Apakah wabah campak merupakan ancaman serius?

Dilihat 441 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Campak adalah penyakit mematikan. Ia tak membunuh banyak orang yang mengidapnya, tapi BANYAK orang bisa terkena, sehingga bisa menyebabkan kematian dalam jumlah banyak dan sakit yang serius. Sekitar 1 dari 500 hingga 2000 orang yang terjangkit campak di Amerika akan mati karenanya. Tingkat vaksinasi di Amerika menurun di banyak wilayah sehingga menimbulkan risiko yang besar, karena sekalinya tingkat itu turun dibawah level yang aman (dimana penyebarannya "meledak" akibat imunitas dalam jumlah besar), maka campak akan menumpuk, berisiko pandemik. Penyebaran dan penularannya selama 4 hari sebelum gejala-gejalanya muncul.


Dalam sebuah wabah campak pada populasi yang tidak tervaksinasi, 90% akan terkena akibat terpapar langsung dan masing-masing akan menginfeksi orang lain hingga 12-18 orang (sebagai perbandingan, Ebola menginfeksi rata-rata 2 hingga 3 orang). Bagi orang-orang yang pernah mendapatkan dua kali suntikan imunisasi, peluang mereka untuk terjangkiti rendah (biasanya sekitar 2%). akan tetapi, banyak orang yang tak pantas untuk suntikan standar vaksinnya, contohnya bayi di bawah 1 tahun (kecuali dalam kasus epidemik, syaratnya bisa menurun hingga 6 bulan saja), orang-orang dengan kekebalan tubuh yang berbahaya, seperti mereka yang sedang menjalani perawatan kanker, HIV, dll. Bayi dan anak-anak yang masih kecil memikul beban penyakit dan jumlah kematian terbesar akibat campak. Mayoritas penduduk yang terjangkit campak di wabah Amerika, belum pernah mendapatkan vaksinasi apapun. Itu menyebabkan pneumonia, ensefalitis (infeksi otak) dan bisa menyebabkan kondisi SSPE yang akan kembali untuk membunuh 10 tahun kemudian.


Tanpa vaksin kita harus bergantung pada penggunaan masal antibiotik, yang akan menyebabkan resisten dan akhirnya tak berguna dengan cukup cepat. Memang tidak akan menyelamatkan semua orang, atau menghentikan penyebaran penyakitnya. Sebelum vaksinasi di Amerika campak setiap tahunnya menyebabkan 150.000 komplikasi pernafasan, 100.000 kasus otitis media (banyak yang berdampak tuli permanen), 48.000 rawat inap, 7.000 serangan penyakit mendadak, 4.000 kasus ensefalitis (banyak yang berdampak kerusakan otak permanen) dan ~1 kematian per 1.000 kasus.


Campak adalah penyakit yang tidak bisa dicegah dan susah dibasmi. Jika dibasmi secara global, pada suatu hari nanti mungkin tak ada seorangpun yang memerlukan vaksinasi. Mengerikan mengetahui negara modern seperti Amerika masih bisa mengalami wabah infeksi dan tak ada tindakan pembasmian. Wabah itu masih membunuh 145.700 orang secara global di tahun 2013 (hanya menurun karena kita memiliki tingkat vaksinasi global sebesar 83%).

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang