Apakah ambeien bisa pecah? Apa yang harus saya lakukan jika ambeien saya pecah?

Dilihat 950 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang mengganggu aktivitas. Bagaimana tidak, anda akan merasakan sakit di bagian pantat, hingga sangat menyiksa saat dibuat duduk. Cara menyembuhkan ambeien ini tergantung seberapa parah penyakit tersebut, yang jelas ambeien bisa disembuhkan. Jika itu sudah cukup parah, maka jalan satu-satunya ialah operasi. Penyakit ini terjadi di bagian anus, bisa di dalam atau di luar. Ambeien terjadi karena adanya pembesaran dan pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Ambeien termasuk ke dalam penyakit yang ciri-cirinya mudah diketahui. Saya akan membantumu untuk mengetahui mengenai penyakit ini lebih lanjut.


penyakit ambeien


Jenis dan Ciri Ambeien


Berdasarkan letak ambeien itu tumbuh, jenis ambeien dibedakan menjadi dua, diantaranya :


  • Ambeien Dalam

Pada kasus ambeien dalam ini, pembengkakan pembuluh darah terjadi di dalam rektum. Kamu tak bisa melihat atau merasakan pembengkakan yang terjadi, dikarenakan di dalam rektum terdapat sedikit saja syaraf nyeri. Jika sudah cukup parah, maka wasir itu bisa muncul keluar dan kamu akan mengalami pendarahan. Ini adalah beberapa ciri saat kamu mengalami ambeien dalam :


- Rasa Gatal pada Rektum

Ini adalah ciri yang paling umum saat kamu menderita ambeien bagian dalam. Ciri ini sangat mengganggu dan juga bisa menyebabkan infeksi karena garukan yang kamu lakukan.


- Darah Keluar Saat Buang Air Besar

Jika pada feses kamu melihat darah, maka kemungkinan besar kamu menderita ambeien. Pendarahan adalah salah satu ciri kuat dari ambeien. Darah yang dikeluarkan biasanya berwarna merah terang.


- Prolaps

Prolaps adalah kejadian dimana wasir akan menonjol keluar melewati anus. Pada tahap pertama, prolaps akan kembali masuk secara otomatis. Jika tidak, maka kamu harus mendorongnya dengan tanganmu untuk memasukkannya kembali.


- Pembengkakan

Penderita ambeien selalu megalami pembengkakan di daerah sekitar anus, dikarenakan adanya gesekan dan iritasi.


  • Ambeien Luar

Pada ambeien luar, pembuluh darah mengalami pembegkakan di sekitar bagian luar anus. Berbeda dengan ambeien dalam, kamu akan merasakan rasa sakit yang mengganggu saat terserang ambeien luar. Ciri-cirinya hampir sama dengan ambeien dalam, hanya saja ini disertai rasa sakit, sehingga terkadang akan mengganggu aktivitasmu. Kamu juga akan mengalami trombosis.


ciri-ciri ambeien


Ambeien bisa terjadi saat atau setelah kehamilan, setelah periode yang lama di posisi duduk (seperti perjalanan panjang di mobil), atau karena konstipasi atau diare. Ambeien luar bisa membeku (menghasilkan gumpalan darah didalam) dan bisa menjadi keras. Gumpalan darah yang besar bisa menyakitkan saat berjalan atau duduk. Tidak jelas kenapa orang sehat tiba-tiba menghasilkan ambeien eksternal.  Banyak kemungkinan-kemungkinan yang bisa menjadi penyebab ambien ini. Bahkan bagi dokter sekalipun, sulit untuk menentukan penyebab pasti terjadinya ambien. Berikut ini adalah kemungkinan-kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya :

- Kehamilan

- Sembelit

- Berdiri atau duduk terlalu lama

- Tekanan

- Obesitas


Untuk beberapa ambeien, ikat dengan karet untuk menghentikan pendarahan sampai mengering dan jatuh. Itu pastinya lebih tidak sakit daripada operasi untuk menjahit ambeien.

Pastinya, meskipun lebih baik untuk mengikat ambeien dengan karet dan biarkan jatuh. Kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan saat ambeien pecah.

Kamu bisa memiliki keduanya di tempat yang sama. Dan ambeien yang pecah tidak tercuci seluruhnya dan bisa mengakibatkan abses.


Ambeien bisa dibagi menjadi empat stadium tergantung pada kondisi klinis, yakni :

  1. Fase pertama, pembengkakan di daerah sekitar anus dan pendarahan.
  2. Fase kedua, pembengkakan keluar, namun masih bisa masuk kembali ke dalam anus dengan sendirinya
  3. Fase ketiga, pembengkakan tidak bisa masuk dengan sendirinya, tetapi masih bisa dikembalikan dengan cara mendorongnya ke dalam.
  4. Fase keempat, pembengkakan mulai membesar sehingga tidak ada ruang untuk memasukannya lagi ke dalam. Ini adalah fase dimana kamu harus segera dioperasi.

pantangan ambeien


Selama belum sampai fase keempat, cara menyembuhkan ambeien masih mudah untuk dilakukan. Ubahlah cara hidupmu untuk menghindari ambeien, caranya adalah sebagai berikut :

  • Makanlah makanan yang mengandung serat. Makan makanan yang berserat akan membantumu. Makanan yang mengandung serat adalah sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.
  • Minum air yang cukup. Minumlah minimal delapan gelas per hari untuk mencegah terbentuknya feses yang keras dan sembelit. Sehingga regangan pada anus dan rektum tidak terlalu melebar. Beberapa sayur dan buah yang berserat juga mengandung air. 
  • Berolahragalah. Olahraga akan membantu melancarkan aliran darahmu dan meregangkan perutmu.
  • Jangan menahan buang air besar. Ketika kamu ingin buang air besar, segeralah menuju toilet. Jangan menahannya karena itu akan menyebabkan sembelit.

Sebaliknya, pantangan penyakit ambeien yang perlu kamu ketahui adalah :


  • Terlalu banyak makanan berserat. Memang mengkonsumsi makanan berserat yang cukup baik untuk pencernaanmu. Namun, jika teralu banyak atau kurang, kamu juga bisa terserang ambeien. 
  • Makanan yang mengandung cabai dan makanan yang asam. Kandungan asam pada makanan yang kamu konsumsi, akan engakibatkan rasa perih saat buang air besar. Sedangkan, cabai bisa memeperparah pendarahan akibat ambeien.
  • Obat pencahar. Meskipun kesannya baik untuk ambeien, ternyata hal ini bukanlah ide yang bagus. Obat pencahar tidak bisa menjadi penolong untuk penderita ambeien.
  • Susu. Gas yang dihasilkan oleh susu akan membuat penderita ambeien mengalami kram perut. Dan lagi asam lemak yang ada dalam susu membuat fesesmu menjadi keras.
  • Kopi. Sama dengan susu, kopi akan membuat rasa sakit yang kamu rasakan akibat ambeien semakin parah.

cara mengobati ambeien


Jadi begitulah jawaban atas pertanyaanmu. Ambeien bisa pecah dan mengeluarkan darah. Selama kamu tidak melakukan atau mengkonsumsi hal yang menjadi pantangan penyakit ambeien, penyakit ini tidak akan menjadi terlalu berbahaya. Cara menyembuhkan ambeien yang terbilang cukup mudah, membuat penyakit ini tidak terlalu diwaspadai oleh masyarakat pada umumnya, bahkan seringkali diremehkan. Apabila ambeien yang kamu derita sudah terlanjut parah, selain operasi, ada beberapa obat herbal yang dijual bebas. Itu sangat membantu bagi orang yang tak ingin melakukan operasi. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua pendarahan yang terjadi di daerah anus merupakan penyakit ambeien. Sebuah penelitian mengatakan bahwa 40% pasien yang datang berobat pada ahli, mereka tidak menderita ambeien, melainkan hal lain, seperti fisura dan yang lainnya. Maka dari itu, jika kamu mengalami ciri-ciri di atas, yang sudah saya sebutkan, sebaiknya datanglah pada dokter. Mungkin saja itu bukan ambeien, melainkan penyakit lain yang bisa jadi lebih parah dari ambeien.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang