Apakah buah naga bagus untuk demam berdarah dengue?

Dilihat 1,63 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kita semua tahu bahwa buah-buahan memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam setiap jenis buah terdapat banyak kandungan manfaat yang bisa berupa berbagai jenis vitamin, mineral, serat, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa di antaranya memiliki khasiat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya. 


Siapa yang tidak kenal dengan buah yang memiliki kulit seperti sisik naga? Buah naga adalah buah yang memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa membuat siapa saja merasa segar saat menyantapnya. Selain itu, khasiat buah naga juga tidak perlu diragukan lagi dalam menjaga imunitas sistem tubuh manusia. 


Buah naga juga dipercaya bisa menjadi obat demam berdarah yang sangat ampuh. Yuk kita simak apa saja manfaat dari buah naga!


Khasiat buah naga



Siapa itu Buah Naga?


Buah naga sebenarnya berkerabat dengan tanaman kaktus yang berasal dari marga selenicereus dan hylocereus. Tidak banyak yang tahu bahwa buah berkulit merah ini berasal dari negara Eropa yaitu Amerika tengah, tepatnya di Kota Meksiko. Hingga saat ini buah naga telah menyebar hampir diseluruh dunia termaksud negara-negara di Asia. 


Karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, buah ini sering menjadi primadona apalagi di saat musim panas menjelang karena khasiatnya yang bisa membuat membuat kita terhindari dari dehidrasi. 


Seperti yang kita tahu bahwa ada beberape jenis buah naga yaitu buah naga yang berdaging merah dan putih. Tetapi jika ditanya tentang khasiat keduanya, kedua jenis buah naga tersebut memiliki khasiat yang sama. Selain rasanya yang enak, buah naga ini juga begitu mudah dikenal karena namanya yang unik menyerupai bentuknya. 


Ya, buah naga memiliki bentuk seperti sisik naga yang berwarna merah, sehingga mungkin penamaan ‘buah naga’ sendiri berasal dari bentuknya yang menyamai sisik naga. Tekstur daging buah naga sangat berbeda dengan bagian kulitnya, di dalamnya anda akan menemukan tekstur daging buah yang lembut dan mengandung begitu banyak air. Di seluruh bagian buah juga terdapat bintik-bintik hitam menyerupai biji selasih. Rasa buah naga sendiri akan terasa manis jika anda tepat mengkonsumsinya saat keadaannya matang sempurna. 


Cara mengetahui ciri-ciri buah naga yang matang sempurna adalah dengan melihat warna kulitnya. Jika anda mendapati kulit buah naga yang keseluruhannya berwarna merah berarti buah naga tersebut matang, sebaliknya jika kulit yang menyerupai sisik masih berwarna kehijauan, itu berarti buah naga belum matang. 


Bagi anda yang belum pernah mencobanya, buah yang satu ini harus anda coba ya!


Tanaman buah naga



Manfaat Buah Naga


Ternyata di balik kesegaran rasa dan tekstur buah naga yang begi lezat, buah naga memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat buah naga juga bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Buah naga juga memiliki kandungan senyawa yang lengkap untuk kesehatan tubuh kita di antaranya adalah serat, kalsium, protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, B1, B2, B3, dan juga zat besi. 


Bagi anda yang memang belum mengetahui khasiat buah naga berikut adalah di antaranya:


1. Mengobati Demam Berdarah


Wabah demam bedarah atau yang biasa kita menyebutnya dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) disebut sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Wabah DBD sendiri setiap tahunnya sering merenggut nyawa penderitanya terutama anak-anak. Ternyata selain buah jambu biji dan kurma yang bisa menjadi obat demam berdarah, buah naga juga memiliki khasiat untuk mengobati DBD. 


Buah naga dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah penderita DBD. Buah naga juga membantu mencegah mengentalnya darah sebagai akibat dari penyebaran virus DBD di dalam tubuh. 


Apa yang menyebabkan buah naga memiliki khasiat sebagai obat demam berdarah? 


Hal ini dikarenakan buah naga mengandung banyak vitamin C sehingga dengan bantuan vitamin C ini pasien demam berdarah dapat sembuh dengan sendirinya akibat pertahanan tubuh yang dibuatnya sendiri. 


Selain itu, buah naga memang dinyatakan lebih efektif sebagai buah yang bisa mengobati demam berdarah, pasalnya buah ini tidak memiliki rasa asam dan juga memiliki banyak kandungan air sehingga sangat bagus untuk menghindari dehidrasi pada pasien DBD.



2. Menurunkan Berat Badan


Bagi anda yang sedang berada dalam program penurunan berat badan, pilihlah buah naga karena buah ini berkhasiat untuk membuat perut anda lebih cepat merasa kenyang. Hal ini disebabkan karena buah naga mengandung banyak serat yang rendah kalori yang bisa menjadi makanan yang diserap lama didalam tubuh sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. 


Selain itu, rasa manis yang dihasilkan oleh buah naga putih atau merah akan bisa menjadi penambah energi diet alami anda yang tentunya sangat sehat. Rasa dari buah naga ini juga sangat enak dan menyegarkan jadi sangat mustahil jika anda tidak menyukainya.


Buah naga sebagai obat demam berdarah



3. Mencegah Berbagai Penyakit Kanker


Di zaman sekarang semua orang mudah sekali beresiko mengidap menyakit kanker yang diakibatkan oleh kualitas lingkungan yang semakin memburuk, buruknya gaya hidup, dan juga seringnya mengonsumsi makanan tidak sehat. Buah yang juga berbentuk seperti bola api berwarna merah ini ternyata memiliki khasiat sebagai anti kanker alami yang bisa melindung tubuh anda. 


Hal ini disebabkan karena buah naga mengandung banyak antioksidan phytoalbumin yang dapat membantu menurunkan pembentukan radikal bebas dalam tubuh berupa zat karsinogenik penyebab penyakit kanker. 


Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menghilangkan segala jenis racun yang mengandung logam dalam tubuh karena buah naga mengandung banyak jenis vitamin seperti vitamin C, B1, B2, B3, kalsium, dan forsor yang baik untuk melindungi tubuh kita.



4. Mencegah Penyakit Diabetes


Seperti yang kita ketahui kini para remaja Indonesia banyak yang beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Jenis diabetes ini adalah tanda awal penyakit diabetes pada seseorang. Penyakit diabetes jika dibiarkan akan bisa menyebabkan berbagai jenis komplikasi penyakit karena penyakit ini berhubungan dengan kandungan kadar glukosa dalam darah. 


Penyakit ini juga dikategorikan sebagai penyakit yang dapat menyebabkan pendeknya umur seseorang karena resiko komplikasi penyakit lainnya yang sulit membuat penderitanya bertahan. 


Bagi anda yang ingin terhindari dari penyakit ini, anda harus mengubah pola makan anda sehari-hari. Buah naga adalah salah satu buah yang bisa mencegah penyakit diabetes melitus. Walaupun memiliki rasa yang manis, anda tidak perlu khawatir karena rasa manis dari buah naga berasal dari gula alami yang sehat untuk anda.


Buah naga bisa mengobati hipertensi


5. Mengobati Tekanan Darah Tinggi


Selain dapat mencegah penyakit kanker dan diabetes, khasiat buah naga juga termasuk mengobati tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya akan mengalami rasa pusing saat penyakitnya kambuh. 


Jangan sampai anda meremehkan rasa pusing yang dikarenakan kondisi tekanan darah anda yang tinggi. Rasa pusing yang berlebihan bisa menyebabkan pembuluh darah anda pecah karena menegangnya seluruh pembuluh darah di otak dan juga di beberapa organ vital lainnya. Hal inilah sering menyebabkan koma pada penderita darah tinggi yang sebelumnya merasakan pusing di kepala yang teramat sangat. 


Untuk meminimalisir jika gejala hipertensi menyerang, anda bisa memanfaatkan buah naga untuk meredakannya. Buah naga memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya penyumbatan darah yang bisa berakibat sangat fatal pada penderita. 


Cukup banyak pasien yang meninggal karena gejala hipertensi ini, untuk itu selain rajin mengkonsumsi buah naga diharapkan pasien juga bisa menjaga pola makan dan menghindarkan diri dari kondisi stres.


-

Itulah beberapa khasiat buah naga yang sangat luar biasa. Ternyata, di balik kesegaran dan rasa manis dari buah berkulit merah ini memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh kita. Cara mengolah buah naga untuk dikonsumsi juga bisa anda pilih, misalnya dengan dibuat sebagai jus ataupun dimakan secara langsung. 


Hendaknya memang kita harus rajin mengonsumsi segala jenis sayuran dan buah-buahan dalam menu kita sehari-hari, karena buah dan sayuran sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh kita. 


Mari kita jaga tubuh kita sehingga kualitas hidup kita juga terjaga dengan baik, mari kita sayangi tubuh kita dengan membatasi segala keinginan kita yang menjurus pada gaya hidup tidak sehat.  

Selamat mendapatkan berbagai manfaat dari buah naga!!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang