Apa itu program Arduino?

Dilihat 999 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apakah anda pernah memikirkan bagaimana sebuah alat elektronik atau robot bisa bekerja? Mengapa para ahli di bidang elektro bisa mengatur gerak alat yang mereka ciptakan sesuai dengan keinginan mereka? 


Tentu saja itu terkait dengan ilmu komputer dan pemograman yang biasanya didalami oleh seseorang yang ahli dalam bidang elektro. 


Dalam pembuatan sebuah alat atau benda seperti robot atau alat elektronik berdasarkan sistem pemrograman termasuk dalam lingkup pengembangan ilmu komputer. Alat yang berlandaskan komputer memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan dari lingkungannya, hal ini juga merupakan salah satu fungsi dari physical computing. 


Physical computing adalah istilah untuk sebuah alat pengembangan atau disebut dengan platform yang berfungsi untuk mengembangkan sistem berbasis komputer yang berasal dari hardware. 


Salah satu physical computing yang sering dipakai oleh pemula dan para ahli elektro untuk membuat alat elektronik termasuk robot adalah program arduino.


Arduino



Pengenalan Program Arduino


Arduino adalah sebuah platform dari pshysical computing yang memiliki sifat open source atau alat yang mudah untuk diaplikasikan dengan berbagai sumber. 


Arduino yang memiliki bentuk seperti papan yang memang dirancang untuk mempermudah pengguna elektronik dalam berbagai hal termasuk dalam mengembangkan dan juga menciptakan sebuat alat eletronik berbasis komputer. 


Softwarre ini juga banyak digunakan oleh para pemula sebagai media untuk menyalurkan ide mereka untuk membuat sebuat alat elektronik dengan sistem yang mudah. 


Program arduino berasal dari hardware yang memiliki prosesor Atmel AVR, sedangkan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri yang menyerupai bahasa C. 


Sketch arduino


Arduino memiliki 'sistem operasi' sederhana yang disebut dengan bootloader. Bootloader ini berfungsi sebagai BIOS (Basic Input Output System). Bootloader ini yang bertanggung jawab terhadap penulisan bahasa pemrograman dalam arduino. 


Bahasa pemrograman yang merupakan software arduino ditulis dengan menggunakan software arduino IDE (Integrated Development Environment) atau disebut juga dengan sketch. Sketch ini dimasukkan dalam suatu editor teks dan disimpan dalam file dengan ekstensi ino


Pada IDE dalam software arduino terdapat semacam message box yang berfungsi untuk menampilkan status seperti error, compile, dan upload program. Hal inilah yang menjadikan program arduino mudah digunakan dan diaplikasikan oleh para ahli maupun pemula untuk mengenal robotika dan elektronika.


Apakah kita bisa memprogram ulang sketch dalam arduino? 


Tentu saja bisa, jika sketch selesai diunggah maka saat itu bootloader sudah menyelesaikan tugasnya. Kita bisa mengunggah ulang atau melakukan pemograman ulang dengan mengisi sketch yang berbeda sehingga bootloader kembali bekerja. 


Dalam pemrograman ulang arduino, bootloader kembali bekerja agar sketch dapat masuk ke flash memory mikrokontroler untuk kemudian mengambil fungsi sebagai sistem operasi utama. Dengan cara inilah kita bisa melakukan proses pengisian ulang program atau sketch arduino secara berulang-ulang.



Arduino uno



Mungkin kita bisa menemukan papan pengembang lain seperti Raspberry Pi atau Intel Edison, tetapi tetap saja arduino yang lebih familiar di kalangan para ahli elektro. 


Hal itu karena terdapat banyak kelebihan arduino yang tidak dimiliki oleh papan pengembang lainnya. Salah satunya adalah software IDE yang terdapat dalam papan arduino yang sangat membantu para pengembang elektronika untuk memasukkan program atau sketch dengan mudah. 


Tetapi ada juga beberapa papan arduino yang tidak menerapkan IDE dalam pengisian programnya. Jenis papan arduino ini tentunya memiliki sistem yang lebih sulit dari papan arduino yang menerapkan IDE. 


Agar anda tidak keliru dalam memilih arduino, berikut adalah beberapa papan arduino yang menggunakan sistem IDE pada bahasa pemrogramannya:


  • Arduino Yùn, arduino yang menggunakan ATmega32u4 dan berjalan pada clock 16 MHz dengan auto-reset, memiliki 12 input analog, dan 20 digital I/O serta 7 PWM.
  • Arduino/Genuino Mega 2560, arduino ini menggunakan ATmega2560 dan berjalan pada clock 16 MHz dengan auto-reset, memiliki 16 input analog, dan 54 digital I/O dan 15 PWM.
  • Arduino/Genuino Uno yang menggunakan ATmega328 dan berjalan pada clock 16 MHz dengan auto-reset, memiliki 6 input analog, dan 14 digital I/O serta 7 PWM.
  • Arduino Mega yang menggunakan ATmega1280 dan berjalan pada clock 16 MHz dengan auto-reset, memiliki 16 input analog, dan 54 digital I/O dan 15 PWM.
  • Arduino Micro yang menggunakan ATmega32u4 dan berjalan pada clock 16 MHz dengan auto-reset, memiliki 12 input analog, dan 20 digital I/O dan 7 PWM.

-


Itulah penjelasan mengenai program arduino yang merupakan salah satu sistem operasi sederhana yang digunakan oleh banyak orang untuk merancang alat elektronik berbasis pemrograman data sketch. 


Bagi anda yang berminat mendalami bidang elektronika, banyak sekali tutorial penggunaan arduino terbaik dari berbagai sumber yang bisa anda ikuti. Banyak orang di seluruh dunia yang menggunakan arduino ini untuk menyiasati biaya proyek agar lebih murah karena papan arduino memang terjangkau dibandingkan dengan sistem operasi sederhana lainnya. 


Selain itu, arduino lebih cocok digunakan oleh pemula untuk mengenal sistem eletronika dan robotika dasar. Hal ini karena adanya sistem IDE dalam bahasa pemograman arduino yang dapat memudahkan penggunanya untuk memasukan program atau sketch ke dalam sistem arduino.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang