Apakah berlari mengurangi perut buncit? atau adakah metode yang lebih baik untuk mengurangi lemak di abdomen bagian bawah dan area dada?

Dilihat 522 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Reaksi kimia kompleks menentukan dimana lemak akan disimpan di dalam tubuh, begitu juga dari mana lemak tersebut akan dihilangkan. Jenis-jenis latihan yang anda lakukan untuk membakar kalori tidak serta merta langsung mempengaruhi hal ini, tapi ada satu yang secara tidak langsung, namun sangat penting, jalur yang terlibat yang mungkin memiliki efek signifikan. Yaitu melalui pengaruh terhadap tingkat stress anda, yang bisa berperan penting dalam menentukan dimana lemak itu disimpan dalam tubuh anda.


Orang-orang yang memiliki bobot berlebih di tubuh bagian tengah dikenal sebagai 'apel' untuk alasan visual yang jelas terlihat, sebaliknya mereka yang disebut 'pir', adalah yang berat badannya lebih ke bagian bawah, di sekitar pinggul mereka. Apel membawa semua risiko penyakit jantung yang terkait dengan overweight, sedangkan pir tidak. Apel dibedakan dari pir secara statistik berdasarkan peningkatan kadar glukokortikoid (yang paling dikenal dengan kortisol). Hubungan kausal antara stress terhadap kadar glukokortikoid hingga ke lemak di bagian tengah itu berjalan kuat dan proses biokimia dibaliknya juga dipahami secara penuh (itu terkait pada relatif resistansi insulin atas sel-sel lemak di tubuh bagian tengah dibandingkan bagian lainnya). Mungkin tidak sama kuatnya, namun tampak intuitif, bahwa mengurangi stress seharusnya memiliki efek kebalikan dan menghilangkan lemak dari tubuh bagian tengah secara disproporsional sebagaimana berat badan juga turun.


Jadi kunci agar tubuh anda tidak  mengalami penumpukan lemak di lokasi itu adalah dengan menurunkan glukokortikoid anda dengan cara menurunkan tingkat stress anda. Dan berlari adalah pereda stress yang baik, mungkin yang terbaik yang pernah saya ketahui! Jadi, ya, menggabungkan aktifitas lari ke delam perencanaan anda untuk menyerang lemak di tubuh bagian tengah adalah ide yang bagus, dan seharusnya akan sangat membantu.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang