Apakah berlari di treadmill sama dengan berlari secara langsung di jalanan?

Dilihat 1,72 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Berolahraga sebenarnya adalah salah satu kebutuhan penting yang harus dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Untuk menjaga keseimbangan tubuh kita, kita perlu berolahraga sedikitnya 2 kali dalam seminggu dengan masing-masing durasi 1 jam. 


Banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa anda lakukan mulai dari berlari, bermain sepak bola, bermain basket, loncat tinggi, senam dan bahkan fitnes di gym. 


Olahraga bagi sebagian orang juga berguna untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Banyak orang berusaha untuk meluangkan waktunya untuk berolahraga. Olahraga juga digunakan untuk program penurunan berat badan, karena selain pola makan olahraga merupakan bagian terpenting dalam program diet. 


Olahraga Lari


Sebenarnya banyak sekali jenis olahraga untuk diet yang bisa dilakukan semua orang, salah satunya yaitu berlari. Berlari adalah salah satu aktivitas olahraga yang cukup efektif membakar lemak dalam tubuh. 


Selain itu sebenarnya olahraga ini merupakan olahraga yang paling murah namun efisien dalam membakar kalori dalam tubuh anda. Manfaat lari untuk kesehatan tubuh bisa anda rasakan secara berbeda tergantung pada cara anda melakukannya. 


Semakin berkembangnya kecanggihan alat olahraga, kini sudah ada bermacam-macam alat fitnes elektronik yang fungsinya sama dengan aktivitas berlari di jalan. 


Ada dua cara lari yang menjadi favorit banyak orang, yaitu olah raga out-door atau berlari alam terbuka dan olahraga dirumah dengan menggunakan treadmill. 


Mari kita simak perbedaannya!



Perbedaan berlari di jalan dengan berlari di atas treadmill


Olahraga dengan berlari di jalan banyak dipilih oleh banyak orang selain sangat murah dan mudah, berlari di jalanan merupakan aktivitas olahraga yang sangat menyenangkan. Berlari di jalan juga bisa menghilangkan rasa penat dan menyegarkan anda dengan melihat pemandangan lingkungan sekitar dipagi hari. 


Jika anda berlari pada lingkungan luar yang identik, maka tenaga yang dikeluarkan akan sama jumlahnya. Namun persepsi yang menjadi catatan adalah bahwa berlari di jalanan membutuhkan lebih banyak tenaga karena berlari tidak sekonsisten seperti pada treadmill.


Berlari di atas treadmill

Fakta mengejutkan.


Meski treadmill adalah olahraga lari yang memudahkan penggunanya namun berlari di atas treadmill bersifat konstan. Treadmill yang merupakan olahraga dirumah ini tidak mendadak mengubah inklinasi atau kita tidak perlu mengkhawatirkan lubang dijalan yang tidak kita ketahui. 


Bandingkan dengan berlari di jalan, yang tidak konsisten. Tanjakannya kadang berubah dan ada batu kecil dan lubang yang harus anda hindari. Jadi kecepatan anda akan berubah secara konstan. 


Tentu saja hal ini membutuhkan lebih banyak tenaga karena anda harus mempercepat dan memperlambat yang sebenarnya tidak penting untuk dilakukan pada jarak yang jauh. 


Permukaan jalan juga sangat keras dibandingkan dengan treadmill yang didesain untuk selalu memberi anda pijakan yang nyaman. Karena itu jauh lebih menyakitkan untuk berlari di jalan. Rasa sakit adalah faktor yang besar yang mempengaruhi kelelahan karena kebanyakan orang bisa menghubungkan hal ini dengan efeknya terhadap tubuh. 


Jadi berlari di atas aspal lebih sulit ketimbang di atas treadmill


Namun bila ada yang bertanya, apakah berlari di atas treadmill bisa menurukan berat badan? Jawabannya iya. 


Namun berlari di atas treadmill tidak menghasilkan efek yang didapatkan dari berlari di jalan.

 
Solusi olahraga terbaik untuk diet

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jika anda melakukan treadmill 1 km tidaklah sama efeknya terhadap tubuh dengan berlari di jalan dengan jarak yang sama. 


Maka dari itu, banyak orang beranggapan berlari di atas treadmill lebih mudah dari pada berlari di jalan. Berlari di jalan yang tidak konstan membuat kita membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan berlari di atas treadmill. 


Maka bagi anda yang memang ingin cepat mendapatkan efek penurunan berat badan pilihlah olahraga berlari dijalan dari pada menggunakan alat olahraga dirumahHal ini karena terbukti bahwa berlari di jalan lebih cepat membakar lemak dari pada di atas treadmill. Berolahraga lari di jalan merupakan solusi pilihan terbaik sebagai olahraga untuk diet dan juga dapat menghilangkan stress. 


Namun jika ada faktor lain yang tidak mendukung anda berlari di jalan misalnya kodisi cuaca atau jalannya, anda bisa mempertimbangkan alat olahraga dirumah seperti treadmill untuk berolahraga. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang