Apa saja peribahasa Indonesia yang masih banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari?

Dilihat 5,46 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Negara Indonesia terdiri dari beraneka ragam adat istiadat sehingga keragaman bahasanya berbeda-beda,  perbedaan ini akan berpengaruh pada perbendaharaan kalimat pada peribahasa Indonesia. Sebenarnya, beberapa contoh peribahasa di Indonesia banyak yang memiliki arti serupa dengan peribahasa bahasa Inggris (idiom/frasa), namun menggunakan kata-kata yang berbeda atau dalam teori terjemahan disebut sebagai persamaan yang mirip (berdasarkan teknik Molina dan Albir).


Kadang orang sering merasa kebingungan dengan perbedaan antara idiom, peribahasa dan frasa dalam Bahasa Indonesia. Ketiga istilah itu sebenarnya mempunyai arti tersendiri. Pengertian pribahasa adalah kelompok suatu kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud. 

Sedangkan idiom adalah ungkapan bahasa berupa gabungan kata (frase) yang maknanya sudah menyatu dan tidak dapat ditafsirkan dengan makna unsur  yang membentuknya.


Indonesia  banyak sekali memiliki peribahasa yang sudah lama dikenal di masyarakat luas dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh Peribahasa yang terbaik biasa digunakan di Indonesia adalah tentang kesatuan negara Indonesia, yaitu  "Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh" karena negara Indonesia terdiri dari bermacam-macan adat dan beragam agama. Seluruh rakyat Indonesia agar selalu bersatu dan selalu rukun, bersatu lebih kuat daripada terpecah-belah.


belajar peribahasa indonesia



Contoh Peribahasa Indonesia



Beberapa contoh peribahasa Indonesia yang banyak digunakan oleh masyarakat luas dalam percakapan sehari-hari adalah sebagai berikut:


  • Air tenang menghanyutkan. Dalam bahasa Inggris disebut "Still waters run deep". Hal ini mengacu pada orang yang jarang berbicara, tapi sebenarnya mengetahui banyak hal.
  • Berakit - rakit ke hulu, berenang - renang ke tepian. Bersakit - sakit dahulu bersenang - senang kemudian. Dalam bahasa Inggrisnya "No pain, no gain". Hal ini mengandung makna bahwa penderitaan adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu (yang hebat). 
  • Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Dalam bahasa Inggrisnya, "Where there is a will, there is a way". Hal ini bermakna bahwa kebulatan tekad dapat membantu kita melewati berbagai rintangan
  • Dikasih hati minta jantung. Dalam bahasa Inggrisnya, "Give him an inch and he'll taka a mile". Mengacu pada siatuasi ketika kita bermurah hati kepada seseorang tapi orang tersebut meminta lebih banyak lagi. Seseorang yang memanfaatkan kita ketika kita memberikannya sesuatu yang dia inginkan. 

 peribahasa terpopuler


  • Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Dalam bahasa Inggrisnya, "When in Rome, do as the Romans do". Artinya ketika anda berada di daerah, lakukan kebiasaan yang dilakukan para penduduknya. Peribahasa itu juga dapat diartikan agar ketika kita berada dalam situasi yang asing, kita mengikuti arahan dari orang yang lebih berpengalaman.
  • Pikir dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna. Dalam bahasa Inggrisnya, "Look before you leap". Artinya, seseorang harus berpikir terlebih dahulu mengenai konsekuensi dari perbuatannya sebelum melakukan sesuatu.
  • Lempar batu sembunyi tangan. Dalam bahasa Inggrisnya, "Pass the buck". Peribahasa ini mengandung makna menyalahkan orang lain untuk masalah yang kita ciptakan.
  • Setiap perbuatan akan kembali ke diri sendiri. Dalam bahasa Inggrisnya, "What goes around comes around". Hal ini berarti bahwa pada akhirnya kita harus menghadapi konsekuensi dari hal yang kita lakukan.
  • Buah jauh tidak jauh dari pohonnya. Dalam bahasa Inggrisnya, "Like father like son". Peribahasa ini berarti karakter seorang anak biasanya serupa dengan karakter orang tuanya. 
  • Sekali berenang dua tiga pula terlampaui. Dalam bahasa Inggrisnya, "Killing two birds with one stone". Artinya berhasil menyelesaikan dua masalah dengan hanya melakukan satu hal.
  • Sepandai - pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Dalam bahasa Inggrisnya, "A good marksman may miss". Artinya bahkan orang yang paling bijaksana dan hebat pun bisa membuat kesalahan. 
  • Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Dalam bahasa Inggrisnya, "Rub salt into the wound". Artinya membuat suatu masalah menjadi semakin sulit.
  • Buruk rupa cermin dibelah,. Dalam bahasa Inggrisnya, "A bad workman blames his tools". Mengacu pada kondisi dimana seseorang melemparkan kesalahan atau kegagalannya kepada alat yang mereka gunakan untuk bekerja. (hal ini jarang dikatakan tapi sering terjadi di kehidupan sehari - hari)

 peribahasa Indonesia


  • Tong kosong nyaring bunyinya. Dalam bahasa Inggrisnya, "Empty vessel make the most noise". Peribahasa ini mengandung makna bahwa orang yang pengetahuannya kurang biasanya banyak bicara dan suka membuat kehebohan. 
  • Nasi sudah menjadi bubur. Dalam bahasa Inggrisnya, "It's no use crying over spilt milk". Artinya tidak ada gunanya menyesali sesuatu yang sudah terjadi dan tidak bisa diubah atau dibalikan lagi. 
  • Rumput tetangga selalu lebih hijau. Dalam bahasa Inggrisnya "The grass is always greener on the other side". Peribahasa ini mengacu pada orang - orang yang tidak berterima kasih terhadap keadaan mereka dan cenderung membandingkan kehidupan mereka dengan orang lain yang lebih baik.
  • Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Dalam bahasa Inggrisnya, "United we stand, divided we fall". Artinya bersatu dapat membuat kita dapat menghadapi berbagai masalah.

peribahasa indonesia terpopuler


  • Witing tresno jalaran soko kulino (bahasa jawa) atau dalam bahasa Inggrisnya "Love grows because it is wonted". Yang artinya bahwa selalu bersama dengan seseorang dapat menumbuhkan perasaan sayang


Beberapa peribahasa Indonesia di atas hanya sebagian kecil saja masih banyak sekali peribahasa yang dimiliki negara kita. Setiap negara mempunyai peribahasa yang berbeda misalnya peribahasa Jepang yang mempunyai ciri khas tersendiri. Demikian juga dengan negara-negara lain yang mempunyai ciri khasnya masing-masing. Peribahasa Indonesia merupakan suatu ungkapan yang tidak langsung namun secara tersirat menyampaikan suatu hal yang dapat dipahami, dalam suatu ruang lingkup budaya yang sama. Persamaan ruang lingkup budaya menjadi faktor penting karena jika tidak pembicaraan dan penyampaian peribahasa tidak bisa dipahami.


Pemakaian peribahasa di dalam  masyarakat adalah milik bersama, yang penyampaiannya walau hanya sebagian akan di pahami oleh yang mengerti peribahasa tersebut . Pengertian peribahasa Bahasa Indonesia  banyak dibicarakan dalam sastra Indonesia  yang mencakup ungkapan, pepatah, perumpamaan, ibarat, tamsil, (Kamus Umum  Bahasa Indonesia susunan Badudu - Zain 1994).  Peribahasa merupakan ragam dalam Bahasa Indonesia  itu sendiri yang terdiri dari berbagai macam adat yang ada di Indonesia. Biasanya setiap orang mempunyai peribahasa favorit atau peribahasa yang biasa digunakan,  Pepatah favorit yang sering digunakan sehari-hari tergantung dari ragam budaya masing-masing.
 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang