Apakah berhenti makan nasi bisa mengurangi perut buncit?

Dilihat 1,94 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perut buncit memang menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Dewasa ini banyak orang sudah mulai sadar akan bahaya perut buncit dan mencari cara mengatasinya. Karena selain tidak elok dipandang, perut buncit juga meningkatkan resiko tubuh terserang penyakit tertentu. Oleh karena itu banyak orang mencari cara menghilangkan perut buncit mulai dari mengonsumsi ramuan herbal tradisional hingga mendatangi ahli gizi dan diet.


Diet sehat menurunkan berat badan antara lain bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Sebagai orang Indonesia kita sepertinya sulit meninggalkan nasi sebagai sumber karbohidrat dan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Sayang sekali, perkembangan teknologi membuat orang semakin sedikit beraktivitas fisik, padahal itu sangat dibutuhkan.


Cara menghilangkan perut buncit dengan demikian bisa dilakukan antara lain dengan mengurangi konsumsi nasi. Bahkan sekarang ini tak jarang orang yang berhenti makan nasi untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal, termasuk menghilangkan perut buncitnya. Tapi tentu saja diganti dengan karbohidrat dari sumber yang lain.


perut buncit


Bagaimana mengurangi lemak perut dan membentuk perut rata?


Berhenti makan nasi artinya mengurangi asupan karbohidrat untuk tubuh. Seperti diketahui, karbohidrat yang tidak secara efektif diubah menjadi energi akan menumpuk sebagai lemak di bagian-bagian tubuh tertentu terutama bagian perut. Maka dari itu jika Anda ingin mengurangi perut buncit, lakukan olah raga secara teratur untuk membakar lemak di perut atau kurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi.


Bagi orang Indonesia seperti kita, berhenti makan nasi tentu menjadi sesuatu yang sangat sulit karena nasi sudah lama menjadi makanan pokok. Bagi seorang bule atau orang dari budaya luar mungkin tidak masalah mengganti nasi dengan sumber lain seperti kentang, roti, labu, ubi dan sebagainya. 


Bahkan, bagi mereka yang tinggal di budaya yang lebih maju, porsi protein dibandingkan karbohidrat lebih banyak, juga makanan berserat dan mengandung vitamin dan mineral tinggi seperti sayuran, buah, dan biji-bijian.

Lemak perut bisa dihilangkan dengan menjalani diet sehat menurunkan berat badan


Diet sehat ini artinya Anda perlu memperhatikan pola konsumsi makanan sehari-hari dengan hanya memilih makanan yang sehat dan dalam porsi yang tidak berlebihan. Sebenarnya Indonesia sangat kaya dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat dari nasi putih


Sumber-sumber karbohidrat itu antara lain singkong, ubi jalar, talas, bentul, suweg, labu, kentang, sagu, jagung dan lain-lain. 


nasi putih


Dibandingkan nasi, mereka lebih kaya akan serat, mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Namun karena sekali lagi budaya sudah membuat kita sangat mengandalkan nasi, sumber-sumber selain nasi cenderung dianggap sebagai camilan saja. 


Bagi Anda yang ingin mengurangi lemak perut penyebab perut buncit, diet bebas nasi sangat membantu. Cobalah lakukan seminggu tanpa nasi dan Anda akan tahu hasil yang tidak pernah Anda duga. Bahkan beberapa orang yang mencoba melakukan ini kemudian cenderung mampu menahan diri dari makan nasi bahkan setelah program dietnya selesai.


Namun jika Anda ingin hasil yang maksimal, diet tanpa nasi ini sebaiknya diiringi dengan olah raga secara teratur. Sit up, push up, dan jogging bisa melatih otot-otot perut menjadi lebih kencang sehingga membentuk penampilan perut lebih rata alias six pack. 


Nasi memiliki indeks glikemia tinggi artinya nasi bisa meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat setelah Anda makan. Setiap makanan yang memiliki indeks glikemia tinggi menyebabkan makanan tersebut dengan cepat diubah menjadi lemak dan jika tidak digunakan bisa membuat tubuh lapar dengan cepat. 


six pack


Jadi ringkasnya begini:


  1. Nasi itu memiliki indeks glikemik tinggi
  2. Nasi menyebabkan kita sering lapar
  3. Nasi memberikan energi instan dan jika tubuh tidak memerlukan terlalu banyak energi akan diubah menjadi lemak dengan cepat.

Sebenarnya nasi tidak selalu membuat perut buncit. Ada banyak alasan mengapa seseorang memiliki perut buncit meski mengonsumsi nasi secara berlebihan juga memicunya. Antara lain yang menyebabkan orang bisa menjadi lebih gendut adalah pola hidup sedenter. 


Artinya jika Anda banyak melakukan aktivitas duduk dan kurang bergerak, lemak akan dengan cepat berakumulasi di sekitar perut terutama bagian usus.


Penyebab lain perut buncit bisa juga lantaran cacingan. 


Jaman sekarang sepertinya agak sulit mendapati orang yang masih menderita cacingan karena obat cacingan sudah tersedia secara mudah dan murah. 


Namun apa salahnya mencurigai cacing sebagai penyebab perut buncit Anda? Selain itu kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga berdampak pada penampilan perut yang tidak menarik.


makanan berlemak

Mana yang cocok untuk menghilangkan lemak di perut: berjalan atau bersepeda?


Olah raga apapun sebenarnya sangat bagus untuk menjaga proporsi lemak di dalam tubuh. Aktivitas berjalan, berenang, bersepeda atau olah raga yang lain membakar kalori menjadi energi sehingga secara langsung berdampak positif bagi bentuk tubuh kita. Lalu olah raga apa yang paling efektif untuk menghilangkan lemak di perut?


Jogging ataupun berjalan bisa efektif membakar lemak terutama di daerah paha dan perut. Saat kita berjalan seluruh anggota tubuh akan turut bergerak secara teratur dan pola seperti ini jika dilakukan secara rutin bisa membuat badan lebih sehat dan bugar. 


Beberapa ahli menyarankan berjalan di pagi hari selama sekitar setengah sampai satu jam secara rutin bisa membakar lemak tubuh sekaligus membuat hari kita lebih bugar.


Bagaimana dengan bersepeda? 


Bersepeda juga merupakan aktivitas yang cukup efektif membakar lemak tubuh. Coba perhatikan orang-orang yang setiap hari bersepeda untuk bekerja atau beraktivitas, tentu sangat sulit dijumpai mereka berperut buncit. Selain membakar lemak bersepeda juga mengencangkan otot-otot paha dan perut secara lebih efektif di samping meningkatkan keseimbangan otak.


Jadi, menurut saya bersepeda lebih cocok sebagai cara menghilangkan perut buncit secara maksimal. Cobalah setidaknya sekali atau dua kali seminggu secara rutin, apalagi jika didukung oleh program diet sehat menurunkan berat badan


buncit 2



Apakah ada obat-obatan untuk mengurangi perut buncit?


Tidak sedikit orang yang menginginkan cara cepat mengurangi perut buncit mulai dari mengonsumsi obat-obatan tertentu hingga melakukan operasi sedot lemak. Cara seperti ini agak kurang alami sebenarnya dan jika Anda benar-benar ingin melakukannya saya sangat menyarankan agar sebelumnya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.


Cara menghilangkan perut buncit menggunakan obat-obatan bekerja secara kimiawi di mana kandungan obat tersebut bekerja membakar lemak. Banyak obat seperti itu ditawarkan baik dengan atau tanpa resep dokter. Obat-obatan herbal tertentu diklaim memiliki efek samping yang minimal namun beberapa berpendapat bahwa keefektifannya tidak seperti obat-obatan modern. 


Sekali lagi, pastikan anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.


Diet sehat menurunkan berat badan sepertinya menjadi opsi yang lebih tepat pasalnya perut buncit itu timbul akibat kebiasaan yang tidak sehat. Demikian pula, bentuk badan yang ideal serta sehat juga terbentuk oleh kebiasaan hidup yang sehat dan teratur baik dari pola makan maupun porsi aktivitas fisik.


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang