Apakah berlatih Tinju saja sudah cukup untuk pertahanan diri di jalan, yang mana sekarang ini semakin banyak orang berlatih MMA atau TMA (seni bela diri campuran), dan bahkan preman di jalan pun mungkin memiliki beberapa pengetahuan tentang MMA atau TMA (dari menonton TV) ?

Dilihat 444 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1


Terlepas dari film tentang pertandingan MMA (Mixed Martial Arts) , preman jalanan juga menonton film Dragon Ball Z dan Chinese Martial Art dan banyak macam jenis lainnya. Jadi menurut anda, preman-preman tersebut pasti sudah mengetahui tentang jurus Kamehameha atau teknik super rahasia Kung Fu, yang usianya setidaknya sudah 1000 tahun dan menantang fisik di setiap levelnya


Baiklah itu hanya lelucon :)  Saya ingin menjelaskan bahwa belajar mengenai MMA (seni bela diri campuran) atau seni bela diri lain membutuhkan waktu bertahun-tahun latihan , dan belajar ilmu bela diri itu tidak pernah ada akhirnya. Orang-orang yang berpikir bahwa mereka bisa belajar ilmu bela diri hanya dengan menonton video, membaca buku atau meniru Jet Li dan Tony Jaa, mereka itu sebenarnya sedang berkhayal dan sedang menuju ke suatu masalah. 

Tidak ada namanya pembelajaran, atau setidaknya belajar yang tepat, tanpa pelatih yang berkualitas. Pemain tingkat atas seperti Anderson silva, Bas Rutten, Vitor Belfort, Chris Weidman, Ronda Rousey dan lain sebagainya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyempurnakan teknik tertentu.


Kembali ke pertanyaan, apakah tinju merupakan bentuk pertahan diri yang terbaik yang anda harus pelajari untuk melindungi diri di jalan. Bisa jadi, alasannya :

  • Percaya atau tidak, sebagian besar perkelahian di jalanan target pemukulannya ditujukan dekat bagian tertentu, yaitu bagian yang bisa di capai oleh lengan. Anda sama sekali tidak punya kesempatan yang cukup untuk menendang. Tendangan mecolok yang anda lihat dalam film-film sama sekali tidak bisa dilakukan.
  • Banyak orang berpendapat bahwa tendangan lebih kuat daripada pukulan, tetapi pukulan jauh lebih cepat daripada tendangan, dan ketika berada di jalan-jalan yang sempit, kecepatan adalah sesuatu yang anda butuhkan karena mereka yang mendaratkan serangan pertama kali, memiliki probabilitas yang sangat tinggi untuk menang.
  • Menendang lawan adalah manuver yang sangat berisiko, karena jika orang lain menangkap kaki anda, maka posisi anda akan berakhir di tanah, yang mana itu merupakan posisi yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun.
  • Tinju, tidak seperti banyak disiplin ilmu bela diri lainnya, kondisi tubuh anda harus benar-benar baik, karena di dalam tinju saling bertahan dan menyerang, dimana orang saling memukul satu sama lain. Tubuh harus dipersiapkan untuk bertempur.


Satu hal yang penting, untuk petinju adalah harus mempunyai stamina yang benar-benar kuat. Tentu saja olah raga bela diri yang lainnya juga mengajarkan anda untuk bertarung dalam jangka waktucukup lama, tetapi stamina yang dibutuhkan untuk petinju tidak seperti yang lain. Tinju Profesional memiliki 12 ronde, setiap ronde berlangsung 3 menit. Sehingga totalnya adalah 36 menit .


Jadi kesimpulannya, preman yang berpikir mereka ingin belajar MMA hanya dengan menontonnya di TV , sebenarnya mereka sedang berlaku kejam terhadap diri mereka sendiri, dan jika seseorang berfikir petinju adalah target yang mudah ditaklukan ,buktinya mereka tidak pernah sekalipun mencoba melawan si tangan besi “Mike” Tyson.


 

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang