Apakah dansa aerobik bisa membantu menurunkan berat badan?

Dilihat 639 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tolong jangan berpikir bahwa latihan aerobik tidak dapat membantumu - hanya saja latihan ini memang tidak diciptakan untuk mengurangi berat badan. Berbagai macam latihan yang lain juga bisa membantumu, namun karena ini bukanlah fokus dari pertanyaanmu, maka aku aku akan mengesampingkan hal itu. Alasan mengapa itu tidak akan berhasil adalah, sangat sulit untuk mengubahnya secara independen dari hal lain yang juga akan mempengaruhi berat badanmu. Ini adalah beberapa variabel penting yang dipengaruhi dari seberapa banyak kau berolah raga : nafsu makanmu. Jika kau tidak memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu, maka tanpa disadari kau akan mengonsumsi lebih banyak makanan. Tingkat aktivitasmu yang tidak termasuk dalam latihan. Kau akan merasa kurang aktif dalam aktivitas sehari-hari sebagai hasil dari latihanmu ini. Mungkin kau akan lebih memilih untuk naik lift, padahal hari sebelumnya kau lebih suka menggunakan tangga. Mungkin kau akan mengajak anjingmu berjalan-jalan selama 5 menit, padahal biasanya kau mengajaknya berjalan-jalan selama 15 menit. 

Ada banyak cara, yang tanpa kau sengaja bahwa sebenarnya kau sedang mengurangi aktivitas non-latihanmu. Jika kau tidak setuju dengan satu atau kedua poin tersebut, mari kita buat hipotetis singkat. Anggap saja latihan aerobik selama 30 menit akan membakar 200-300 kalori. Tentu saja itu akan tergantung dari berbagai hal, seperti berat badanmu, tipe latihan yang kau lakukan, intensitasmu, dan lain sebagainya. Hal pertama yang harus kau pikirkan adalah, ini tidak berarti tubuhmu hanya membakar 200-300 kalori tersebut dan berhenti disana. Tubuhmu memiliki sistem metabolisme dan akan terus membakar kalori meskipun kau hanya berbaring di sofa. Selanjutnya, mari kita pertimbangkan aktivitas non-latihanmu. Mari kita anggap satu-satunya perbedaan disni adalah kau hanya mengajak anjingmu berjalan-jalan selama 5 menit karena kau sudah lelah selepas melakukan latihan aerobikmu. Lagi, berjalan bisa membakar 120-178 kalori dalam 30 menit. Setelah penyesuaian, maka akan menjadi 80-148 kalori, atau 29-49 kalori dalam waktu 10 menit. Mari kita ambil sampel angka terendah, dan anggap saja perubahan dalam acara jalan-jalan bersama anjingmu ini menyebabkan 35 kalori yang seharusnya terbakar masih tertinggal di dalam tubuhmu. 

Terakhir, mari kita pikirkan nafsu makanmu. Berdasarkan info dari Google, apel yang besar mengandung 116 kalori, dan pisang mengandung 105 kalori. Apa kau mengerti apa yang ingin kukatakan? Hanya dengan memakan kedua jenis buah tersebut, hasil latihanmu akan terbuang percuma. Perlu kau perhatikan, hal yang paling utama dari menurunkan berat badan adalah dengan mengontrol asupan kalori. Latihan tanpa mengontrol makananmu sama sekali tidak akan menjamin penurunan berat badanmu - sama sekali tidak. Namun, pengontrolan kalori tanpa olahraga dijamin bisa mengurangi berat badanmu. Aku akan mengakhirinya dengan berharap agar tidak seorang pun menggunakannya sebagai alasan bagus untuk tidak berolah raga. Aku benar-benar berpikir bahwa yang terbaik adalah berolah raga DAN mengontrol asupan kalori. Tapi untuk mengurangi berat badan, yang terpenting adalah asupan makanan dan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang