Apakah ayam dapat terjangkit penyakit cacar air (chicken pox)?

Dilihat 311 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ayam dapat terjangkit cacar unggas. Penyakit ini disebabkan oleh virus cacar unggas yang berada dibawah famili yang sama dengan virus-virus cacar mamalia lainnya seperti cacar sapi dan vaccinia (tidak sama dengan cacar sapi), tapi di dalam genus yang berbeda dengan Avipoxvirus, virus cacar yang menjangkiti burung. Seperti yang dikatakan Ian, penyakit manusia yang disebut cacar air sebenarnya adalah herpes. Pada ayam, virus cacar ini menyebabkan penyakit kotor yang menjijikkan dengan kerak yang besar pada bagian-bagian tubuh yang tidak tertutupi bulu seperti wajah dan kaki, serta luka-luka di dalam mulut. Penyakit ini bisa menular atau disebarkan oleh nyamuk. Ayam-ayam yang menderita penyakit ini akan menjadi sangat lemah, tapi tidak menyebabkan kematian (tapi peternakan ayam biasanya akan memusnahkan ayam-ayam yang terjangkit). 

Vaksin berisi virus cacar unggas yang telah dilemahkan dan diberikan dengan menusukkan jaringan sayap menggunakan garpu kecil, seperti bagaimana mereka menusukmu dengan garpu kecil ketika kamu harus mendapatkan vaksin cacar. Dan ketika kukatakan berisi, itu sebenarnya hanya berisi enzim yang akan melakukan perbaikan DNA pada virus aktif yang terdapat di dalam partikel virus yang bebas. Karena virus ini sangat kuat dan tidak dapat terbunuh dengan sinar matahari, maka ini menjadi salah satu pemikiran mengapa cacar unggas sangat menular.

Salah satu virus burung lain yang terkenal adalah canarypox. Tapi karena canarypox tidak berbahaya untuk mamalia, virus ini digunakan untuk membuat vaksin, dan vaksin ini dipatenkan oleh Merial, sama seperti vaksin West Nile encephalitis untuk kuda dan vaksin Feline Leukimia untuk kucing yang juga dipatenkan oleh mereka.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang