Apakah berolahraga di gym pada pagi hari lebih baik daripada sore atau malam hari?

Dilihat 8,67 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kesibukan seringkali memaksa seseorang hingga tak punya waktu untuk berolahraga. Beberapa diantaranya sampai melakukan olahraga sebelum tidur agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Di zaman modern saat ini, banyak alat-alat olahraga yang dipasarkan. Hal tersebut mempermudah dan terhitung cukup praktis bagi yang berminat melakukan olahraga.


Akan tetapi, kepraktisan dan fungsi dari alat tersebut membuat harga jual di pasaran sangat tinggi. Meskipun begitu, bagi anda yang ingin mencoba alat-alat tersebut, namun kantong tak memadai, pemecahan masalah yang terbaik adalah dengan pergi ke gym. 


Di sana, anda bisa memilih waktu yang tepat untuk olahraga sesuai dengan jadwal anda. Selain itu, anda bisa menggunakan seluruh alat yang ada di sana dan jika anda mau, anda juga bisa dipandu dengan instruktur yang berpengalaman. Tidak perlu khawatir sendirian, karena kemungkinan besar anda akan mendapat banyak teman dari gym. 


olahraga di gym



Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Fitness


Fitness sangat bermanfaat dalam pembentukan otot dan menjaga kebugaran. Agar anda mendapat manfaatnya dengan hasil yang maksimal, sebaiknya anda melakukannya dengan rutin. Pada umumnya orang berpendapat bahwa fitness hanya bertujuan untuk membentuk otot dan badan yang kekar. Padahal itu semua bisa diatur berdasarkan dengan apa yang menjadi tujuan anda melakukan fitness. 


Beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut:


  • Menentukan tujuan dari fitness. Tujuan anda akan membantu anda untuk memilih latihan yang bagaimana yang seharusnya anda lakukan. Anda mungkin lebih sering mendengar tujuan orang fitness untuk menurunkan berat badan.
  • Sebelum memulai latihan utama, lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit terlebih dahulu. Tujuan dari pemanasan ini adalah mengurangi resiko cedera otot.
  • Ikuti petunjuk dan arahan instriktur anda, jika anda menggunakan jasanya untuk melatih anda.
  • Jangan latihan terlalu berlebihan. Tak peduli seberapa besar keinginan anda untuk mencapi hasil yang maksimal, jangan mencoba untuk berlatih secara berlebihan. 
  • Atur pola makan anda

waktu yang tepat untuk olahraga



Kapan sebaiknya kita melakukan olahraga?


Ada beberapa penelitian yang mengungkap kapan waktu yang tepat untuk olahraga, berikut adalah hasil dari penelitian tersebut:


1. Pagi hari

Clinic, Arizona, Amerika Serikat melakukan penelitian yang mengatakan bahwa berolahraga saat pagi hari dapat meningkatkan semangat dalam beraktivitas di setiap harinya. Hal ini sangat membantu dibandingkan dengan tidak melakukan olahraga sama sekali. Tak hanya itu, kalori yang dibakar akan menjadi lebih banyak saat melakukan olahraga di pagi hari, jika metabolisme anda dalam kondisi baik.


2. Sore Hari

Pada pukul 4-5 sore hari, tubuh manusia berada di titik paling tinggi, sehingga otot menjadi lebih fleksibel dibandingkan di waktu lainnya. Hal tersebut membantu anda untuk menghasilkan energi lebih banyak serta membuat olahraga yang anda lakukan menjadi lebih mudah.


3. Malam Hari

Apabila anda melakukan olahraga pada pukul 7-8 malam atau waktu sebelum anda tidur dapat meningkatkan pertumbuhan otot menjadi lebih sempurna. Hal itu dikarenakan setelah anda melakukan olahraga malam, anda langsung beristirahat dan tidak melakukan aktivitas yang lainnya.


Saya seorang insinyur yang bekerja 8 hingga 10 jam sehari (kadang lebih). Bodybuilding dan aktif berolahraga juga merupakan passion saya. Saya mengawali dengan latihan kardio eksplosif 30 menit (jika kaki saya sakit akibat latihan sebelumnya saya akan melewatkan kardio) atau HIIT untuk membakar lemak dan normal kardio hanya untuk pemanasan. Kemudian saya beralih ke angkat beban. 


tujuan olahraga


Saya melatih satu kelompok otot satu hari pada sesi latihan pagi dan sesi latihan sore, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika saya ingin membakar lemak, secara pribadi waktu yang tepat untuk olahraga adalah pagi hari, ketika tubuh saya akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar dan saya memang lebih suka melakukannya saat pagi. 


Kira-kira saya berlatih selama 1,5 jam hingga 2 jam lalu saya sarapan sedikit dan pergi bekerja. Saya merasa segar dan aktif (dengan sebuah hiperaktif kopi) dalam pekerjaan setelah berlatih. Tapi saat saya mulai berlatih di pagi hari, selama beberapa hari saya merasa mengantuk setelah makan siang dan di sore hari. 


Lalu saya berjalan sebentar di dalam kantor. Setelah beberapa hari saya tak merasa letih atau kantuk dan tubuh saya sudah beradaptasi dengan ritmenya. Dalam 4 bulan saya menurunkan lemak tubuh saya dari 20% menjadi 8%.


Saat saya pergi ke gym sepulang kerja, saya punya lebih banyak energi untuk mengangkat beban yang berat dan berlatih keras dalam olahraga sebelum tidur. Energi ini datang dari makanan yang saya konsumsi saat tengah hari. Ini yang tidak akan anda dapatkan pada sesi latihan pagi hari. Saya akan menyarankan ini saat anda ingin menjadi lebih besar atau menaikkan berat badan. Saya juga akan mengonsumsi sedikit kreatin jika saya ingin membentuk otot atau menjadi lebih besar. Tapi dietnya tetap sama. Saya tidak berkompetisi jadi saya tak punya tekanan waktu apapun. Jadi diet saya begitu ketat. Saya juga akan melakukan olahraga lain seperti bouldering, panjat, berenang atau bermain bola, dll.



Saya tak mengikuti atau tak mampu mengikuti 6 kali makan per hari seperti seorang atlit fitness profesional atau seorang bodybuilder.

Rencana diet saya adalah sebagai berikut:

  • Saat pagi saya minum air sebelum latihan dan sesudah latihan - sedikit sereal dan oat dengan selai kacang dan sebuah pisang (dipotong-potong dan dicampur dengan sereal), kadang-kadang bagian putih telur rebus dan roti bakar. Terkadang saya meminum kopi pada saat mendekati siang hari.
  • Makan siang saya lakukan pada jam 12.30, berupa daging atau ayam atau ikan (dari menu kantin kantor) dengan sedikit nasi dan semangkuk sayuran.
  • Sore sekitar jam 3.30, sebagai snack, kadang saya memakan sebuah apel atau pisang dengan wafel beras. 
  • Makan malam saya sekitar jam 7.30 atau 8, berupa sedikit salad, telur dan nasi atau apapun itu yang tersedia kadang-kadang dada ayam, steak, dll.

Hal yang perlu dihindari adalah apapun yang digoreng dengan minyak seperti kentang goreng, makanan cepat saji, keju, mentega, yogurt tinggi lemak, dll. Ingat, makanan yang dimakan mempengaruhi hasil olahraga anda. Jika saya pergi ke sebuah pesta saya mengambil beberapa bir lalu keesokan harinya saya akan melakukan lebih banyak kardio dan mengikuti diet ketat.


waktu fitness yang baik


Untuk kesimpulannya, seseorang harus mencoba rencana yang berbeda dan disiplin terhadap satu rencana tersebut untuk hasil yang lebih baik. Saya bisa mengatakan bahwa rencana di atas adalah yang terbaik bagi saya. Semua tergantung dengan apa tujuan anda melakukan fitness. 


Ada juga yang mengatakan bahwa waktu dalam melakukan olahraga, tidak akan terlalu mempengaruhi hasilnya, kapanpun waktunya akan membuat hasil yang sama. Anda harus mencobanya untuk mengecek apakah itu cocok untuk anda atau tidak.



Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang