Apakah ada pengobatan untuk mengatasi intoleransi laktosa?

Dilihat 695 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Intoleransi laktosa bisa dialami oleh siapa saja dan ini merupakan ancaman yang jika tidak ditangani dengan baik bisa membuat seseorang mengalami kekurangan gizi. Susu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kandungan gizi esensial di dalam susu berupa laktosa sangat dibutuhkan untuk berbagai proses antara lain regenerasi sel-sel tubuh dan juga sebagai penghasil energi.


Apabila Anda memiliki bayi yang menunjukkan gejala dan tanda-tanda alergi susu sapi dan intoleransi laktosa sepertinya Anda perlu segera mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Susu bagi bayi sangat penting karena di masa inilah seseorang mengalami apa yang disebut sebagai pertumbuhan emas di mana suplementasi gizi sangat diperlukan. 


Di pasaran saat ini, ada banyak produk olahan berbasis susu atau mengandung susu mulai dari susu kaleng, susu bubuk, yogurt, keju, es krim, dan berbagai jenis makanan dan minuman lain. Semua itu akan terasa sangat sayang bila Anda takut menikmatinya gara-gara mengalami intoleransi terhadap laktosa.  



intoleransi laktosa 1



Intoleransi laktosa mewujud dalam bentuk perut kembung atau perut keroncongan. Sebenarnya ini bukan hal yang buruk selama tidak ada komplikasi atau gejala-gejala penyakit lain. 


Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan tentu ini berita bagus, terutama jika Anda tinggal di negara atau budaya dengan tingkat konsumsi susu yang tinggi. Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui, kecenderungan minum susu membantu proses kehamilan dan menyusui karena di alam perut ada bakteri yang turut membantu pemrosesan susu.


Alergi susu sapi dan intoleransi laktosa sering disalahpahami sebagai dua hal yang sama, padahal terdapat perbedaan antara alergi susu dengan intoleransi laktosa. Memang gejalanya hampir mirip namun penyebabnya berbeda. Alergi biasanya timbul akibat reaksi abnormal dan sistem imun tubuh yang berkontak dengan zat penyebab alergi atau alergen. 


 Alergi terhadap susu sapi kerap menimpa banyak anak-anak, menurut penelitian sekitar 95% kasus menimpa anak pada rentang umur 1 tahun pertama. Biasanya anak-anak yang alergi terhadap susu sapi teridentifikasi pada umur 4 bulan pertama dan sembuh pada sekitar usia 3 tahun. gejala alergi susu sapi ini basanya berkisar pada masalah pencernaan, seperti diare, kolik, dan muntah. Selain itu juga pada kulit seperti eksim atopik dan urticarial. Juga ada yang menyebabkan munculnya gejala gangguan pernafasan (alergi rhinitis, asma).


Sedangkan intoleransi laktosa atau lactose intolerance adalah ketidakmampuan seseorang dalam mencerna laktosa (jenis gula yang terkandung dalam susu maupun produk olahan dari susu). Hal ini dikarenakan kurangnya enzim laktase pada usus kecil yang dibutuhkan untuk mengolah laktosa serta memecahnya menjadi dua bentuk gula sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa. 


Faktor risiko terjadinya intoleransi laktosa antara lain usia, etnis, dan lahir prematur. Saat seseorang mengalami intoleransi laktosa, terjadi produksi gas berlebihan pada usus dikarenakan adanya kontak antara bakteri dengan laktosa yang tak dicerna tersebut, dan hal ini mengarah pada timbulnya gejala nyeri perut, kembung, dan diare. 


Jadi, gejala dari alergi susu sapi muncul pada tubuh secara lebih banyak dibandingkan gejala intoleransi laktosa (hanya gejala sekitar saluran pencernaan saja). Cara mengatasi intoleransi laktosa antara lain melakukan diet ketat untuk produk-produk susu, seperti susu bubuk, yogurt, keju, dan lain sebagainya. 


Bagi bayi yang menyusu, ASI masih bisa dilanjutkan asalkan ibu bisa mengontrol makanan untuk tidak terlalu mengandung protein yang berasal dari susu sapi. Intoleransi terhadap laktosa memiliki perbedaan yang mencolok dibanidngkan dengan alergi susu. Pada kasus ini, diet ketat sebagaimana diterapkan untuk terapi alergi susu sapi tidak diperlukan.



intoleransi laktosa 2

 

Pengobatan yang Efektif Untuk Intoleransi Laktosa


Apa pengobatan yang efektif untuk mengatasi intoleransi terhadap laktosa? Ada banyak hal yang bisa dilakukan namun saran terbaik tetaplah Anda perlu mengunjungi dokter dan melakukan check up secara umum. General check up ini berguna terutama untuk mengetahui kesehatan Anda secara keseluruhan di samping mengatasi intoleransi laktosa yang Anda alami.


Defisiensi enzim laktosa menyebabkan kegagalan tubuh mencerna kadar gula pada susu atau yang dikenal sebagia laktosa. Akibatnya, produksi gas dalam julah besar terjadi karena gagalnya kontak antara bakteri dengan susu pada usus. Para penderita sering mengeluhkan perut kembung, perut nyeri dan terkadang diare. Minum minuman seperti Yakult yang mengandung banyak bakteri baik seringkali membantu meredakan gejala-gejala intoleransi terhadap laktosa ini, termasuk mengatasi diare yang terjadi karena keadaan ini.


Baik intoleransi terhadap laktosa maupun alergi pada susu sapi membuat seseorang kehilangan peluang mendapatkan asupan gizi yang luar biasa sekaligus citarasa yang lezat dari segelas susu. Karena bukan merupakan penyakit yang serius, kita bisa mengatasinya dengan beberapa tips yang sejauh ini berhasil untuk orang lain. di antaranya adalah memberi terapi pijatan atau dengan melakukan olah raga ringan untuk merangsang rasa lapar. 

intoleransi laktosa 3



Terapi yang terbaik Untuk Penanganan Intoleransi Laktosa



Terapi bisa dilakukan dengan mulai membiasakan mengonsumsi susu dalam takaran tertentu yang pada akhirnya bisa membuat seseorang kembali mengonsumsi susu tanpa adanya keluhan. Cara terbaik sebagai langkah terapi sebagaimana disarankan oleh banyak ahli adalah mengurangi rasa ingin minum susu. Oleh sebab itu susu yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan terutama kacang-kacangan seperti kedelai sangat dianjurkan. Selain gurih, susu kedelai juga.


Hal ini berarti bahwa satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa ingin minum susu adalah dengan mengonsumsi susu kedelai atau susu yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan lainnya. Saya tidak menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen laktosa, karena hal tersebut akan membuat Anda ketergantungan. Selain itu Anda juga harus menyesuaikan dosis dan waktu mengkonsumsi sesuai dengan tingkat keparahan intoleransi tersebut. Hal ini mungkin dapat berdampak buruk kalau Anda konsumsi saat perut kosong. 

intoleransi laktosa 4



Terapi Ayurveda Guna Mengatasi Intoleransi Laktosa



Terapi unik yang berasal dari India ini sudah dipraktekkan sejak beribu-ribu tahun yang lalu di India. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pasien untuk meredakan gejala sakitnya sekaligus mencegah dan menyembuhkan, termasuk untuk mengatasi intoleransi terhadap laktosa. 


Di zaman modern, orang-orang memang sering langsung mengunjungi dokter ketika mengalami suatu keluhan. Tidak salah memang, tetapi alangkah baiknya jika kita memiliki pengetahuan tentang beberapa pengobatan alternatif seperti terapi ayurveda, termasuk untuk mengatasi intoleransi Anda terhadap laktosa. Salah satu hal yang diperhatikan di dalam pengobatan ayurveda adalah pengaruh makanan yang kita konsumsi terhadap gejala-gejala tertentu di samping faktor lain seperti cuaca dan lain-lain. 


Ayurveda sendiri merupakan teknik pengobatan holistik (fisik, emosional, spiritual) dan dibagi menjadi 8 cabang pengobatan, salah satunya adalah kayachikitsa (pengobatan internal). Dan pada teknik pengobatan ini, konsumsi susu kambing lebih disarankan daripada susu sapi, termasuk untuk mengatasi intoleransi terhadap laktosa. Karena selain memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, susu kambing juga tidak menyebabkan terbentuknya lendir atau mucus forming. Selain itu, pengobatan ini juga mengkombinasikan teknik pemijatan serta ramuan herbal sebagai salah satu bagian dari terapinya. 


Dengan terapi pemijatan pada bagian tertentu serta ramuan herbal yang tepat akan dapat merangsang produksi enzim laktase secara mencukupi, yang dibutuhkan untuk mengolah laktosa pada usus. Sehingga akan dapat mengatasi penyakit intoleransi terhadap laktosa yang dialami si pasien. Cobalah Anda kunjungi ahli pengobatan ayurveda untuk meminta pendapat secara lebih rinci tentang terapi pengobatan untuk intoleransi laktosa atau alergi susu sapi yang sedang Anda dialami saat ini. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang