Apakah aturan utama yang harus diikuti dalam melakukan body building?

Dilihat 1,51 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap manusia yang ada di muka bumi ini. Memiliki tubuh yang sehat seperti kunci utama untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan terhindar dari segala macam jenis penyakit.


Memiliki tubuh yang sehat bisa dibilang kita sangat dekat dengan memiliki bentuk tubuh yang indah dan ideal pula. Memiliki bentuk dan tubuh yang ideal bukanlah suatu hal yang sulit jika dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Biasanya jika berbicara tentang bentuk tubuh ideal, hal tersebut tidak jauh dari cara membuat badan kekar.   


galena membentuk otot

Banyak sekali cara membesarkan otot maupun cara membuat badan kekar, salah satunya adalah dengan bodybuilding. Bodybuilding merupakan cara terbaik untuk mendapatkan tubuh sehat, ideal, dan berotot. Tapi perlu anda ketahui hal ini bisa anda dapatkan jika anda melakukan bodybuilding dengan baik dan benar. Di bawah ini ada beberapa hal yang anda perlu ketahui tentang body building, serta beberapa aturan yang perlu anda perhatikan dalam bodybuilding.


Aturan Utama Dalam Melakukan Bodybuilding


Hidup sehat dengan badan yang bagus dan bebas dari segala macam serangan penyakit merupakan impian semua orang. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. Anda hanya perlu mencari cara yang tepat untuk mendapatkan bentuk tubuh kekar yang tidak membahayakan diri anda. Banyak sekali cara membesarkan otot demi mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai kita inginkan dan dari banyak cara yang anda cari tersebut, ada satu cara terbaik yaitu dengan melakukan bodybuilding.


Apa itu bodybuilding?

 

Beberapa dari anda mungkin sedikit bingung tentang apa sih bodybuilding itu sebenarnya. Secara umum, istilah bodybuilding dapat definisikan sebagai penambahan massa otot dan menyingkirkan lemak tubuh dan secara bersamaan memperbaiki tingkat kebugaran fisik. 


Jadi bodybuilding bukan hanya salah satu cara memuat badan kekar dan ideal, tapi bisa juga menjadi olahraga kebugaran yang anda lakukan di rumah di sela-sela waktu yang padat agar tubuh tetap sehat dan bugar. Satu hal yang bisa dikatakan benar mengenai bodybuilding adalah lebih mudah untuk menambah massa otot pada tahun pertama melakukan bodybuilding dibanding pada tahun-tahun selanjutnya.


galena membuat otot kekar



Jika anda pada dasarnya sudah memiliki bentuk dan proporsi badan yang bagus, bodybuilding adalah satu-satunya cara terbaik untuk menambah massa otot tubuh anda. Namun untuk mendapatkan tubuh yang kekar tersebut ada beberapa aturan yang harus diikuti, serta memulai gaya hidup yang sehat seperti memperhatikan pola makan anda, dan memperhatikan waktu istirahat anda juga.


Dalam bodybuilding, law of diminishing return berlaku di sini. Tidak ada seorangpun yang dapat terus mengalami kemajuan dalam kecepatan yang sama. Ada 2-3 model yang tersedia di internet mengenai seberapa banyak massa yang dapat dibentuk oleh seorang individu pada jangka waktu tertentu atau selama dia melakukan body building. 


Hal yang sama juga berlaku untuk penyingkiran lemak. Lebih mudah untuk menurunkankan persentase lemak dalam tubuh dari 40% ke 20% dalam 6 bulan, tapi secara teknik tidak mungkin untuk mengurangi persentase lemak tubuh dari 10% ke 5% dalam jangka waktu yang sama secara alami dan mempertahankannya untuk jangka waktu yang lama. Seperti yang anda ketahui, kita semua memiliki batasan alami. Cepat atau lambat, kita akan menemui yang namanya masa stabil yang merupakan musuh besar dalam lingkaran bodybuilding. Hanya dengan mengetahui mengapa hal itu bisa terjadi dan cara penanggulangannya dengan penyesuaian olahraga, pola makan, istirahat yang rutin serta dedikasi dan motivasi yang dapat membantumu melewatinya. 


Ketika ingin melakukan bodybuilding, banyak orang yang buang-buang waktu mencari rutinitas yang terbaik. Tidak ada yang namanya rutinitas terbaik untuk body building. Berbagai macam rutinitas dapat membantu, tapi tidak selamanya rutinitas tersebut dapat membantu. Lebih baik anda memperhatikan pola makan dibandingkan rutinitas. Rutinitas yang baik tidak akan pernah bisa mengimbangi pola makan yang buruk, begitu pula sebaliknya.


Carilah informasi mengenai hal ini, bacalah buku-buku, telurusuri berbagai situs, atau kunjungi blog-blog, lakukan apapun yang perlu dilakukan untuk mengumpulkan berbagai informasi. Kenapa hal ini penting? Kerena hal ini membantu dalam mendefinisikan batasan anda secara praktis. Anda bisa membangun otot-ototmu, tapi anda juga harus tahu batasannya. Memaksakan tubuh anda terus-terusan bekerja sampai batasnya juga tidak baik, karena tubuh memerlukan istirahat.


Terlepas dari seluruh pengalaman saya, ada beberapa hal tentang aturan bodybuilding yang penting untuk diingat.

  • Variasi: Tambahkan berbagai variasi dalam aktivitas bodybuilding, baik latihan, pola makan, dan juga hal-hal lainnya. Tubuh kita dapat dengan cepat menyesuaikan terhadap segala sesuatu. Ini merupakan bahasan yang sangat panjang.
  • Tentukan sasaranmu: Jika anda memiliki pengetahuan yang cukup, anda bisa menentukan sasaran jelas yang ingin anda capai dan bisa diterapkan serta dicapai. 99% dari orang yang datang ke gym hanya berada di sana untuk membentuk otot atau menyingkirkan lemak tubuh atau keduanya, tapi tidak memiliki sasaran yang spesifik, terukur dan praktis. Ingatlah bahwa menentukan sasaran harus diikuti dengan monitoring dan perbaikan. Namun perlu anda perhatikan disini bahwa jangan memaksakan diri anda untuk mencapai sasaran. Tidak ada cara membesarkan otot yang instan, semua membutuhkan proses dan ketekunan, bukan berarti harus memaksakan diri. Memaksakan diri hanya akan meningkatkan resiko cidera, kenaikan kostirol, serta tanda-tanda overtraining lainnya seperti sulit tidur dan kelelahan.
  • Tidak semua suplemen bermanfaat, sebagian di antaranya lebih baik dari yang lain (bacalah tentang creatine, whey protein, dll). Pikirkan baik-baik apa anda membutuhkannya atau tidak. Menurut saya pribadi, suplemen tidak terlalu diperlukan disini. Kecuali anda benar-benar membutuhkannya. Tapi ada kalanya anda membutuhkan variasi. Selain menggunakan suplemen, anda bisa menggantinya dengan makanan lainnya yang mengandung protein.
galena bodybuilding

Sering beredar tentang hal yang dikhawatirkan oleh para wanita yang ingin melakukan bodybuilding namun mengurungkan niatnya karena takut berotot. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena bodybuilding tidak akan membuat wanita berotot. Ini bertolak belakang dari apa yang dipercayai oleh banyak orang (dan alasan kenapa para wanita tidak mau dekat-dekat dengan barbel).


Itulah beberapa aturan-aturan dalam hal body building yang saya ketahui. Beberapa diantaranya juga merupakan aturan yang sudah diakui oleh beberapa ahli. Jika anda baru berencana untuk melakukan body building, sebaiknya anda perdalam pengetahuan anda tentang body building sebelum memulai. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat anda melakukan program body building. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang