada tubuh anda.

  2. Protein: Daging yang sehat adalah daging dari sapi yang diberi makan rumput, ayam organik/ayam kampung, daging babi dan kambing yang diberi makan rumput. Daging tersebut mengandung omega-6 berbanding omega-3 dengan rasio 1.5:1, sedangkan daging tidak sehat mengandung omega-6 berbanding omega 3 dengan rasio 7.7:1. Daging tidak sehat antara lain adalah: daging hamburger (semakin murah menggunakan daging kualitas rendah, serta lemak tidak sehat yang telah tercemar oleh pestisida dan mengandung residu dari antibiotik yang menyebabkan penyakit penggerogotan daging), daging sapi yang diberi makan pakan sapi karena pakan tersebut mengandung perbandingan omega-6 dan omega-3 yang tinggi. Sebaiknya tetap mengkonsumsi daging-daging kategori organik dan daging dari ternak yang diberi makan rumput segar. Kandungan omega-6 dapat menyebabkan arthritis, penyakit jantung dan serangan stroke, dan diabetes, karena omega-6 menstimulasi sistem inflamatori didalam tubuh melalui jalur asam arachidonid.

  3. Lemak: Lemak sehat adalah asam lemak omega 3 (terdapat apada salmon liar), minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, kacang macadamia, kacang walnut dan kacang almond. Lemak tidak sehat adalah lemak trans yang terdapat pada mentega, dan lemah terhidrogenasi sebagian. Lemak tidak sehat lainnya adalah lemak dari sayur-sayuran seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak safflower, minyak bunga matahari, minyak biji anggur dan minyak kanola. Minyak dari sayuran tidak sehat karena mengandung asam lemak omega-6, yang dapat menyebabkan inflamasi didalam tubuh seperti yang sudah diberitahu sebelumnya.

  4. Serat: Semakin banyak serat yang ada didalam makanan anda, semakin baik. Serat mengikat kolesterol jahat (Kolesterol LDL) dari empedu dan membuangnya dari sistem tubuh melalui saluran pencernaan. Hal ini akan menurunkan kadar kolesterol LDL karena penyerapan LDL melalui sistem pembuluh darah yang membawa LDL kembali ke hati pada jalur enterohepatic dicegah oleh serat. Serat pada sayuran, buath dan kacang-kacangan penting untuk menjaga keseimbangan asupan makanan. Makanan tidak sehat mengandung sedikit serat, biasanya terdapat pada makanan olahan dan sebagian besar makanan panggang kehilangan seratnya dan jenuh akan gula yang memicu serangan jantung dan stroke seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya (tinggi kolesterol LDL, inflamasi).

  5. Olahraga secara rutin akan membantu melengkapi asupan makanan sehat dengan menambah jumlah kolesterol HDL yang mengurangi Kolesterol LDL yang teroksidasi dan menjaga saluran arteri tetap bersih.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang