Apakah Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari ?

Dilihat 244 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bahasa Indonesia mudah untuk dipelajari akan tetapi sangat sulit untuk dikuasai. Sangat mudah mempelajari dasarnya karena anda dapat berkomunikasi dengan menggunakan aturan yang sangat sederhana. Tidak ada penggunaan  bentuk kata kerja (tenses), tidak ada perbedaan kata ganti orang menurut jenis kelamin, dan pengucapannya memiliki hubungan satu sama lain sesuai dengan ejaannya. Untuk komunikasi yang sederhana, orang dapat mengerti anda bahkan jika apa yang anda ucapkan hanya merangkai kata-kata bersamaan. 


Menguasai bahasa Indonesia adalah pertanyaan lain. Strukturnya benar-benar berbeda dibandingkan bahasa-bahasa Eropa. Padanan kata pada perubahan kata kerja (verb conjuction) diperoleh melalui affiks (imbuhan) dan suffiks (akhiran) yang kompleks.  Kombinasi yang berbeda darinya akan mengatakan apakah anda melakukan sesuatu dengan disengaja, tidak disengaja, melakukan itu untuk orang lain, menolong seseorang untuk melakukan sesuatu, melakukan sesuatu hal pada orang lain, atau bahkan tidak ingin mengatakan siapa yang melakukannya pada anda. 


Yang membuatnya lebih rumit adalah bahwa berbicara bahasa Indonesia kadang-kadang sangat berbeda dari "standar" pengggunaan Bahasa Indonesia itu sendiri. Banyak anak muda Indonesia berbicara dengan logat Betawi yang dimodifikasi yang mana sangat dipengaruhi oleh Bahasa Jawa, Sunda, dan bahkan China (Hokkian). Bahkan jika anda memutuskkan untuk mempelajari bagaimana berbicara bahasa Indonesia dengan "baik dan benar", anda akan tetap terdengar aneh karena banyak orang yang berbicara bahasa Indonesia dengan logat Betawi. 





Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang