Apa manfaat batu zamrud? Apakah batu zamrud membawa keberuntungan?

Dilihat 2,86 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

manfaat batu zamrud


Siapa tidak tahu batu zamrud? Anda pasti pernah mendengar tentang batu ini. Apalagi ketika batu akik menjadi sangat populer beberapa waktu yang lalu, semua jenis batu seolah naik juga pamornya di masyarakat.


Batu zamrud atau yang dalam bahasa Inggris disebut emerald ini memiliki warna hijau terang yang berkilau. Dari sinilah Indonesia mendapat julukan zamrud khatulistiwa karena pulau-pulau nusantara kita yang berwarna hijau.


Batu ini memang memiliki harga yang cukup mahal, terutama batu zamrud yang berkualitas Jyotish. Namun ada beberapa manfaat batu zamrud, yaitu sebagai perhiasan dan beberapa orang lainnya percaya bahwa batu ini adalah batu pembawa keberuntungan bagi yang menggunakannya.


Nah, apa sajakah manfaat batu zamrud yang lainnya? Apakah benar batu zamrud dapat membawa keberuntungan? Mari simak penjelasan di bawah ini!



Asal Batu Zamrud



Sebelum membahas mengenai manfaatnya, mari kita pelajari mengenai asal muasal batu ini sedikit lebih dalam lagi.


Zamrud, yang juga sering disebut 'Pann' ini adalah salah satu dari 3 batu tercantik di dunia. Dua jenis batu yang lainnya adalah batu rubi dan safir. Meskipun secara umum nilai zamrud masih di bawah berlian, harga batu cantik ini tetap tidak murah, yaitu sekitar Rp 2.500.000-Rp 100.000.000.


Batu zamrud selalu berwarna hijau dan warna hijau dari batu ini beragam, mulai dari hijau muda terang hingga hijau gelap. 

Ahli sejarah mencatat bahwa bangsa Mesir kuno telah menambang batu zamrud sejak tahun 2000 SM. Di Mesir, batu zamrud dianggap sebagai batu perlambang kehidupan abadi dan reinkarnasi, ditambang secara terus menerus di daerah sepanjang Afrika Utara.


Batu zamrud disebut-sebut sebagai batu kesukaan Ratu Cleopatra. Belum lama ini ditemukan sebuah tambang batu zamrud di Mesir dan dinamakan 'Tambang Cleopatra' untuk menghormati kecintaan ratu Mesir ini terhadap batu zamrud. Ketika Yunani menguasai Mesir, Alexander the Great mengambil alih semua kontrol atas semua tambang batu zamrud yang masih menguntungkan dan memperkenalkan batu ini ke Eropa.


Selain Mesir, India dan Austria juga telah menambang batu ini setidaknya sejak abad ke 14. Tapi sejauh ini, Kolumbia adalah penghasil batu zamrud terbesar di dunia dan memasok 50%-95% produksi dunia. Negara penghasil zamrud terbesar selanjutnya adalah Zambia dan Brazil.


Berdasarkan asalnya, jenis zamrud yang dihasilkan di tiap tambang pun berbeda-beda. Misalnya, zamrud khas Brazil memiliki ciri khas warna yang agak kekuningan. Sementara itu, zamrud bixbite yang ditambang di daerah Gunung Wah Wah, Utah, memiliki warna merah dan membuatnya menjadi batu zamrud yang sangat langka dan berharga.


manfaat batu zamrud


Manfaat dan Khasiat Batu Zamrud



Banyak orang percaya bahwa batu beberapa batuan indah seperti batu zamrud dan batu mata kucing memiliki manfaat bagi penggunanya, namun banyak juga yang menganggpanya sekedar omong kosong belaka.. Jika Anda percaya mengenai manfaat batu zamrud, maka sebelumnya ketahuilah bahwa ada beberapa kondisi untuk mendapatkan khasiat dari batu ini.


Batu zamrud mewakili planet Merkurius dan merupakan batu kelahiran untuk Gemini dan Virgo. Praktis, yang akan mendapatkan hasil maksimal dari batu ini adalah orang-orang dengan zodiak Gemini dan Virgo. Zodiak lain dapat menggunakan batu ini juga, namun setelah berdiskusi dengan ahli astrologi karena jika tidak cocok, ada kemungkinan penggunaan batu ini malah akan merugikan Anda.


Beberapa manfaat batu zamrud adalah sebagai berikut:


  • Menggunakan batu zamrud dapat menajamkan intelegensi seseorang. Karena intelegensi adalah bagian dari planet Merkurius, makan penggunaan batu zamrud dapat membantu pemahama yang lebih dalam akan kehidupan.
  • Begitu seseorang menggunakan batu zamrud, maka ia akan mendapatkan tambahan dalam kemampuan berbahasa, kreatifitas, dan kekuatan untuk berinovasi.
  • Manfaat batu zamrud yang selanjutnya adalah membantu penggunanya untuk melakukan komunikasi yang lebih baik. Ia akan mendapatkan kemampuan untuk berekspresi dengan lebih baik dan mengungkapkan pendapat kepada pihak lain. Batu zamrud juga dapat menambah kepercayaan diri, maka dari itu disarankan untuk digunakan oleh orang yang hendak melakukan wawancara pekerjaan.
  • Jika sesuai dengan zodiak, batu zamrud juga berkhasiat memberikan energi positif yang akan berpengaruh kepada kesehatan penggunanya.
  • Orang-orang yang memiliki gangguan mental, stress, dan kecemasan dapat merasa lebih tenang dan terkendali jika menggunakan batu zamrud. 

batu pembawa keberuntungan


  • Meningkatkan memori dan intuisi, maka disarankan untuk pelajar atau orang yang hendak mengikuti ujian tertentu.
  • Batu zamrud sangat disarankan untuk orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan berbisnis atau yang telah mengalami kegagalan dalam bisnis. Konon batu ini dapat membuang racun emosional dan membantu penggunanya keluar dari masa-masa yang sulit. Batu ini dapat membantu meningkatkan intuisi kita mengenai orang lain dan membantu membuat pilihan yang tepat.
  • Energi dari batu zamrud juga dikenal dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti masalah pernafasan, kanker, hipertensi, paralisis, diare, alergi, penyakit kulit, dan masih banyak lagi.
  • Batu zamrud membawa keajaiban bagi orang-orang yang sulit konsentrasi. Pikiran yang gamang akan membuat seseorang sulit merasa tenang dan hidup akan menjadi tidak stabil. Batu zamrud memiliki kekuatan terapi yang kuat, ini akan membantu seseorang dalam berkonsentrasi.
  • Selain itu, batu zamrud juga mendorong rasa kasih sayang dan cinta.

Selain beberapa hal di atas, disebutkan juga bahwa batu ini membawa keberuntungan dan kebahagiaan kepada orang-orang Gemini dan Virgo yang menggunakannya.


Sebutan batu zamrud sebagai batu pembawa keberuntungan tentu tidak lepas dari manfaat-manfaat yang dibawa oleh batu indah ini. Misalnya, seorang pelajar yang hendak mengikuti ujian tertulis terus menggunakan batu zamrud selama proses belajar dan ketika di dalam ruang ujian. Kemudian, ia mendapatkan nilai yang baik. Hal ini tentu karena manfaat batu ini yang membantu seseorang meningkatkan konsentrasi, sehingga apa yang dipelajari dipahami seutuhnya oleh otak.


Sama halnya dengan contoh seorang pebisnis yang berhasil mendapatkan tender karena ia menggunakan gelang batu zamrud. Kemungkinan besar keberhasilannya dikarenakan batu ini dapat membantu memperlancar komunikasi hingga akhirnya ia berhasil memenangkan tender bisnis tersebut.


manfaat batu zamrud


Nah, apakah Anda mempercayai manfaat batu zamrud yang telah saya sebutkan di atas? Mungkin agak sulit dipercaya, namun setiap benda di bumi ini memiliki kekuatan. Apalagi benda-benda yang terbentuk dari dalam bumi, mereka memiliki energi tertentu yang akan berpengaruh kepada makhluk hidup.


Namun tentu saja semuanya dapat terjadi atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa, batu-batuan atau apapun itu hanyalah media saja, sama seperti upaya kita pergi ke dokter dan meminum obat untuk menyembuhkan sebuah penyakit, bukan? 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang