Apakah burung kenari sensitif terhadap gas (dibandingkan burung-burung lainnya) jika ada dalam pertambangan batu bara ?

Dilihat 633 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Burung kenari (canary) merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama para penggemar burung karena keindahan bentuk dan warnanya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para hobiist. Apalagi suaranya yang merdu dan lembut, ditambah dengan pelatihan mastering yang tepat, tentu akan membuat burung kenari semakin pintar dalam berkicau.

Burung kenari termasuk salah satu jenis burung yang cocok untuk diperlombakan, keunikan suaranya menjadi salah satu aspek dalam menentukan pemenang. Suara burung kenari yang merdu membuat banyak orang terpesona, oleh karena itu burung kenari telah lama menjadi primadona di kalangan pecinta burung dengan harga yang cukup stabil dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Di samping itu, burung kenari memiliki berbagai macam varian yang masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri, sehingga hal ini turut menentukan kemenangan dalam sebuah perlombaan burung kenari, selain kualitas suaranya. 

Jadi sebenarnya apa kelebihan burung kenari tersebut? Dan apa saja jenis-jenis kenari? Nah sebelum membahas tentang dua hal tersebut, akan diuraikan terlebih dahulu mengenai sejarah burung kenari, ketika pada jaman dahulu kenari sering dipakai di daerah pertambangan lho! Untuk apa ya? Bagi anda penggemar burung, terutama burung kenari, penasaran kan? Yuk baca  terus artikel ini sampai tuntas ya!


Sejarah Burung Kenari

Burung kenari (Serinus canaria) merupakan burung asli Kepulauan Canary di Samudera Atlantik di sebelah barat laut pesisir Afrika (Maroko dan Sahara barat). Kepulauan ini termasuk ke dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi daerah itu.

Burung kenari pertama kali ditemukan oleh penjelajah Perancis, Jean de Bethencourt di kepulauan tersebut pada tahun 1402. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya, Jean de Bethencourt dan Henry the navigator membawa burung kenari liar ke Portugal dan Inggris. Pada tahun 1495 Canary telah jatuh ke tangan Spanyol dan sejak itu bangsa Spanyol menguasai perdagangan kenari. Namun selanjutnya bangsa Italia yang mengembangbiakkan kenari dan mengekspornya ke berbagai negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Rusia.

Meskipun dipandang di era teknologi saat ini sangat aneh, ternyata pada jaman dahulu burung kenari umum digunakan sebagai penanda adanya gas beracun di lokasi penambangan khususnya di Inggris.

Survey membuktikan, dari hasil percobaan laboratorium terhadap hewan mamalia. Dibandingkan dengan kelinci, ayam, anjing, kucing, tikus, burung pipit, dan burung merpati, ternyata kenari termasuk hewan peliharaan yang sensitif terhadap gas.

Karbon monoksida, gas metan atau karbondioksida yang sering muncul dari dalam terowongan tambang batubara dapat membunuh burung kenari lebih cepat daripada manusia. Tanda-tanda gas beracun ‘bocor’ terlihat dari burung kenari yang biasanya asyik bernyanyi menemani pekerja tambang bekerja, kemudian tiba-tiba perilakunya berubah drastis seperti macet bunyi bahkan grabakan dalam sangkar. Bila kandungan gas beracun sudah menyebar melebihi batas, terkadang kenari ditemukan sudah mati lemas dalam sangkarnya.

Jika burung kenari yang bertindak sebagai sistem peringatan dini tersebut mati, maka semua pekerja tambang harus segera secepatnya melarikan diri keluar dari lokasi tambang untuk mencari udara segar. 

Praktek pemanfaatan burung kenari sebagai alat detektor gas beracun di Amerika dan Inggris dihentikan di akhir abad 20.




Kelebihan Burung Kenari

Berikut kelebihan burung kenari yang perlu anda ketahui khususnya bagi pencinta burung kicau:

  • Burung Petarung - Pada habitat aslinya kenari dikenal sebagai burung petarung. Kicauannya yang indah dengan suara melengking sebagai pembuktian bahwa burung ini ingin diakui kejantanannya. 
  • Mudah Dijinakkan -Burung kenari akan cepat mengenali pemiliknya dengan mengeluarkan kicauan merdu melengking.
  • Tidak Gampang Stres - Walaupun kerap dipindah kandang, burung kenari tetap akan berkicau. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan kenari yang tidak dimiliki oleh burung lain.
  • Mudah disilangkan - Burung kenari memiliki ciri yang gampang naik birahinya khususnya untuk burung jantan. Hal ini bisa memudahkan para peternak untuk mengembangbiakkan/menyilangkan burung kenari.
  • Mudah Beradaptasi - Burung ini sejatinya merupakan jenis burung endemik dari Persian Afrika dan Eropa. Namun karena kemampuannya beradaptasi di lingkungan baru, maka burung kenari sangat layak untuk diternakkan sekaligus dipelihara. 

Jenis Burung kenari

Berikut ini adalah beberapa jenis kenari yang memiliki suara yang memiliki kualitas dan diunggulkan adalah :

  • Kenari Yorkshire


Kenari ini merupakan hasil silangan antara kenari belgia dengan Lancashire yang dikembangkan di daerah Yorkshire di Inggris, kenari ini juga memiliki kepandaian menirukan suara burung lain dengan cepat.

  • Kenari Waterslager 


Kenari ini diunggulkan karena memiliki kemampuan memiliki lebih dari 15 macam irama. Suaranya yang mengalun mirip suara air terjun dan juga kepandaiannya menirukan suara berbagai macam seperti suara dentingan bell dan ambulan serta lain-lain.

  • Kenari Border 


Kenari border ini dikenal memiliki irama yang bagus dengan tekukan yang tajam.

  • Kenari Norwich 

Kenari ini bisa dikenali dari jambulnya yang menutupi matanya dengan ukuran panjang hingga 10 cm. Suara burung ini dikenal keras dan kencang ( Suara Kristal)

  • Kenari Gloster 


Kenari gloster ini selain unik juga menjadi kenari unggulan dari segi suaranya, karena cengkokan kenari ini dikenal sangat mengalun dan penuh variasi serta lagunya yang panjang. Kenari gloster ini pun terdiri dari kenari jambul ( Gloster Corona ) dan kenari yang tidak memiliki jambul ( Gloster Consort).

  • Kenari Roller 

Kenari Roller ini sering juga disebut kenari Herzers karena asalnya dari Jerman yang dikembangkan di pegunaungan Hartz. Memiliki nama Roller dikarenakan suara kenari ini yang terus-menerus ( dalam istilah kita 'ngeroll'). 

  • Kenari Fusan

Kenari fusan ini adalah salah satu jenis kenari yang dikembangkan di negara China tetapi asal burung ini adalah dari negara Taiwan.  


Demikianlah informasi mengenai sejarah singkat burung kenari, kelebihan burung kenari, serta jenis kenari. Semoga informasi di atas bisa menjadi wawasan dan pengetahuan  bagi kita semua. Dan semoga artikel ini bisa menjadi refensi bagi anda sebelum memelihara atau membeli burung kenari. Nah bagi anda yang masih penasaran juga dengan burung kenari, bisa membaca artikel lainnya, yaitu: Mengapa burung kenari membutuhkan makanan yang kaya vitamin?

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang