Apakah ada resep untuk rokok tembakau?

Dilihat 1,1 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dulunya ya, tapi sekarang kami tahu lebih baik. Dokter tidak lagi memberikan resep medis seperti yang sering kita sebutkan sekarang, yang berarti dokter memberikanmu kertas kerja yang dibutuhkan yang tanpanya kamu tidak akan bisa mendapatkan beberapa obat yang dianggap berbahaya dan peredarannya harus diregulasi.


Mereka tidak perlu melakukannya, karena tembakau dapat dibeli oleh semua orang  - orang kaya, orang miskin, bahkan anak - anak. Maksud saya di sini, anak kecil, bukan hanya remaja. Tapi pada awalya ya, dokter memang memberikan resep medis untuk tembakau ketika mereka menyarankan kepada pasien untuk mengkonsumsi zat tersebut dengan tujuan meringankan keluhan medis.

Sampai dengan tahun 1970 (dan setelah itu, pada beberapa negara), bukan merupakan hal yang tidak lazim bagi dokter untuk menyarankan kepada pasien yang menderita asma untuk merokok untuk mengatasi kondisi mereka. Hal tersebut dikarenakan dalam jangka pendek, banyak pasien asma yang melaporkan bahwa merokok meringankan gejala yang mereka alami, Hal yang sama juga terjadi pada orang - orang yang menderita gangguan kecemasan, mereka merasa lebih tenang jika mereka merokok.

Kadang saran tersebut dapat berguna karena adanya beberapa efek "menguntunkan" dari tembakau itu sendiri. Misalnya, nikotin memiliki efek mengendurkan usus dan karena itulah merorok sering direkomendasikan untuk meringankan gejala konstipasi dan masalah pencernaan. Perhatikan bahwa saya menuliskan "keuntungan" dalam tanpa petik, karena itu merupakan manfaat sementara, bukan manfaat keseluruhan. 


Terkadang manfaat yang didapatkan bukan berasal dari tembakau itu sendiri, tapi dari tindakan fisik dan kondisi mental yang dilakukan bersama dengan kebiasaan merokok. Jika kondisi mentalmu memperburuk kondisi kesehatanmy, mengubah kebiasaanmu dapat mengubah kondisi mentalmu, yang dapat meringankan gejala yang kamu alami.

Jadi, seseorang yang menderita gangguan kecemasan dan ingin merasa lebih tenang akan merasa lebih baik ketika dia merokok jika dia menghubungkan merokok dengan istirahat selama beberapa menit atau kalau hal tersebut mengalihkan perhatiannya dari beberapa tugas atau keadaan yang membuat dia kecewa, jika dia percaya bahwa hal tersebut akan membuatnya tenang (efek plasebo), jika kecemasan membuat dia bernafas terlalu cepat sehingga dia menjadi cemas, tapi merokok membuat dia mengambil nafas yang dalam atau bernafas dengan lebih perlahan.

Apapun yang menjadi alasan kesuksesan tembakau dalam mengobati masalah medis seseorang, kenyataannya adalah dalam mempertimbangkan perawatan apapun, dokter akan menimbang - nimbang bukti yang ada terkait perawatan tersebut dan membandingkan kemungkinan efek samping dan efek jangka panjang terhadap manfaatnya. Terkait dengan tembakau, kita lebih banyak mengetahui mengenai efek jangka pendeknya dibanding jangka panjangnya.


Sekarang kita mengetahui bahwa manfaat yang mungkin didapat dari tembakau jauh lebih kecil dari bahayanya. Kita juga mengetahui bahwa meskipun tembakau dapat membantumu merasa lebih baik untuk sementara waktu, biasanya itu akan memperparah masalah kesehatan yang sebenarnya. Hal ini belum terlalu jelas beberapa puluh tahun yang lalu. Selain itu, tembakan dapat digantikan dengan jenis perawatan lain yang lebih aman - bukan hal yang pantas untuk memberikan perawatan yang dapat berdampak buruk untuk kesehatanmu dalam jangka panjang hanya untuk memperoleh manfaat sementara.

Jaman sekarang kami sudah mengetahui lebih banyak mengenai penyakit asma, gangguan kecemasan dan masalah pencernaan dan kami dapat membantu memberikan perawatan yang lebih efektif, mudah dan aman dibandingkan rokok. Yang saya maksud bukan hanya obat - obatan, ada juga terapi psikologi dan makan sehat dan bernutrisi. Perawatan - perawatan tersebut sudah banyak dilakukan di negara - negara arat, tapi masih baru diterapkan di banyak tempat lainnya.

Saya tidak tahu berapa umurmu, tapi kamu mungkin terkejut bahwa sampai baru - baru ini, orang - orang tidak mengetahui bahwa merokok dapat menyebabkan kanker. Ketika suatu bahaya menjadi lebih jelas bagi komunitas medis, membutuhkan waktu puluhan tahun sampai hal tersebut diketahui secara umum. Dan bukan hanya waktu yang dibutuhkan untuk mengubah opini publik mengenai merokok. Banyak uang dan upaya yang dihabiskan untuk melakukan berbagai kampaye untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap rokok. Bukan hanya edukasi kesehatan publik yang dilakukan, tapi juga berbagai upaya politik.

Organisasi kesehatan bukan hanya melawan ketidakpedulan masyarakan dan budaya sosial, perusahaan rokok menginvestasikan ratusan juta dan melakukan berbagai cara licik yang tidak bisa dibayangkan untuk menyembunyikan bahaya tembakau. Karena sekarang sudah dikembangkan cara untuk menggunakan nikotin tanpa menggunakan tembakau, mungkin saja bahwa nikotin dapat digunakan sebagai obat (tapi hal ini sebaiknya hanya dilakukan jika tidak ada alternatif yang lebih baik).


Hampir tidak mugngkin bahwa komunitas medis atau masyarakat umum akan melihat rokok sebagai perawatan medis yang baik. Bahkan tanpa tembakau, nikotin sendiri dapat menimbulkan kecanduan karena itu kemungkinannya sangat kecil untuk digunakan sebagai perawatan medis.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang