Apakah bulu tangkis itu permainan indoor atau outdoor?

Dilihat 4,37 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Badminton merupakan permainan raket yang paling cepat di dunia. Permainan badminton ini bisa dimainkan dengan dua orang atau empat orang, dan tujuan permainannya sederhana, yaitu cetak poin atau skor sebanyak mungkin dan lebih banyak dari lawan dengan memukul kok melewati net. 


Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang cukup dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Atlet Indonesia juga selalu mengambil bagian dalam setiap event kejuaraan baik skala nasional maupun internasional. Prestasi atlet Indonesia di bidang olahraga ini juga sangat membanggakan. 


Beberapa diantaranya bahkan telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia bulu tangkis.  Meskipun badminton mirip dengan tenis, peraturan permainan bulu tangkis jelas berbeda dan perlu dipahami sebelum anda bisa mulai bermain.


badminton Indonesia


Sejarah Singkat Badminton


Sejarah mencatat bahwa olahraga ini sebenarnya sudah ada pada abad 2000 SM di Mesir kuno dan China. 


Dulu rakyat di China menggunakan nama Jianzi untuk menyebut bulu tangkis. Perkembangan bulu tangkis mulai pesat ketika pada era modern rakyat Inggris melakukan permainan yang diberi nama battledores, hingga akhirnya pada abad ke-19 para tentara Britania menyempurnakan permainan bulu tangkis ini dengan menambahkan net/jaring yang dipasang untuk memisahkan pemain yang saling berlawanan di wilayah Pune, India. Permainan di India tersebut dinamakan dengan Poon.


Perkembangan bulu tangkis semakin pesat hingga akhirnya pada tahun 1934 dibentuklah Federasi Bulu tangkis Internasional atau IBF (International Badminton Federation) dibentuk, meskipun beberapa federasi cabang olahraga lain ada juga yang menggunakan singkatan IBF. Pada tahun itu Anggota IBF adalah Inggris, Wales, Irlandia, Skotlandia, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru dan Perancis, dengan India. 


Turnamen-turnamen besar mulai dilakukan dengan sebutan Piala Thomas dan Piala Uber, Piala Sudirman dan kejuaraan dunia lainnya.



Perlengkapan Dalam Permainan Bulu Tangkis


Perlengkapan dan peraturan permainan bulu tangkis selalu menjadi bagian dalam pembahasan materi pengertian bulu tangkis. Agar permainan bulu tangkis bisa berjalan dengan lancar, jenis peralatan yang biasa digunakan oleh pemain bulu tangkis adalah sebagai berikut:


1. Lapangan


Lapangan bulu tangkis berukuran 13,41 x 6,1 m yang terbagi atas dua wilayah dan dipisah oleh net. Tinggi net lapangan bulu tangkis yakni 155 cm. Net merupakan batas dimana perhitungan point dilakukan. Pemain yang berhasil memasukkan shuttlecock ke daerah pertahanan lawan maka akan mendapatkan poin. 


Setiap shuttlecock yang keluar dari lapangan karena gagal menangkis shuttlecock atau melakukan kesalahan servis sehingga shuttlecock keluar lapangan baik di area sendiri maupun area lawan bisa menimbulkan penambahan poin untuk lawan.


permainan bulu tangkis


2. Pakaian yang nyaman


Pakaian yang dipakai oleh atlet bulu tangkis tidak boleh sembarangan. Berhubung mobilitas pemain cukup tinggi maka dibutuhkan pakaian yang ringan dan nyaman untuk digunakan. Biasanya pakaian tersebut berbentuk celana pendek dan t-shirt. Poin ini merupakan salah satu yang membantu anda untuk menyuguhkan permainan terbaik dalam badminton.



3. Sepatu bulu tangkis


Sepatu merupakan bagian penting dalam permainan bulu tangkis. Sepatu dan kaus kaki yang nyaman akan membantu pemain dalam setiap langkah penting baik untuk kestabilan saat menyerang maupun bertahan dari smash lawan. Selain itu, pijakan yang kuat bisa menghindarkan pemain dari cedera.



4. Raket


Raket tentu saja merupakan peralatan yang wajib ada jika ingin bermain bulu tangkis. Raket digunakan untuk memukul dan menangkis shuttlecock agar tidak jatuh di daerah pertahanan. Raket yang bagus adalah raket yang ringan dan memiliki ketegangan senar yang sesuai.



5. Shuttlecock/kok


Yang membedakan permainan bulu tangkis dengan olahraga lainnya adalah shuttlecock. Tenis mungkin juga menggunakan raket meskipun bentuknya beda dengan raket badminton, namun tenis tidak akan pernah menggunakan istilah shuttlecock untuk peralatan yang digunakan oleh pemain. 


Shuttlecock atau orang jawa biasa menyebutnya dengan istilah kok merupakan elemen penting dalam olehraga bulu tangkis. Kepala terbuat dari gabus yang dibungkus dengan lapisan kulit yang tipis dan kuat, sedangkan bulunya dari bulu itik, angsa, dan bulu ayam yang jarang dipakai.


Adapun ukuran kok adalah: 


  • Panjang bulu kok / shuttlecocks = 60 x 70 mm
  • Diameter gabus shuttlecocks = 25-28 mm
  • Jumlah bulu kok /shuttlecocks = 14-16 helai
  • Berat bola kok / shuttlecocks = 4.73-5.5 gr
  • Garis tengan lingkaran bulu = 54 mm


bulu tangkis Indonesia


Badminton adalah permainan outdoor atau indoor?



Permainan badminton merupakan sebuah 'permainan indoor'. Jika anda bermain bulu tangkis di lapangan outdoor,  sangat yakin permainan anda akan buruk. 


Pertandingan dan turnamen dalam beberapa tingkat diselenggarakan di lapangan indoor. Pengalaman dalam kondisi outdoor,  jika anda memasuki sebuah turnamen, anda hanya akan berakhir dengan kutipan 'apa sih yang saya mainkan?'. 


Anda tidak akan pernah tahu permainan nyata anda kecuali anda bermain di kondisi di dalam ruangan. Ketika anda berolahraga outdoor, permainan anda dipengaruhi oleh sejumlah faktor,  terutama angin. Dan lagi pergerakan kok bervariasi secara signifikan dalam lapangan indoor dan outdoor. 


Bahkan stamina anda tergantung pada di mana anda bermain. Salah satu pengalaman saya dengan  lapangan kesayangan saya yang menjengkelkan, yang telah mengajarkan saya permainan bulutangkis sekitar 2 bulan sejak saya menyentuh raket saya,  dan itu adalah saat liburan musim panas ketika kami (bersama teman-teman saya) bertemu satu sama lain setelah liburan yang panjang. Kami menyukai permainan bulu tangkis sejak usia 10 tahun dan cinta terhadap peningkatan permainan kami setelah itu. 


Kami memiliki ide untuk bermain bulu tangkis pada hari berikutnya. Kami menyiapkan kok pada malam sebelumnya. Kami siap dan bersemangat untuk membawa kembali hari-hari baik dulu ketika masa kanak-kanak kami,  dan keesokan paginya, pemandangan pada lapangan tersebut. Berakhir menjengkelkan, kesedihannya adalah bahwa saya bangun pagi hanya demi bermain dan aku seperti bertanya 'Bagaimana untuk menghabiskan ekstra waktu hari ini dan bagaimana cara untuk menghabiskan sisa liburan?'


bulu tangkis


Jika anda ingin memainkan permainan badminton secara serius di luar ruangan, sebaiknya anda berpikir ulang mengenai itu. Permainan akan lebih susah dikarenakan cuaca dan angin. 


Tetapi tidak ada yang melarang jika anda memainkan itu hanya untuk latihan atau sekedar hanya ingin memainkan saja. Saya rasa sangat jarang orang dewasa melakukan permainan badminton di luar ruangan, biasanya hanya anak-anak kecil saja. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga materi mengenai pengertian bulu tangkis ini menambah wawasan kita.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang