Apakah berlari di treadmill sudah cukup untuk membakar lemak dan kehilangan berat badan?

Dilihat 2,71 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mempunyai berat badan yang berlebihan merupakan sebuah masalah bagi sebagian besar orang, apalagi untuk perempuan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, untuk sebagian besar orang memiliki badan besar dan gemuk dapat menurunkan rasa percaya diri.


Memiliki badan yang ideal dan sehat tentulah menjadi impian setiap orang. Terdapat berbagai metode dapat kita gunakan dari cara alami menurunkan berat badan sampai dengan metode yang instan entah itu menggunakan obat-obatan atau yang semacamnya. Banyak obat-obatan yang mengklaim bisa menurunkan berat badan secara instan memang, namun anda harus berhati-hati karena tidak semua obat tersebut aman dikonsumsi. Yang lebih buruk lagi obat-obatan tersebut bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan anda.


Dengan demikian, cara alami menurunkan berat badan merupakan pilihan yang terbaik. Berikut ulasannya saya berikan kepada anda sekalian. Silahkan simak hingga akhir ya!

galena cara menurunkan berat badan  



Menurunkan Berat Badan Secara Alami


Bagi sebagian orang, bentuk tubuh yang ideal mungkin hanya sekedar angan-angan saja. Namun seharusnya tidak demikian. Meski tidak mudah, menurunkan berat badan bisa dilakukan. Selain banyak menimbulkan masalah bagi kesehatan, kelebihan berat badan juga berpengaruh terhadap penampilan sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri, bahkan membuat minder. 


Untuk itu, menurunkan berat badan adalah salah satu solusi untuk masalah ini. Cara alami menurunkan berat badan merupakan cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk menurunkan berat badan. Banyak tersedia solusi lain seperti menggunakan obat penurun berat badan yang katanya ampuh dan aman, namun penggunaan obat ini tidak dianjurkan karena efek sampingnya bisa saja malah menimbulkan masalah lain untuk kesehatan.

galena cara diet alami


Pada dasarnya diet yang sehat adalah tentang mengelola pola makan, termasuk memilih jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Diet yang sehat adalah ketika semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. 


Nah, berikut akan saya bagikan kepada anda semua bagaimana cara alami dan sehat untuk menurunkan berat badan:


  • Mengatur pola makan. Jika anda ingin berat badan anda turun dengan cepat, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah mengatur pola makan anda. Mengatur pola makanan anda bisa dilakukan dengan cara membatasi jumlah asupan kalori anda tiap harinya. Pilihlah makan dengan kandungan kalori yang rendah. Sebisa mungkin kurangi makanan dengan kandungan garam dan gula yang terlalu berlebihan karena hal ini hanya akan mengganggu program diet anda.

    galena mengatur pola makan diet

  • Menentukan target tiap minggunya. Menentukan target kecil dan sederhana sangatlah penting untuk membuat anda tetap maju dan bisa fokus terhadap tujuan anda untuk berdiet. Selain itu, menentukan target realistis secara rutin akan membawa dampak yang positif kepada anda saat berhasil melakukannya.
  • Menghindari makanan berlemak. Ini lagi satu hal yang harus anda hindari jika anda ingin menurunkan berat badan anda. Hindari makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak, anda bisa menggantinya dengan sayuran atau buah-buahan.
  • Minum teh hijau. Riset membuktikan bahwa teh hijau mengandung catechin yang tinggi dan antioksidan yang dapat membantu memperepat proses pembakaran kalori. Mengkonsumsi teh hijau sebelum makan juga dapat mengurangi rasa lapar dan menghindari anda untuk makan berlebih.
  • Minum air putih yang cukup. Air putih memang sudah seperti kebutuhan utama bagi tubuh kita. Selain sehat dan menyegarkan, air putih dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.   

Membakar Lemak Dengan Olahraga


Menurunkan berat badan dengan cara diet memang bisa dibilang satu-satunya cara yang efektif. Memang bukan cara yang instan dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan bentuk tubuh sesuai yang kita inginkan. Namun jika anda benar-benar tekun dan konsisten dalam menjalaninya, hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil lagi.


Olahraga memang bisa dibilang cara membakar lemak yang efektif dan dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan anda. Seperti misalnya latihan kardio. Latihan kardio harian selama 1/2 jam per hari akan membakar kalori, meningkatkan stamina, meningkatkan sebagian massa otot, meningkatkan kejernihan mental, meningkatkan kepercayaan diri dan membantu anda lebih banyak bergerak di sisa hari anda. 


Bisa dibilang hal ini merupakan cara membakar lemak terbaik dan membantu anda menurunkan berat badan. Namun setiap orang berbeda dan respon terhadap tubuh mereka pun berbeda juga. Jika anda tak pernah berolahraga sebelumnya dan anda tiba-tiba mengawali kardio yang menantang mungkin akan sedikit berat, namun jika anda sudah melakukannya dalam waktu yang cukup lama dan rutin mungkin anda baru dapat merasakan hasilnya. Jika anda sudah cukup aktif, ekstra kardio tak akan ada bedanya. Apapun itu, terus lanjutkan melakukan kardio harian, karena manfaatnya pun melebihi dari apa yang anda bayangkan.


Bagi anda yang ingin mencoba latihan kardio untuk membakar lemak, berikut beberapa latihan kardio yang mudah dan bisa anda lakukan di rumah:

  • Mengawali dengan gerakan arm circle

    galena gerakan arm circle


    Sebelum anda mengawali latihan kardio, jangan lupa untuk melakukan beberapa pemanasan singkat untuk mencegah terjadinya cedera. Setelah itu, barulah anda bisa memulai gerakan arm circle dengan memutar kedua lengan. Caranya mudah sekali, anda hanya perlu berdiri tegak, rentangkan kedua tangan anda setelah itu putar sesuai arah jarum jam. Gerakan sederhana ini dapat membantu untuk menghilangkan lemak pada lengan anda.

  • Gerakan high knee skip

    galena gerakan high knee skip

    Gerakan lainnya adalah gerakan high knee skip yang dapat menghilangkan lemak serta memperkuat betis dan paha. Gerakan high knee skip merupakan gerakan melompat sambil mengangkat lututmu dengan tinggi, terus ulangi selama 1 menit dan lakukan secara rutin tentunya.

  • Gerakan squat tap
    Gerakan ini sama seperti gerakan squat yaitu, gerakan jongkok dengan menekukan kedua lutut anda sambil menyentuh lantai kemudian kembali ke posisi awal berdiri tegap. Terus ulangi gerakan ini selama 1 menit untuk membantu membakar lemak di perut anda serta paha yang ramping.

  • Plank

    galena gerakan plank


    Gerakan plank ini merupakan gerakan kardio yang efektif jika kamu ingin membakar lemak di tubuhmu. Tidak hanya membantu menghilangkan lemak di perut, tapi juga lemak pada paha serta di lengan. Gerakan ini merupakan suatu gerakan yang mepertahankan posisi seperti push up dengan beban tubuh bertumpu pada lengan, siku, dan kaki. Posisi lengan harus sejajar dengan bahu dan posisi tubuh lurus dari kepala sampai ke kaki (tidak melengkung). Untuk anda yang baru pertama kali mencoba plank, anda bisa mengawalinya dengan menahan posisi tersebut selama 20 detik. Setelah itu anda dapat menaikkan durasi latihan anda setiap harinya sampai 5 menit. Manfaat lain yang anda bisa dapatkan dari plank adalah, dapat memperbaiki postur tubuh, meningkatkan performa olahraga, mengurangi nyeri punggung dan bahu, mencegah osteoarthrithis serta nyeri sendi lainnya. 

Meskipun latihan kardio merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan, namun ada kesalahpahaman terjadi. Untuk sebagian orang, latihan kardio malah tidak menurunkan berat badan namun yang terjadi malah sebaliknya. 


Beberapa orang menggabungkan latihan kardio dengan angkat beban. Latihan kardio seperti berlari di treadmill memang efektif untuk membakar lemak, namun tidak jika digabungkan dengan angkat beban. Karena jika anda melakukan keduanya secara bersamaan, resikonya latihan beban yang anda lakukan menjadi sia-sia karena energi anda habis terpakai pada latihan kardio. Jika anda ingin melakukan keduanya, akan lebih baik jika anda melakukannya pada hari yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


-


Itulah beberapa hal yang saya bisa bagikan kepada anda tentang cara menurunkan berat badan untuk anda yang ingin mendapatkan postur tubuh ideal. Mengurangi porsi makan dan mengatur pola makan anda memang merupakan cara yang bagus untuk menurunkan berat badan, namun jika hal ini tidak dibarengi dengan olahraga yang rutin, tentu saja akan sulit dan akan memakan waktu yang cukup lama. Biasakan diri anda untuk berolahraga karena selain dapat membakar lemak, hal ini juga bagus untuk kesehatan anda.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang