Apa kita bisa melatih kekuatan dan ketahanan secara bersamaan?

Dilihat 578 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada beberapa latihan dan olahraga yang dirancang untuk melatih dan meningkatkan daya tahan tubuh serta kekuatan secara sekaligus. Contoh yang paling sederhana adalah jogging atau berlari pagi selama setengah jam atau lebih secara teratur. Selama berlari terutama di pagi hari, jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru cukup besar dan ini tentu sangat baik bagi perkembangan kekuatan otot dan kapasitas paru-paru. 


Apabila kecepatan berlari dan durasinya ditambah maka pengaruhnya akan sangat besar bagi peningkatan daya tahan dan kekuatan tubuh kita. Sederhananya, semakin baik kualitas dan kuantitas udara yang kita hirup, sel-sel di dalam tubuh kita akan semakin cepat melakukan metabolisme yang mengubah zat-zat makanan menjadi energi. Dari sinilah kekuatan otot dan tulang kita akan terbentuk. Selain itu, dengan banyaknya suplai energi maka daya tahan tubuh pun akan meningkat. 

  

latihan 1


Cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dipusatkan pada aktivitas latihan fisik yang meningkatkan kapasitas dan kekuatan otot jantung dan paru-paru. Latihan-latihannya disamping jogging atau lari antara lain bermain kecepatan yang dilakukan secara outdoor. Kemudian ada pula latihan yang diselingi dengan waktu istirahat untuk setiap sesinya. Daya tahan tubuh akan bertambah seiring dengan peningkatan durasi latihan. 


Logikanya, latihan meningkatkan daya tahan tubuh ini otomatis berpengaruh pada perbaikan stamina. Ada beberapa cara meningkatkan stamina seperti squat jump, push up ataupun sit up. Tiga jenis latihan ini sangat populer dilakukan oleh para penyuka segala jenis olah raga apapun terutama jika mereka bertujuan untuk meningkatkan prestasi seperti para atlet. Olah raga seperti sepak bola atau tinju menuntut stamina dan daya tahan tubuh yang prima dari seorang atlet.  


latihan 2


Belajar Melatih Daya Tahan Tubuh Dari Para Petinju


Cara petinju melatih daya tahan tubuhnya dapat menjadi contoh yang sempurna bagaimana ketahanan dan kekuatan tubuh bisa ditingkatkan dalam satu latihan. Untuk berlaga, seorang petinju bukan saja memerlukan daya tahan tubuh yang prima tetapi kekuatan otot bisep dan lengan untuk menjatuhkan lawan serta otot paha dan perut agar tidak mudah dijatuhkan.

Petinju merupakan contoh atlet yang paling membutuhkan ketahanan tubuh baik di saat berlatih maupun berlaga di atas ring. Dibandingkan olah raga beladiri lainnya, bertinju membutuhkan latihan fisik yang lebih keras dan ketahanan prima selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan sampai tiba waktunya naik ring. Cara meningkatkan daya tahan tubuh mereka meliputi latihan jumping, lari di lapangan atau di treadmill, push up, dan lain-lain. Coba Anda sesekali kunjungi sasana tinju. Di sana Anda akan dapat melihat para petinju melakukan bermacam latihan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya sekaligus kekuatannya.


Latihan fisik untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh memerlukan suatu gerakan yang berulang-ulang atau repetitif secara konsisten. Latihan pull up misalnya akan membuat otot bisep dan forearm lebih kuat sebagaimana latihan beban seperti mengangkat barbel. Latihan ini juga sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena besarnya energi yang dikeluarkan.

Selain beragam porsi latihan fisik, para petinju juga membutuhkan asupan makanan yang bergizi, tinggi protein dan lebih rendah karbohidrat dan lemak. Sumber protein terbaik antara lain berasal dari telur, daging sapi, ikan, dan beberapa sayuran serta buah-buahan. Tidak jarang mereka didukung oleh ahli gizi dan pelatih yang memandu cara meningkatkan stamina sehari-hari dan terlebih lagi di saat bertanding.  


latihan 3


 

Latihan yang Populer Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 


Beberapa latihan yang bermanfaat bagi ketahanan dan kekuatan tubuh antara lain bersepeda, berenang dan beberapa latihan fisik seperti push up, squat thrust, dan back up. Sejumlah contoh latihan tersebut dapat Anda pilih untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan sekaligus. Selain itu, masing-masing jenis latihan ini terbukti memberi dukungan yang sangat ideal bagi otot dan tulang kita. Perlu diingatkan lagi bahwa latihan untuk ketahanan tubuh menitikberatkan pada peningkatan kapasitas paru-paru dan jantung.   

Lalu apa cara terbaik melatih daya tahan tubuh yang murah dan mudah dilakukan? Sebenarnya ada banyak aktivitas fisik yang memenuhi kriteria ini. Beberapa orang mendapatkan daya tahan tubuhnya meningkat secara alami berkat aktivitas-aktivitas fisik yang mereka lakukan sehari-hari seperti pekerjaan yang sering mengangkat beban dan memindahkan barang-barang dari satu tempat ke tempat lain. 


Ketahanan fisik setiap orang meskipun berbeda-beda juga bisa diperkuat dengan melakukan beberapa jenis program latihan peningkatan fisik. Melatih daya tahan tubuh ini sering diimbangi dengan latihan kelenturan tubuh karena dalam durasi yang lama dengan gerakan yang berulang seseorang berisiko mengalami masalah seperti kram atau cidera. Dengan latihan kelenturan tubuh ini porsi latihan untuk ketahanan tubuh bisa ditingkatkan. Cara meningkatkan stamina melalui olah raga ringan tetapi dilakukan secara rutin terbukti efektif bagi banyak orang. Buatlah jadwal latihan dan patuhi jadwal tersebut secara ketat. Dalam beberapa minggu hasilnya sudah bisa Anda rasakan.  


latihan 5


Membentuk Daya Tahan dan Kekuatan Tubuh Secara Bersamaan


Ini bisa jadi kesimpulan sekaligus jawaban atas pertanyaan di atas. Jika kita melakukan latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh, maka intensitas dan durasi latihan pun kita tingkatkan sehingga paru-paru dan jantung kita cukup akomodatif untuk menyuplai energi ke seluruh otot dan organ tubuh kita. Latihan ini meningkatkan asupan oksigen ke dalam paru-paru serta performa sirkulasi darah yang dimotori oleh jantung.


Selanjutnya, kita bisa menggunakan jenis latihan yang sama untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Bedanya, kita perlu menambah kecepatan, menambah beban sehingga otot-otot tubuh mampu melakukan kerja repetitif tersebut secara lebih berdaya dan bertenaga. Hal ini sejalan dengan cara atlet profesional meningkatkan performa mereka di mana untuk mencapai rekor tertentu ketahanan dan kekuatan tubuh menjadi sangat mutlak diperlukan. Jadi kesimpulannya, berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh jika dilakukan dengan memperhatikan kecepatannya juga akan berdampak pada peningkatan kekuatan otot-otot tubuh. Anda pun bisa memperoleh peningkatan daya tahan dan kekuatan tubuh secara sekaligus. Selamat mencoba!

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang