Apa sajakah anime misteri terbaik sepanjang masa?

Dilihat 3,11 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memang cukup sulit untuk menemukan anime misteri terbaik, baik dari segi animasi, cerita, dan kedalaman karakter yang sesuai dengan selera kita. Seringkali kita menemukan anime misteri yang ternyata plot ceritanya sangat klise, membosankan, terlalu bertele-tele, dan malahan terlalu menekankan pada sisi romansanya. Hal ini pasti sangat membuat kecewa dan anti-klimaks ya :D

Maka, berikut ini saya berikan beberapa referensi anime misteri yang menurut saya layak untuk dinikmati. Meskipun kebanyakan merupakan anime yang tayang sudah beberapa tahun lewat, namun tidak akan membuatmu kecewa ;)


Daftar Anime Misteri Terbaik



                          Monster


Monster – Thriller-psikologi, misteri. Jumlah episode: 74

Unsur psikologi dalam anime yang ditayangkan pada tahun 2004 ini sangat kuat dan bisa 'mengacaukan' pikiranmu. Ketegangannya akan memberikan rasa ngeri yang mencekam setiap saat. Karakter antagonis memiliki kecenderungan seperti supervillain atau penjahat super dengan kemampuan fisik yang luar biasa, namun sebenarnya ia hanyalah manusia. Jalan cerita anime misteri ini cukup lambat, namun perkembangan para karakternya bagus dan mampu menahanmu untuk terus mengikuti setiap episodenya.


                          

                            Death Note - Ryuk, L, dan Light


Death Note – Misteri, polisi, thriller-psikologi, supernatural. Jumlah episode: 37.

Meskipun tergolong anime lama (tayang 4 Oktober 2006 - 27 Juni 2007), Death Note tidak sama dengan anime-anime thriller-misteri lainnya yang pernah kau saksikan. Tayangan ini adalah rekomendasi utama dari hampir semua penggemar anime misteri. Plot cerita yang menyihir, alur yang berbeda dan ketegangannya luar biasa. Pertarungan intelektual antara dua karakter utama, Yagami Light dan L, sangatlah menarik. Ilustrasinya sungguh gelap, suram, dan bisa membuatmu bergidik. Tayangan anime ini mencoba menampilkan pertanyaan filosofis kehidupan dengan cara yang cukup kompleks, dan kerumitan inilah yang membuat Death Note sangat dikagumi banyak orang. Lagu-lagunya pun melengkapi tayangannya dengan menakjubkan. Kau tidak akan bisa berhenti untuk terus menonton setiap episodenya, bahkan saya menyelesaikan seluruh episode anime ini hanya dalam 2 hari. Beberapa orang tidak puas dengan akhir ceritanya, sehingga anime ini diangkat ke layar lebar (live action) dengan versi ending yang berbeda. Anime ini adalah mahakarya yang disebut-sebut sebagai anime misteri terbaik dan tidak akan rugi untuk ditonton, meskipun pada akhirnya hanya untuk membuktikan bahwa kau tidak menyukainya. 

(Lihat : Anime yang lebih bagus daripada Death Note? Apakah ada?)



                           Another - Misaki Mei dan Sakakibara Kouichi

Another - Horor/Supernatural, Sadis, Misteri. Jumlah episode: 12

Dengan karakter utama Misaki Mei dan Sakakibara Kouichi, alur cerita anime misteri yang tayang pada tahun 2012 ini sangat menarik dan memiliki beberapa adegan sadis berdarah yang mungkin kurang pantas untuk disaksikan oleh anak-anak dibawah umur atau orang yang tidak kuat melihat adegan yang mengerikan. Namun selebihnya, animasinya luar biasa. Efek mengejutkannya cukup bagus, tapi untuk bobot dan kedalaman cerita tidak terlalu menggigit. Ending dari anime ini tidak terduga dan akan menyenangkan bagi penonton yang senang berspekulasi akan cerita akhir dari sebuah anime.




                                  Higurashi no naku koro ni - When they cry/when the cicadas cry

Higurashi no Naku Koro ni - Horor, Misteri, Psikologi-Thriller, Supernatural. Jumlah episode: 26.

Jangan tertipu dengan tampilannya yang terlihat manis. Sekilas, anime misteri yang disiarkan pada tahun 2006 ini tampak seperti sebuah film yang ringan dengan nuansa romansa klise. Namun, tayangan ini adalah sebuah karya yang jenius. Latar keseluruhan, atmosfir dan nuansanya dirancang dengan sangat baik. Alur ceritanya tampak sederhana pada awalnya, yaitu dimulai dengan seorang anak yang baru pindah ke kota baru yang aneh dan mendapatkan teman-teman baru. Namun di balik semua kesederhanaan itu, anime yang tampaknya memiliki tampilan cerita yang ringan ini memiliki rahasia gelap yang berkaitan dengan pembunuhan, kekerasan dan misteri rumit yang belum terungkap. Sangat menyenangkan untuk ditonton dan akan membuatmu terpukau. 




                             Ergo Proxy


Ergo Proxy - Misteri, Psikologi, Sci-Fi. Jumlah episode: 23.

Menonton anime ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi psikologimu. Cerita dan alurnya akan membuatmu terus menebak-nebak hingga akhir. Latar cerita anime misteri yang juga ditayangkan pada tahun 2006 ini adalah dunia setelah mengalami kiamat dan semua orang ingin mencari tahu mengenai hal-hal yang sesungguhnya berada di luar jangkauan mereka. Ergo Proxy mengekploitasi banyak aspek psikologi dan sejarah serta menggabungkannya dengan sangat indah. Perkembangan para karakter dengan seiring berjalannya waktu sangat menarik, serta animasinya pun unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Maka, saya rasa pantas jika anime ini digolongkan sebagai salah satu anime misteri terbaik sepanjang masa.




                            mushishi


Mushishi - Fantasi, Sejarah, Misteri, Seinen, Kehidupan, Supernatural. Jumlah episode: 26.

Mengapa anime ini termasuk ke dalam salah satu anime misteri terbaik? Karena, meskipun tergolong anime lama (2005), Mushishi dijamin masih mampu membuatmu terhanyut dan larut dalam setiap ceritanya yang berdiri sendiri. Terkadang, kau akan merasakan suasana tegang yang cukup mencekam dan membuat nafas tercekat. Perkembangan alur cerita sangat baik dan tidak membosankan. Selain itu, ada juga sedikit bagian cerita yang bernuansa suram. Lagu-lagu atau soundtrack yang indah serta pengisi suara kondang seperti Sawashiro Miyuki dan Sakamoto Maaya pun turut menyempurnakan anime ini.




                                 Gosick - anime misteri


Gosick - Drama, Sejarah, Misteri, Romansa. Jumlah episode: 24.

Setiap episode merupakan bagian dari episode selanjutnya, bagaikan kepingan yang melengkapi sebuah teka-teki. Keunikan anime yang mengudara pada tahun 2011 ini membuat penonton selalu ingin menontonnya berulang kali. Perbedaan Gosick dengan anime misteri lain pada umumnya adalah ending-nya yang indah. Gosick juga memiliki alur cerita yang asyik serta soundtrack yang baik sekali untuk dinikmati.




                         Ghost Hunt - anime misteri

Ghost Hunt - Komedi, Horor, Misteri, Shoujo/Supernatural. Jumlah episode: 24.

Ghost Hunt (4 Oktober 2006 - 28 Maret 2007) adalah anime misteri yang bercerita tentang hantu-hantu supernatural, poltergeist, roh dan berbagai misteri lainnya. Ada banyak adegan-adegan yang mengejutkan disispkan sepanjang alur cerita. Desain karakternya menawan dan para pengisi suara dalam anime ini pun sangat terkenal, seperti Okamoto Nobuhiko, Kugimiya Rie, Iguchi Yuka, dan Narita Ken. Dengan para pengisi suara berkualitas tersebut, anime ini menjadi semakin menarik untuk diikuti, namun, sayangnya kedalaman atau penjiwaan setiap karakter masih kurang dan seharusnya masih bisa diperjelas lagi agar lebih menarik dan menegangkan..




                         Hyouka - anime misteri

Hyouka - Misteri, Sekolah, slice of life. Jumlah episode: 22.

Meskipun disebut sebagai anime misteri, Hyouka (23 April - 17 September 2012) cenderung lebih ceria dibandingkan dengan anime lainnya. Memiliki latar sebuah SMA, dan meskipun memiliki unsur genre slice of life, alur ceritanya tetap menarik dan tidak membosankan seperti kebanyakan anime bergenre kehidupan. Selain itu, alur Hyouka juga bersifat deduktif dan memberikan sensasi seolah-olah sedang menonton film-film Sherlock Holmes. Animasinya sangat bagus dan dipadukan dengan musik yang sangat ear-catching.


Menonton anime memang merupakan sebuah hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Apa bila kau juga menyukai berbagai genre anime yang lainnya, maka cobalah untuk melihat daftar anime terbaik ini :D

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang