Apakah ada yang pernah memisahkan blastosis bayi tabung untuk mendapatkan kembar identik tapi pada saat yang berbeda?

Dilihat 1,25 rb • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sampai tahun 2016, belum ada seorang pun yang melahirkan bayi kembar identik dengan memisahkan blastosisnya secara artifisial dengan bantuan bayi tabung. Tapi beberapa tahun terakhir banyak penelitian yang dilakukan terkait teknik ini. Pada banyak binatang, seperti tikus dan sapi, para ahli biologi telah berhasil memproduksi kembar identik (kloning) dengan memisahkan blastosis secara artifisial.


Penelitian juga dilakukan terkait dengan janin manusia. Tapi karena alasa etika, janin yang digunakan untuk eksperimen ini merupakan janin yang tidak normal. Janin yang tidak normal telah berhasil dipisahkan menjadi dua menggunakan metode bayi tabung. Para ahli cukup yakin bahwa jika prosedur ini dilakukan pada janin yang sehat, maka bayi tabung bisa digunakan untuk melahirkan bayi kembali identik.


Metode ini akan membantu untuk mempertahankan lebih banyak janin dan juga membantu pasien yang memiliki respon rendah terhadap prosedur bayi tabung lainnya. Wanita dengan usia 50 tahun ke atas memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil melalui teknik ini. 


Bagaimanapun juga, para ahli masih khawatir bahwa pada titik tertentu dalam pemisahan blastosis secara artifisial, dapat terjadi sebuah komplikasi. Bisa terjadi pembelahan yang tidak seimbang dari sel - sel yang akan mengakibatkan penyakit genetik pada bayi kembar tersebut.


Sementara itu, di tahun 2011, seorang wanita di Amerika melahirkan bayi kembar empat melalui bayi tabung. Dua janin di tanamkan pada wanita tersebut, dan kemudia membelah secara alami dan menghasilkan 4 bayi. Tapi dalam kasus ini janin membelah secara alami, bukan secara artifisial.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang