Apa manfaat bermain game dalam kehidupan sehari-hari?

Dilihat 978 • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

manfaat bermain game


Kamu suka bermain game? Game seperti apa yang kamu suka? Casual game yang mengasah otak seperti Hardest Game Ever dan Brain Wars di smartphone, MMO-RPG, game balapan, game perang dan strategi terkenal seperti Call of Duty dan Splinter Cell, game musik, atau mungkin visual novel?


Apapun jenis game kesukaanmu, pasti kamu merasakan kepuasan dan kegembiraan ketika memainkannya, kan?


Bagi orang-orang yang kurang suka bermain game, memang tampaknya game hanya membawa pengaruh buruk seperti lupa waktu, tidak bisa lepas dari gadget, tidak bisa menentukan prioritas, dan segala macam hal negatif lainnya. Tapi apa iya manfaat bermain game sama sekali tidak ada?


Saya pribadi adalah pecinta game dan secara subjektif tidak setuju dengan pendapat yang menganggap bahwa game dipenuhi hal negatif. Segala hal di dunia ini pasti memiliki dua sisi, ada hitam dan putih, begitu juga dengan game.


manfaat bermain game


Contoh paling mudah dari manfaat bermain game adalah membantu kita belajar bahasa Inggris karena hampir bisa dipastikan bahwa instruksi dan cerita dalam sebuah game yang sudah dirilis secara internasional pasti berbahasa Inggris agar bisa dimainkan oleh orang di seluruh dunia.


Segala jenis game, dari tetris hingga game action terbaik Assassin's Creed pasti memiliki manfaat. Nah, apa sajakah manfaatnya? Mari simak penjelasan saya berikut ini!



Manfaat Bermain Game dalam Kehidupan Sehari-Hari



Setiap genre game memiliki kelebihan dan sisi positifnya tersendiri. Manfaat yang kita dapatkan dari game musik tentu berbeda dengan game perang, kan?


Ada beberapa manfaat bermain game yang mungkin tidak kamu sadari, tapi sebenarnya telah membantu kita dalam kehidupan pribadi dan sosial sehari-hari. Saya tidak akan membahas manfaat umum seperti menghilangkan stress, mari kita kupas sisi positif game lebih dalam lagi!


Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:


manfaat bermain game

  • Meningkatkan Kerja Sama Tim dan Kepercayaan Terhadap Teman

Manfaat ini akan kamu dapatkan dari game RPG dan MMO-RPG, baik yang berbasis Android dan iOS maupun game PC. Dalam game dengan jenis seperti ini, kamu harus memiliki sebuah tim, baik terdiri dari teman-temanmu sendiri di dunia nyata ataupun orang asing. Dalam suatu titik kamu pasti harus bekerja bahu-membahu dengan teman satu kelompokmu untuk melawan final bos ataupun kelompok lain.


Untuk menang, mau tidak mau kamu harus mempercayai temanmu dan berbagi tugas. Tidak mungkin kamu mampu melakukan segalanya sendirian, harus ada saling melindungi dan mendukung satu sama lain. Hal ini akan terbawa ke dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial. 


Selain itu, kamu juga akan terus berkomunikasi dengan orang lain dan tidak akan merasa kesepian. Dengan game ini juga kamu akan belajar untuk sabar dan memaafkan orang lain, tidak salah kalau e-sport mulai dijadikan mata pelajaran wajib di berbagai sekolah.


manfaat bermain game

  • Melatih Refleks dan Kecepatan

Bagaimana bisa? Dalam game first person shooter, kamu akan dilatih untuk memiliki gerakan refleks dan berpikir secara cepat. Ketika musuh tiba-tiba muncul di hadapanmu, apa yang akan kamu lakukan? Lari, menembaknya, mengeluarkan granat? Semuanya membutuhkan kegesitan dan refleks yang sigap.


Manfaat ini juga akan kamu dapatkan dari game musik atau rhythm game. Matamu akan terlatih untuk menangkap gerakan yang sangat cepat dan syaraf motorikmu akan terbiasa untuk melakukan gerakan yang tidak diduga-duga. Selain itu, otakmu juga akan mampu melakukan dua kegiatan yang berbeda secara bersamaan.


Mengapa demikian? Dalam rhythm game, seringkali tangan kiri dan kanan diharuskan melakukan gerakan yang berbeda. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan otak kanan dan kiri yang seimbang. 


game yang mengasah otak


  • Melatih Kemampuan Otak

Ada beberapa game mengasah otak yang saya sukai, yang paling populer adalah Brain Wars. Dalam game ini, kamu akan melawan pemain lain dan adu tangkas dalam bidang matematika, kecepatan, ingatan, refleks, hingga (terkadang) fisika. Di Brain Wars, kamu dapat melihat bidang apa yang merupakan keahlianmu dan aspek mana yang harus ditingkatkan.


Apakah ada sisi negatif dari game seperti ini? Tentu ada, misalnya baterai hand phone yang cepat habis :D


Bukan promosi, tapi saya akui kemampuan menghitung saja jadi semakin cepat setelah secara konsisten memainkan game ini selama beberapa minggu. Perkalian dan penjumlahan yang sebelumnya membutuhkan waktu semenit, saya bisa menyelesaikannya dalam waktu beberapa detik saja.


Game seperti ini juga bermanfaat untuk adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah. Belajar matematika tidak lagi sekedar menggunakan sempoa atau di kertas buram, dengan game mereka tidak akan bosan dan mungkin akan lebih bersemangat.



manfaat bermain game

  • Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Mungkin ini adalah manfaat bermain game yang cukup umum, namun berbahasa yang saya maksud bukan sekedar bahasa Inggris.


Setiap negara pasti memiliki game yang tidak dirilis secara internasional dan tidak mengijinkan pihak lain untuk menerjemahkan konten dalam game tersebut ke dalam bahasa Inggris, misalnya Jepang. Jepang memiliki banyak game yang hanya bisa dinikmati oleh orang Jepang atau orang-orang yang menguasai bahasa Jepang, misalnya SINoALICE.


Memainkan game yang tidak diterjemahkan tentu akan berguna bagi orang yang sedang mempelajari bahasa tersebut, kita akan dipaksa membuka kamus dan mengingat beberapa kosakata yang tidak umum.


Beberapa negara yang sering merilis game seperti ini adalah China, Rusia, dan Korea. Tinggal pilih, bahasa apa yang sedang atau ingin kamu pelajari?


manfaat bermain game

  • Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Siapa bilang visual novel atau dating simulator semacam The Sims tidak memiliki sisi positif? Dalam kedua jenis permainan ini, kita baru bisa mendapatkan akhir cerita yang baik atau tokoh yang kita inginkan jika kita memilih ucapan-ucapan dan melakukan tindakan-tindakan yang tepat.


Game PC dan game Android yang membuatmu ketagihan biasanya adalah yang bergenre seru dan mendebarkan. Tapi dengan game ini kita belajar menyenangkan hati orang lain, belajar memahami karkater dan sifat orang, memperhatikan keinginan dan kenyamanan lawan bicara, serta tidak memaksakan kehendak kita sendiri. Game jenis ini mungkin game perang dan strategi, tapi cocok untuk orang-orang yang santai dan menikmati sebuah proses sosial.


manfaat bermain game

  • Belajar Mengambil Keputusan dan Menerima Konsekuensinya

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis game, mulai dari tetris hingga MMO-RPG.


Dalam tetris, jika kamu lambat dalam memutuskan letak balok yang baru dan salah menempatkannya, maka marah apabila tumpukan tetrismu semakin tinggi dan permainan berakhir dengan cepat.

Dalam RPG juga demikian, jika kamu menggunakan emas atau diamond-mu hanya untuk mengganti nama profil atau memperkuat senjata yang salah, jangan marah kalau kamu terus-terusan berada di level noob.


Dengan demikian, game-game ini secara tidak langsung mengajarkan kita tentang makna prioritas, apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, mana yang bisa kita lakukan belakangan dengan terus mempertimbangkan akibat atau konsekuensinya.


Hal ini tentu bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan sisa uang 50.000 rupiah, mana yang lebih penting, makan selama 3 hari atau segelas kopi Starbucks?



--


Masih ada banyak lagi manfaat bermain game yang tidak saya sebutkan di sini, dan mungkin kamu sudah menyadarinya sekarang.


Segala sisi positif ini memang tidak akan berguna jika kamu menghabiskan waktumu sepanjang hari untuk menatap layar gadget, kamu tidak akan punya waktu menerapkan sisi positifnya dan akhirnya kamu adalah bukti dari stigma negatif terhadap para gamers.


Mungkin ini adalah saatnya untuk membuktikan bahwa gamers adalah orang-orang yang sukses juga dalam kehidupan sosial dan bertanggung jawab, tunjukkan bahwa gamers bukan sekedar sekumpulan anak-anak dekil tidak tahu aturan yang menggerombol di warnet tanpa kenal waktu.


Di Amerika atau negara Barat lainnya mungkin gamers tidak lagi dipandang negatif, tapi belum demikian dengan Indonesia. Masih cukup panjang langkah untuk membuktikan bahwa game bukanlah hal yang sepenuhnya negatif di negara ini.

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang