Apakah benar kepribadian seseorang dipengaruhi oleh zodiaknya?

Dilihat 2,46 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap manusia memiliki sifat atau kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 


Bahkan, manusia yang dilahirkan kembar sekalipun pasti memiliki kepribadian yang berbeda Hal ini disebabkan karena manusia diciptakan Tuhan sebagai individu yang memiliki sudut pandang dan pemikiran tersendiri tentang sesuatu. 


Selain itu, kepribadian seseorang juga tumbuh disebabkan oleh beberapa faktor seperti lingkungan, kondisi fisik, daya tarik, kecerdasan, dan masih banyak lagi. 


Meskipun sebagian orang tidak percaya dan menganggapnya sebagai sebuah mitos, namun ada juga orang yang mempercayai bahwa kepribadian seseorang bisa dipengaruhi oleh zodiak masing-masing orang, benarkah demikian? 


Ternyata, memang ada ilmu khusus yang bisa menjelaskan hubungan antara kepribadian dan sifat zodiak seseorang. 


Sejarah zodiak


Asal Usul Zodiak


Zodiak sudah digunakan lebih dari ribuan tahun yang lalu, tetapi sejarah zodiak sendiri tidak diketahui oleh banyak orang. 


Zodiak adalah penamaan bintang seseorang yang ditentukan oleh waktu kelahirannya. Istilah zodiak sendiri berasal dari kebudayaan Yunani kuno yang menghitung pergerakan matahari di antara bintang-bintang setiap tahunnya. 


Penamaan simbol zodiak berasal dari yunani yang mengaitkannya dengan nama hewan, pahlawan, dan juga dewa-dewi Yunani yang wajib untuk diingat saat itu. Perhitungan ini disebut dengan lingkaran hewan yang akhirnya menjadi cikal bakal dari pembuatan tanda zodiak atau bintang yang mewakili nama setiap bulan dalam satu tahun. 


Zodiak semakin populer semenjak masyarakat Babilonia mempercayai bahwa zodiak bisa mempengaruhi kehidupan manusia, karena perhitungan zodiak didapat dengan berdasarkan pergerakan benda langit dan termasuk bumi. 


Jadi, apapun hal yang terjadi di bumi seperti gaya gravitasi, gerakan elektromagnetik bumi, pergerakan matahari, dan lain sebagainya akan mempengaruhi kehidupan manusia. 


Sehingga sejak saat itu, zodiak dipercaya bisa meramalkan masa depan seseorang berdasarkan dengan keadaan pergerakan unsur-unsur yang terdapat di langit dan bumi. Selain itu, zodiak juga dipercaya bisa mempengaruhi kepribadian seseorang. 


Waktu kelahiran ternyata bisa dijadikan sebagai patokan bagaimana sifat seseorang tersebut akan terbentuk ketika dewasa dan sekaligus juga bisa mengetahui tentang masa depannya melalui zodiak. 



Hubungan Zodiak dengan Kepribadian


Walaupun beberapa faktor yang lebih menguatkan terbentuknya kepribadian adalah lingkungan dan juga gaya hidup seseorang tetapi anda juga bisa mengaitkan faktor yang mempengaruhi kepribadian melalui zodiak. Hal ini berhubungan dengan empat elemen yang merupakan unsur-unsur alam diantaranya tanah, udara, api, dan air. 


Jika diperhatikan dengan cermat, ternyata empat elemen ini bisa mempengaruhi sifat seseorang dengan cara mengelompokkan zodiak kedalam keempat unsur alam tersebut. Pengelompokkan tersebut didasarkan pada kehidupan dari nama-nama zodiak tersebut yang bisa menjadi patokan yang menentukan sifat seseorang. 


Misalnya zodiak pisces digambarkan dengan bentuk ikan, ikan adalah hewan yang berhubungan erat dengan kehidupan di air, untuk itu zodiak pisces dikategorikan ke dalam elemen air. 


Berikut adalah sifat berdasarkan zodiak yang dikelompokkan berdasarkan empat elemen alam:


elemen tanah


  1. Tanah

Elemen tanah dikelompokkan untuk seseorang yang memiliki zodiak Taurus, Virgo, dan Capricorn karena ketiganya memang akrab dengan elemen tanah.


Sifat berdasarkan zodiak ini adalah menyukai sesuatu yang berhubungan dengan alam seperti kegiatan hiking, berkebun, memanjat tebing, dan yang lainnya. 


Orang yang lahir pada bintang-bintang tersebut selalu menyukai sesuatu yang terencana dan sangat membenci sesuatu yang tidak teratur dari biasanya, mereka memang orang yang tidak menyukai perubahan mendadak. 


Namun zodiak dengan elemen ini memiliki tingkat kepedulian yang tinggi, mereka selalu mendahulukan kepentingan orang lain tanpa merasa dirugikan. 



2. Udara


Orang yang memiliki zodiak dalam elemen ini memiliki sifat yang cenderung pendiam dan tenang dalam kesehariannya, tetapi bila sedang marah dia bisa mengeluarkan kata-kata yang sangat pedas dan menyakitkan. 


Mereka adalah orang yang selalu ingin mematuhi peraturan yang berlaku tetapi bisa juga bersikap toleran dan fleksibel. 


Sifat zodiak yang termasuk pada elemen ini menyukai hobi yang berhubungan dengan aktivitas fisik seperti berolahraga, berpetualang, dan senang pada sesuatu yang menegangkan. 


Zodiak yang masuk dalam kategori ini adalah adalah zodiak Gemini, Libra, dan Aquarius.


Sifat berdasarkan zodiak


3. Api


Elemen ini berlaku untuk mereka yang memiliki zodiak Aries, Leo, dan Sagitarius. 


Orang dengan zodiak dalam kategori elemen ini dikenal tegas dan lugas dalam menyampaikan pendapat walaupun pendapatnya dapat menyakiti perasaan orang lain. Mereka akan senang bila tahu mereka sangat dibutuhkan dan bisa menjadi motivator yang baik untuk menasehati orang. 


Hal yang paling disukai untuk menghabiskan waktu luang mereka adalah berenang, bersantai di pantai, atau berendam di air panas. 



4. Air


Zodiak yang termasuk dalam elemen ini di antaranya Cancer, Scorpio, dan Pisces. 


Sifak zodiak yang termasuk pada elemen air sangat tidak menyukai orang yang memiliki sifat pemarah dan tidak bisa mengendalikan diri. Hal yang paling disukai oleh mereka adalah semua hal yang berhubungan dengan air seperti berenang, memancing, dan juga berlayar menggunakan perahu. 


Selain itu, mereka juga memiliki sifat pelindung bagi orang-orang yang mereka cintai dalam hidupnya. 


-


Inilah yang memberikan kita penjelasan bahwa horoskop dan sifat manusia saling berhubungan


Kepribadian seseorang bisa dipengaruhi oleh zodiak yang mereka miliki karena berhubungan dengan empat elemen yang ada di bumi. Keempat elemen tersebutlah yang mengelompokkan sifat zodiak pada masing-masing orang. 


Selain kepribadiannya, berdasarkan keempat elemen tersebut kita juga bisa memprediksi warna kesukaan mereka, meskipun tentu saja tidak 100% benar. 


Yang jelas, masih banyak orang yang mempercayai hal ini dan mereka menggunakannya untuk menganalisis kepribadian seseorang untuk urusan tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang