Apakah dahak bisa mengubah nada suara menyanyi untuk sementara?

Dilihat 2,69 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Selain untuk menyalurkan hobi, menyanyi seringkali menjadi salah satu kegiatan yang selalu ada dalam berbagai jenis acara. Selain itu menyanyi juga dapat memperbaiki suasana hati. Oleh karena itu, wajar saja jika banyak orang yang menggemari kegiatan yang satu ini. 


Adanya dahak pada tenggorokan tentu akan mengganggu nada suara kamu saat menyanyi dan tentu hal ini sangat mengganggu. Bukan hanya itu saja, adanya dahak pada tenggorokan juga dapat membuat tenggorokan gatal


Nah, supaya kamu bisa kembali bernyanyi tanpa harus khawatir dengan dahak yang akan mengubah nada suaramu saat bernyanyi, di sini saya akan memberitahu mengenai cara mengeluarkan dahak agar suara merdumu dapat kembali. Namun sebelumnya, mari kita lihat apa saja yang dapat menyebabkan tenggorokan menjadi berlendir.


Penyebab Tenggorokan Berlendir


tenggorokan gatal


Pada dasarnya, lendir atau dahak memiliki fungsi yang penting, antara lain untuk menjaga kondisi tenggorokan agar berada dalam keadaan lembab, menyaring benda asing maupun bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan, dan membantu sistem pernapasan. 


Lendir berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh dan mencegah agar jaringan yang berada di sekitarnya tidak kering. Keberadaan lendir pada tenggorokan memiliki fungsi untuk melembabkan saluran pernapasan dan mencegah masuknya bakteri, virus, atau kuman ke dalam saluran pernapasan.  

Oleh karena itu, sebenarnya keberadaan lendir/dahak di dalam tenggorokan tetap dibutuhkan. 


Dalam kondisi yang sehat, tubuh kita biasanya akan menghasilkan sekitar 1-1,5 liter lendir setiap harinya. Sebagian besar dari lendir yang dihasilkan tubuh tersebut berada pada tenggorokan dan kita biasanya tidak menyadari keberadaannya. Sedikit peningkatan dalam produksi lendir di tenggorokan yang kadang terjadi sebenarnya bukan merupakan indikasi dari suatu kondisi yang berbahaya dan juga tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada tenggorokan. 


Namun ada kalanya kita menyadari keberadaan lendir pada tenggorokan kita, biasanya ketika produksi lendir pada tenggorokan meningkat atau ketika lendir menjadi lebih kental dari biasanya. Jika produksi lendir di tenggorokan meningkat dalam jangka waktu yang cukup lama, hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu. Kelebihan lendir tersebut dapat menghalangi saluran pernapasan dan kamu akan selalu merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorkanmu. Produksi lendir/dahak di dalam tenggorokan yang meningkat tentunya akan menimbulkan banyak gangguan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. 


Secara umum, timbulnya lendir di tenggorokan seringkali disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran pernapasan atau daerah di sekitarnya.  Hal tersebut dapat terjadi karena adanya alergi atau ketika tubuh terkena penyakit seperti flu. 


Dengan kata lain, peradangan pada saluran pernapasan akan memicu peningkatan produksi dahak. Adanya kontak dengan sesuatu yang dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi seperti makanan pedas juga dapat menyebabkan meningkatkan produksi lendir di tenggorokan. Bagi sebagian orang, produksi lendir yang berlebih di tenggorkan juga dapat terjadi setelah minum susu.  


Selain itu, peningkatan dahak juga dapat disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan atau alergi terhadap zat asing. Selain karena terjadinya peradangan ataupun infeksi pada tenggorokan, beberapa hal lain yang juga dapat memicu peningkatan produksi dahak antara lain, gangguan pada lambung, radang sinusitis, dan tubuh kekurangan cairan.



Cara Mengeluarkan Dahak Dari Tenggorokan


Keberadaan dahak pada tenggorokan sebenarnya merupakan hal yang normal. Tenggorokan menghasilkan lendir atau dahak secara terus menerus yang kemudian akan tersapu keluar sebelum mengenai paru-paru. 


Namun ketika produksi dahak terlalu banyak, bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi medis dan perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, biasanya banyaknya dahak pada tenggorokan juga disertai dengan tenggorokan gatal yang tentunya sangat mengganggu.


Terdapat beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami yang dapat kamu lakukan di rumah. Cara yang paling mudah adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih hangat. Banyaknya dahak yang dikeluarkan tubuh akan membuat tubuh kita dehidrasi, oleh karena itu tubuh membutuhkan cairan pengganti. 


Selain itu air putih juga memiliki fungsi untuk mengencerkan dahak. Jika tenggorokan terasa nyeri, kamu dapat berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Selain dengan banyak mengkonsumsi air putih, ada beberapa cara mengeluarkan dahak dengan menggunakan bahan-bahan alami, yaitu:


1. Lemon


cara mengeluarkan dahak secara alami


Salah satu cara yang efektif untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan adalah dengan meminum air jeruk nipis. Keasaman lemon dapat mengencerkan dahak sehingga akan melegakan tenggorokan. 


Selain itu lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat mengusir bakteri yang menyebabkan dahak di tenggorokan.


2. Jahe


cara mengeluarkan dahak


Jahe merupakan salah satu rempah yang sejak dulu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyaki. Oleh karena itu, meminum ramuan jahe merupakan salah satu cara mengeluarkan dahak yang efektif


Untuk membuat ramuan jahe tersebut, siapkan dua ruas jahe yang sudah dicuci bersih. Tumbuk jahe tersebut untuk mengeluarkan aromanya yang segar. Siapkan satu gelas air panas lalu masukan jahe yang sudah ditumbuk ke dalamnya. Kamu juga dapat menambahkan madu sebagai pemanis yang juga bermanfaat membuat tenggorokan merasa nyaman.


3. Bawang Putih


bawang putih sebagai cara mengeluarkan dahak


Bawang putih memang sudah lama dikenal sebagai antibiotik alami. Tidak hanya itu, ternyata bawang putih juga bermanfaat untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Bawang putih memiliki kandungan antibiotik yang dapat membunuh bakteri dalam tenggorokan secara efektif. Kamu dapat langsung mengkonsumsi bawang putih mentah secara teratur tiga kali sehari.


4. Air Garam


cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan


Salah satu cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan yang dapat dilakukan dengan mudah adalah berkumur dengan air garam. Campurkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Garam dikenal dengan fungsinya sebagai antiseptik sehingga dapat membantu untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu pada tenggorokan. 


Mencegah Tenggorokan Gatal dan Berlendir


Beberapa remedi di atas merupakan cara yang efektis unuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting dari menghilangkan dahak yang ada di tenggorokan adalah mencegah masalah masalah tersebut terulang kembali. Tentunya kamu pernah mendengar pepatah "mencegah lebih baik dari mengobati". Meskipun sekarang kamu sudah mengetahui cara mengeluarkan dahak yang membuat tenggorokan gatal dan menggangu performa menyanyimu, tentunya akan lebih baik jika kamu dapat mencegah munculnya dahak tersebut di tenggorokan.


Produksi dahak yang berlebih pada tenggorokan biasanya disebabkan oleh adanya peradangan atau infeksi dari benda asing. Selain itu merokok serta kekurangan cairan tubuh juga dapat menyebabkan munculnya dahak pada tenggorokan. 


Oleh karena itu, hindarilah merokok dan pastikan asupan cairan dalam tubuhmu terpenuhi. Kurangilah kebiasaan minum soda, kopi dan teh karena dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Hal yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Makan makanan yang bergizi, beristirahat dengan cukup, dan berolahraga secara teratur akan sangat membantu dalam melawan bakteri dan virus yang muncul pada tenggorokan dan mencegah produksi dahak yang berlebih.  



Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang