Apakah bagus untuk pergi ke gym setiap hari dan hari-hari berikutnya?

Dilihat 406 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

tips-olahraga


Olahraga yang baik dan benar adalah olahraga yang dilakukan secara teratur dan terukurMeskipun manusia era ini jarang untuk bergerak, namun gaya hidup juga sudah pula berubah salah satunya menjadikan olahraga sebagai salah satu gaya hidup itu sendiri, olahraga menjadi sebuah lifestyle.

Saat ini fitness adalah pilihan olahraga yang memang banyak dipilih dan cukup populer terutama di tengah masyarakat perkotaan. Fitness adalah salah satu kegiatan olah tubuh, yang umumnya dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bentuk latihan menggunakan alat bantu. Ada banyak sekali alat yang dapat digunakan untuk latihan fitness ini, dan setiap tempat fitness pasti memiliki instruktur yang akan mengajarkan cara untuk menggunakannya. Pengguna hanya tinggal membayar, dan berolah raga sepuasnya bersama konsumen lainnya.

Karena kemudahan inilah, banyak orang yang tertarik untuk mencoba latihan fitness, dan anda mungkin juga termasuk salah satunya. Jika memang anda berniat untuk mulai melakukannya, tentu anda harus punya panduan fitness dulu. Hanya saja, sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu cara fitness yang baik. Mencari tahu sedikit-sedikit tentang bagaimana melakukannya akan membantu kita supaya tidak salah dalam melakukannya. Untuk anda yang masih pemula dan belum pernah melakukan fitness sama sekali janganlah khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara fitness yang baik bagi pemula. Bagi pemula yang masih awam dengan fitness tidak boleh langsung melakukan fitness dengan porsi yang besar. Harus diupayakan fitness dengan pola yang ringan dilakukan terlebih dahulu. Dan disini akan kami berikan untuk anda mengenai panduan fitness bagi pemula yang dapat anda terapkan. Ingin tahu informasinya? 

Kalau begitu jangan dulu beranjak, pelajari dan pahami dulu cara fitness yang baik bagi pemula yang kami berikan berikut ini.


Tahapan Fitnes yang Baik Bagi Pemula


  • Komitmen

Umumnya untuk pemula yang baru saja melakukan kegiatan fitness ini sering dihampiri rasa bosan, dan ini adalah hal yang wajar. Tetapi, diharapkan anda jangan kalah oleh rasa bosan tersebut. Untuk itulah anda perlu komitmen sebelum melakukan kegiatan atau latihan fitness tersebut, supaya latihan anda tidak berhenti ditengah jalan.  Tanpa komitmen apa yang anda lakukan akan percuma karena anda tidak akan serius dalam melakukannya. Sehubungan dengan menerapkan komitmen, alangkah baiknya jika anda punya suatu target. Dengan memiliki target anda bisa melakukan olah tubuh dengan semangat dan serius untuk mencapai target yang anda inginkan. Misalnya anda melakukan fitness 3 kali dalam seminggu selama 4 bulan untuk mencapai target menurunkan berat badan sebanyak 15kg. Dan sebagainya.


  • Pemanasan 

Sebelum anda akan melakukan fitness, ada baiknya anda lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya otot-otot di dalam tubuh agar lebih fleksibel sehingga akan lebih siap untuk melakukan kegiatan fitness dan juga mengurangi resiko terjadinya cedera. Dengan melakukan pemanasan, otot-otot anda tidak akan mudah kram/tegang.


  • Gunakan Peralatan yang Sederhana


Ada banyak sekali peralatan yang telah disediakan di tempat fitness ini. Untuk anda yang masih pemula, ada baiknya menggunakan peralatan yang sederhana terlebih dahulu, dan sebaiknya setiap kali anda melakukan latihan menggunakan alat dampingilah dengan instruktur. Setelah latihan, catat juga riwayat latihan hal ini untuk mengontrol kegiatan fitness yang anda lakukan.


  • Istirahat

Pada saat melakukan fitness maka jangan terlalu memforsir tenaga anda untuk terus menerus melakukan latihan fitness tersebut. Anda juga perlu menyelingi kegiatan fitness dengan istirahat dalam setiap melakukan latihannya. Anda cukup istirahat selama 2 hingga 3 menit saja.


  • Pola Makan Sehat

Mengimbangi pola makan yang sehat pada saat menjalankan kegiatan fitness adalah salah satu hal yang tak bisa ditinggalkan. Misalnya saja dengan menghindari makanan yang banyak mengandung banyak lemak, lebih banyak konsumsi sayur dan buah, serta cukupi kebutuhan cairan tubuh minimal 8 gelas perharinya.

Dengan beberapa panduan tersebut di atas maka bisa dikatakan olahraga sebagai salah satu hiburan setelah seharian bekerja. Namun perlu diperhatikan juga bahaya olahraga yang berlebihan, karena di era seperti sekarang ini kebanyakan orang berolahraga tidak memikirkan perhitungan yang tepat. Terlalu bersemangat dan berlebihan dalam berolahraga juga tidak baik karena tubuh butuh istirahat.

Latihan fisik yang berlebihan untuk mengontrol berat badan juga memiliki bahaya yang serius, seperti berikut ini :

- Mudah Lapar

Cukup berbahaya juga apabila kita fitness setiap hari dan olahraga secara berlebihan, karena Hal ini akan menjadikan kita gampang kelaparan. Ingat bahwa tujuan dari fitnes adalah membakar lemak serta kalori. Jadi, ketika kita mengeluarkan keringat yang begitu banyak disaat ber-fitnes, maka hal ini dapat memicu rasa lapar datang lebih cepat dan juga mudah muncul.


- Gampang Terserang Sakit Perut

Tentunya hal ini juga berpotensi dialami oleh kita yang sebelumnya perut telah mengalami kram. Ketika perut kram dan kita terus memaksakan diri untuk fitness maka rasa mual, mulas dan diare bisa saja terjadi. Maka dari itulah, sebenarnya tubuh kita memerlukan istrahat dan berolahraga secara berlebihan kiranya itu tidak penting. Karena olahraga yang berlebihan tidak akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, malah bisa membahayakan tubuh dan menimbulkan gejala-gejala negatif lain


- Tidak Enak Badan

Memang benar bahwa daya tahan tubuh seseorang bisa meningkat jika melakukan latihan fisik. Salah satu caranya adalah fitness, namun olahraga yang satu ini juga bisa membahayakan bagi tubuh. Melakukan fitnes setiap hari hanya akan menjadikan tubuh drop serta akan muncul gejala umum berikut ini: 

  1. Terasa agak sesak nafas. 
  2. Akan mengalami bersin-bersin. 
  3. Hidung beringus atau secara terus-menerus mengeluarkan cairan. 
  4. Dada yang terasa dingin. 
  5. Tubuh juga terasa nyeri.

Jika sudah demikian, maka pilihan terbaiknya hanya ada satu hal yaitu absen melakukan fitness dan mulai beristirahat. Ini akan menjadikan tubuh anda terasa lebih baik. Berolahraga setiap hari mampu menimbulkan kondisi tidak enak badan, dan apabila sudah tidak enak badan masih dilanjutkan hal ini akan memperburuk kondisi tubuh anda.


- Nyeri Otot

Dengan melakukan olahraga setiap hari itu berarti memaksakan otot kita agar terus-menerus aktif. Akibatnya tentu bisa menjadikan otot mengalami rasa nyeri. Meskipun kita dipandu instruktur yang sudah profesional sekalipun, dengan memforsir otot dapat menjadikan nyeri ringan menjadi sangat parah. 

Rasa sakit akan terus meningkat dari waktu kewaktu, sehingga cara terbaik untuk mengatasinya yaitu berhenti sementara. Memutuskan untuk libur dari kegiatan fitness merupakan pilihan yang tepat bagi anda, sebab kita sama saja menghindari otot mengalami cidera yang lebih parah. Otot nantinya akan bertambah sakit jika kita memilih tetap berlatih fitness.


- Kualitas Tidur Berkurang

Fitness yang dilakukan rutin setiap hari bukannya menjadikan tubuh lebih bugar, justru sebaliknya. Insomnia atau sulit tidur dimalam hari bisa ditimbulkan oleh gejala fitness yang berlebihan. Tidur yang mulai tidak nyenyak bisa menjadi tanda awal bahwa latihan fisik yang anda lakukan terlalu berlebihan.

Fitnes maupun olahraga yang dilakukan dengan baik dan benar akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang, namun jika setiap hari berolah raga atau fitness maka hal ini dapat memberi efek sebaliknya. Kemungkinan pola tidur kacau dan berubah secara drastis sangat besar dikarenakan fitness setiap hari. Jika sudah demikian, maka istirahatkan fisik anda selama beberapa hari hingga pola tidur anda kembali nyaman dan enak.




Tips dari saya, selalu mulai dengan porsi moderat dan dengan perlahan. Tingkatkan porsi dan intensitas secara bertahap ketika tubuh anda sudah siap untuk itu. Tidak mengapa jika hari ini Anda hanya sanggup berlatih selama 10 menit sebelum mencapai target 30 menit perhari yang dianjurkan. Tingkatkan kemampuan fisik di luar jam latihan dengan memperbanyak jalan kaki, naik tangga, mencuci kendaraan sendiri, bebenah rumah dan aktivitas fisik lain.

Jika Anda terlalu malas untuk memulai, cobalah mencari jenis latihan outdoor, seperti bersepeda, hiking dan ski air, atau olahraga kompetisi, seperti badminton, sepak bola, futsal dan tenis. Latihan outdoor dan kompetisi lebih banyak disukai karena tidak membosankan dan ada tantangan di dalamnya.


Sebagai penyemangat, ajaklah teman atau saudara untuk berlatih bersama. Karena perlu anda ingat bahwa tubuh kita butuh olahraga, tubuh anda tidak dapat berbicara kepada anda, tidak dapat memohon kepada anda, namun tubuh anda akan bereaksi dengan menimbulkan pegal, sakit, lemas, lesu dan ekspresi tubuh lainnya, bila ekspresi tubuh yang merupakan bahasa komunikasi tubuh kepada anda tidak ditanggapi, tubuh akan memberikan reaksi yang lebih serius, sehingga anda harus mengeluarkan banyak biaya dan mengorbankan waktu, untuk mengatasinya. Jadi jangan tunda lagi, ayo kita mulai berolahraga!!

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang