Apa sajakah resep makanan ringan yang bisa dimasak tanpa menggunakan api?

Dilihat 18,7 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memasak memang merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi jika itu adalah hobi. Berjibaku di dapur, menyiapkan bahan makanan, mengolah resep, menentukan menu yang akan dibuat atau membuat variasi masakan – bagi sebagian orang hal ini bisa memberi kebahagiaan. 


Namun bagi mereka yang tidak memiliki hobi memasak, apalagi bagi seorang pemula yang baru turun ke dapur, hal seperti ini bisa dianggap berat. Sebenarnya ada tidak resep makanan ringan yang dapat diolah tanpa harus repot menggunakan api?


Mereka yang tidak memiliki hobi memasak, tetapi ingin sekali membuat makanan dengan praktis tidak perlu khawatir, banyak kok resep makanan sederhana yang bisa diolah tanpa harus dimasak. Apalagi untuk ibu-ibu pekerja, pastinya ingin sekali memasak makanan yang praktis tanpa mengganggu rutinitas di kantor bukan? 


Nah, jika Anda penasaran, yuk gulir terus kebawah untuk mengetahui resep makanan ringan yang bisa dibuat sehari-hari tanpa perlu berjibaku di dapur ;)




Makanan dan Minuman Ringan yang Bisa Dibuat tanpa Dimasak



Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan dan minuman sederhana yang dapat kita olah tanpa dimasak menggunakan api:



  • Chutney 




Untuk membuat chutney (yang berupa campuran antara sayuran segar, buah-buahan yang manis dan asam, penyedap, serta saus berbumbu rempah-rempah), Anda dapat menggunakan alu dan alat penumbuk lumpang batu. Apabila Anda tidak memiliki alat-alat tersebut, Anda bisa menggilingnya dengan alat giling biasa. 


Untuk membuat cita rasa Chutney semakin istimewa, Anda dapat menambahkan bahan-bahan rahasia seperti kacang mede, nanas dan keju parut. Dijamin! Bahan-bahan yang tidak biasa ini dapat menambah sensasi rasa Chutney.



  • Milkshake 



Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat milkshake yang sempurna, yaitu: susu, krim segar atau yoghurt, gula dan bisa ditambahkan buah-buahan favorit Anda. Haluskan semua bahan tersebut secara bersamaan, lalu sajikan! Sungguh mudah bukan?. 


Membuat Milkshake tidak dibutuhkan persiapan yang rumit, oleh karenanya untuk menambah sajian milkshake agar lebih menarik, Anda dapat melakukan eksperimen dengan hiasan. 


Misalnya, hiaslah milkshake yang Anda buat dengan coklat dan jeruk. Kombinasi ini selalu berhasil dengan sukses! Beberapa variasi milkshake yang dapat Anda buat adalah milkshake mangga, milkshake buah-buahan kering (sapota), Milkshake Coklat atau Milkshake lemon manis.



  • Lassi 



Lassi adalah minuman yoghurt dingin dari India. Hampir sama dengan milkshake, namun perbedaan antara lassi dan milkshake terletak pada susunya. 


Anda bisa menambahkan lebih banyak susu atau yoghurt di resep asli ini. Beberapa orang juga menyukai minuman ini dengan ditambah bumbu-bumbu khas India seperti bubuk kapulaga dan kayu manis. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan berbagai macam buah atau menambahkan vanila segar yang bisa memberikan cita rasa yang berbeda. 



  • Kue Biskuit 


Resep makanan ringan yang satu ini terdengar menarik bukan? Ya, Anda bisa membuat kue biskuit tanpa menggunakan api. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini:


  • Hancurkan biskuit marie hingga halus, 
  • Ambil mangkuk dan tuangkan bubuk biskuit, susu, gula, dan mentega. Campur semua bahan tersebut dengan mixer. 
  • Tuangkan adonan ini di loyang, lalu hiasi dengan kacang almond dan pistachio. 
  • Setelah itu, masukkan ke dalam freezer dan bekukan selama 20-25 menit, lalu pindahkan ke bagian bawah kulkas untuk proses pendinginan selama satu jam. 
  • Potong kecil-kecil dan sajikan. 

Ketika membuat biskuit, Anda bisa menggunakan biskuit rendah kalori atau biskuit biasa lainnya. Saya sering menambahkan berbagai variasi rasa, seperti coklat, coklat hitam, vanila, kokoa, bahkan buah segar. Sebagai tips tambahan, apabila Anda ingin menambahkan buah segar, sebaiknya jangan gunakan biskuit marie rasa coklat ya..


 

  • Kulfi




Kulfi adalah es yang sangat laris di India. Kulfi dapat disiapkan dengan atau tanpa bantuan kompor. Membuat kulfi secara tradisional, dibutuhkan kompor untuk memanaskan susu dan bahan-bahan yang lainnya, namun kali ini saya akan berbagi resep membuat Kulfi tanpa menggunakan kompor. 


Langkah-langkahnya adalah:

  • Ambil mangkuk dan tuangkan susu kental manis dan susu cair dalam jumlah yang sama. 
  • Lalu, tambahkan bubuk kacang mede dan kacang pistachio. Aduk rata. Setelah itu, tuangkan ke dalam cetakan kulfi. 
  • Bekukan selama 5-6 jam. Jika Anda ingin menikmatinya, keluarkan dari dalam cetakan secara perlahan dan hati-hati. 

Anda dapat membuat kulfi dengan campuran buah. Masukkan potongan-potongan buah segar ke dalam adonan sebelum dituang kedalam cetakan. Buah-buahan ini akan memberikan sensasi menyegarkan.



  • Doodh Poha 



Doodh Poha adalah campuran antara susu dan nasi giling. Ini adalah makanan lezat yang mudah dibuat. Untuk membuat Doodh Poha, Anda harus merendam nasi yang sudah ditumbuk ke dalam air selama 30 menit atau lebih. 


Setelah nasi menyerap air dan sudah cukup mengembang, keluarkan, lalu campurkan dengan susu, gula, dan bubuk kapulaga. Anda dapat menyajikan Doodh Poha sebagai sajian sarapan. Sama seperti ketika Anda menyantap sereal, Anda dapat menambahkan buah segar atau buah kering ke dalam doodh poha. Dengan menambahkan buah-buahan segar dapat memberikan perbedaan rasa yang menonjol. 


Sebagai catatan: Walaupun tidak memberikan perubahan rasa yang signifikan, namun banyak orang menggunakan susu hangat dan menambahkan parutan kelapa ke dalam resep ini.



  • Chat Tomat Kering 



Chat merupakan masakan India yang populer. Setiap orang dapat menciptakan variasi yang berbeda tergantung selera masing-masing, namun pada dasarnya resep membuat chat sama saja. Variasi dalam membuat chat, tergantung pada kreativitas Anda. 


Variasi chat yang sering saya buat adalah seperti ini

  • Campurkan tomat kering dengan cacahan bawang putih dan kecambah.
  • Taburkan garam, chat masala, dan jus lemon di atasnya. 

Saya menggunakan tomat kering untuk memberikan rasa renyah, sedikit rasa asam dan getir. Saya juga mengganti channa tradisional dengan kecambah, yang memiliki nilai kesehatan yang lebih tinggi. Anda juga dapat mencampurkan resep ini dengan beberapa sendok makan yoghurt, yang akan memberikan sensasi rasa asam-pedas.



  • Shrikhand




Adalah makanan penutup khas India yang dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin, dimakan dengan roti atau kari sebagai hidangan pencuci mulut. 


Untuk membuatnya, Anda dapat ikuti resep berikut ini: 

  • Ambil mangkuk dan campurkan beberapa sendok makan hung yogurt, gula, dan bubuk kapulaga. 
  • Aduk adonan ini hingga merata dan encer. 
  • Pindahkan ke mangkuk yang lebih kecil dan masukan ke dalam kulkas.
  • Tambahkan hiasan seperti irisan kacang dan kunyit. 

Sangat praktis ya. Mudah dibuat dan cepat. Anda dapat bereksplorasi sesuai dengan selera Anda dan keluarga tentunya.

-

Itulah beberapa resep makanan sederhana yang dapat kita buat tanpa perlu berlelah-lelah di dapur ;). Memang tidak dapat dipungkiri memasak sendiri di rumah memang jauh lebih aman dan baik untuk kesehatan. Karena ketika kita memasak di rumah, maka kebersihan dapur, kebersihan alat-alat memasak, bahan-bahan yang digunakan, ataupun cara mengolah makanan dapat kita kontrol dan awasi sendiri. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda bisa praktekkan di rumah dimulai dari resep-resep ringan lalu berlanjut ke level makanan yang lebih berat ya ;) 


Selamat Mencoba!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang