Apakah ambeien pecah? Jika ya, apa yang harus dilakuakn jika itu terjadi?

Dilihat 380 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ambeien kamu di luar atau di dalam? Ambein yang di dalam biasanya berada di dalam dubur dan kamu tidak bisa melihat atau merasakannya. Ambeien tipe ini biasanya sakit karena ada saraf yang kena di dalam dubur. Satu - satunya gejala yang akan dialami untuk ambeien ini adalah pendarahan. Kadang ambeien di dalam "jatuh", atau membesar dan menonjol keluar dari sfingter anal. Jika ini terjadi, kamu bisa melihat atau merasakannya sebagai tonjolan merah muda yang lembut dari kulit dan berwarna lebih merah dibanding area di sekitarnya. Ambeien yang jatuh bisa terasa sakit karena anus memiliki banyak saraf nyeri. Ambeien tersebut biasanya akan masuk kembali ke dalam dubur dengan sendirinya. Jika tidak , kamu bisa menekannya untuk memasukannya.


Ambeian yang ada di luar biasanya berada di dalam anus dan terasa sangat sakit. J
ika ambeien bergerak ke arah luar (biasanya jika kamu buang air besar), kamu bisa melihat dan merasakannya. Ambeien luar yang jatuh juga bisa membentuk gumpalan darah beku yang menyebabkan rasa nyeri yang hebat yang disebut dengan kondisi pembekuan darah. 
Jika hal tersebu tersebut, ambeien bisa berubah warna menjadi ungu atau biru dan menjadi berdarah. Terlepas dari tampilannya, hal tersebut biasanya tidak mengkhawatirkan, kecuali rasa sakitnya. Kondisi ini hanya akan berlangsung selama dua minggu. Kamu bisa meminta bantuan dokter untuk mengeluarkannya jika rasa sakitnya benar - benar tak tertahankan. Kamu juga sebaiknya melakukan pengecekan untuk pendarahan di dubur dan rasa sakitnya untuk memastikan bahwa itu bukan masalah yang serius. Ambeien merupakan penyebab no 1 untuk tipe pendarahan seperti ini dan jarang menjadi berbahaya, tapi tidak ada salahnya berhati - hati. 


Apa yang menyebabkan ambeien? Para dokter juga masih belum memiliki jawaban pastinya. Beberapa orang lebih rentan terkena ambeien kare mereka memiliki pembuluh darah yang "lemah", yang dapat menyebabkan ambeian serta jenis varises lainnya. Hal ini juga bisa merupakan faktor bawaan.

Selain itu juga ada kemungkinan - kemungkinan lainnya. Misalnya tekanan yang sangat besar pada perus dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak dan menjadi lebih rentan untuk mengalami iritasi. Tekanan tersebut bisa disebabkan oleh : berdiri atau duduk terlalu lama ketika hamil, mengedan ketikan buang air besar, batuk, bersin, muntah, atau menahan napas ketika melakukan aktifitas fisik yang beras. Pemeriksaan dan pengujian diagnostik dilakukan bukan hanya untuk mengkonfirmasikan keberadaan ambeian , tapi juga menyingkirkan seluruh penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, karena pendaraah dari dubur atau anus atau darah pada kotoran bisa juga menjadi tanda dari suatu masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker.

Berdasarkan Mayo Clinic, biasanya dokter melakukan pengecekan untuk ambeien di dalam dengan memasukkan jari yang dilapisi dengan sarung tangan karet ke dalam dubur untuk mencari tonjolan atau melakukan pemeriksaan pada usus besar dengan menggunakan anoskopi atau endoskopi. Jika terdapat gejala - gejala lain yang menyertai, hal tersebut bisa menjadi tanda dari masalah pencernaa yang lebih serius dan pemeriksaan yang dalam dengan menggunakan kolonoskopi mungkin dibutuhkan.


 Bagaimanapun juga, ambeien sudah menjadi semacam "pembuka" untuk berbagai macam masalah di area dubur dan sekitar 40% dari orang - orang yang mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan ambeien ternyata memiliki masalah lain, kata Husan. Dia berkata, "Ketika mereka datang untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh, ditemukan bahwa mereka memiliki masalah lain". Dia menambahkan, "Yang ingin kami lihat adalah bahwa jika ada sesuatu yang terjadi, hal tersebut berhubungan dengan ambeien, namun pada banyak kasus tidak demikian". Misalnya, yang memiliki fissure juga mengalami pendarahan dan seringkali salah menganggapnya sebagai masalah ambeien. Tapi fissure seringkali dihubungkan dengan rasa sakit ketika buang air besar, berbeda dari ambeien yang berhubungan dengan rasa menekan. 

Pengobatan: Obat yang ada di pasaran, seperti obat pencahar dan salep anti-inflamasi dapat meringankan rasa sakit dan pendarahan yang disebabkan oleh ambeien luar. Cara lain adalah dengan banyak makan makanan yang mengandung serat, minum air yang banyak dan hindari mengedan ketika buang air besar. Hal - hal tersebut sangat membantu dalam ambeien untuk hilang dengan sendirinya.

Ada beberapa opsi pengobatan tanpa operasi untuk ambeien di dalam. Pengobatan menggunakan gelang karet merupakan yang paling sering dilakukan. Pengobatan ini melibatkan penggunakan gelang karet di sekit ambeian dan menghentian aliran darah ke area tersebut sampai ambeian menyusut dan jatuh. Metode ini jauh lebih efektif dibandingkan metode - metode lainnya, walaupun kadang terjadi rasa sakit dan komplikasi setelah pengobatan. Skleroterapi yang merupakan metode dimana ambeien disuntik dengan cairan kimia agar menyusut, merupakan terapi yang tertua. Infrared atau elektrokoagulasi mengobati ambeien dengan cara membakarnya dan membiarkannya jatuh. Metode ini tidak seefektif metode gelang karet dan biasanya membutuhkan harus dikombinasikan dengan metode lainnya.Tapi resiko rasa sakit dan komplikasi dari pengobatan menggunakan metpde ini juga lebih rendah. Berdasarkan ulasan yang dipublikasikan dalam Jurnal  American College of Surgeons, operasi untuk mengangkat ambeian dibutuhkan jika ambeien dalam sudah jatuh atau menjadi sangat besar.

Para dokter juga bisa menggunakan litigasi arteri ambeien menggunakan doppler, suatu metode usg yang mengidentifikasi pembuluh darah yang menyuplai ambeien dan memotongnya. Husan mengatakan, "Ada banyak teknik dan prosedur untuk suatu masalah. Dari sudut pandang seorang pasien, yang terbaik adalah apa yang disarankan oleh dokter anda".


Apakah kita bisa mencegah ambeien? Kamu bisa melakukannya dengan menjaga konsumsi makan dan minuman sehari - hari. Makanan dan minuman yang bisa mencegah ambeian juga baik bagi tubuhmu secara keseluruhan. Sebagian besar orang membutuhkan lebih banyak serat, dan sumber terbaik untuk mendapatkannya adalah melalui makana. Minumlah yang banyak. Jika tidak, kamu kemungkinan harus mengedan ketika buang air besar yang akan menyebabkan iritasi pada pembuluh darah di sekitar dubur. Minum air yang banyak dan ingatlah bahwa kamu juga bisa mendapatkan air melalui makanan seperti buah - buahan dan sayuran.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang