Apakah aku menderita gangguan obsesif kompulsif (OCD)?

Dilihat 508 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ya, gejalanya itu menunjukkan OCD. Aku bukan dokter juga, tapi istriku menderita OCD. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  1. Beli salinan Brain Lock oleh Dr. Jeffrey Schwarz. Bukunya mengatakan bagaimana kamu bisa memperbaiki otak mu dan menangani OCD mu sendiri.

  2. Kalau kamu tinggal di Bangalore, pergilah ke NIMHANS. NIMHANS memiliki satu pusat pengobatan OCD terbaik didunia dan pengobatannya (terpisah dari biaya pendaftaran yang kecil), itu bebas biaya. Jadi, kekhawatiranmu itu tentang mahalnya.

  3. Lakukan terapi sendiri dirumah, kalau kamu bisa. Ada tipe Terapi Perilaku Kognitif yang disebut Pencegahan Respon dan Eksposur. Singkatnya, catat semua ketakutan dan obsesi mu. Setelah kamu melakukan itu, nilai kan dengan seberapa keparahannya itu. Mulai dengan stimuli kecemasan yang terendah dahulu. Dan membuka dirimu pada hal itu. Setelah kamu melakukan itu, coba dan hindari kebiasaan kompulsif yang kamu selalu ingin lakukan. Misalnya, kalau kamu berada di bis atau kereta, istirahatkan kepalamu ke dinding dan kemudianketika kamu sampai dirumah, coba hindari keinginan untuk membersihkan rambutmu. Itu sulit dan kamu mungkin tidak 100% berhasil pada saat pertama kali mencobanya. Jangan khawatir. Tapi jangan menyerah. Kalau kamu bersikeras, kamu akan sadar kalau kamu dapat bertoleransi beberapa impuls tanpa perlu berperan pada kompulsi. Perlahan, tetap maju ke impuls yang lebih dan lebih sulit. Pengobatan tersebut perlu bantuan profesional tapi kalau kamu enggan mencari bantuan, ini paling tidak akan membantumu mengontrol masalah yang lebih kecil.

  4. Jangan abaikan. Kuulangi. Jangan abaikan. OCD itu progresif dan hanya akan semakin parah kalau kamu tidak menanganinya tpat waktu dan dengan baik.

Semua untuk yang terbaik.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang