Apakah di dalam jet tempur terpasang Air Conditioner?

Dilihat 4,32 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pesawat tempur adalah pesawat yang dirancang khusus untuk kegiatan militer, seperti melakukan penyerangan terhadap pesawat lain di udara atau menjatuhkan sedikit bom ke sasaran yang ada di darat. 


Perbedaannya dari pesawat pembom adalah jumlah kapasitas bom yang dapat diangkut. Selain itu, pesawat pembom memang ditujukan khusus untuk melakukan pengeboman pada target di darat. 


Tampilan pesawat tempur memang dirancang secara relatif lebih ramping dan lincah dibandingkan dengan pesawat jenis lain. Hal ini dibutuhkan agar pesawat dapat melakukan beragam manuver di udara tanpa kesulitan dan gangguan. Dampak dari desain ini, kokpit pesawat tempur pun dapat dibilang sempit, tidak banyak ruang gerak untuk pilot. 


Selain itu, pada kokpit pesawat tempur, penuh dengan beragam instrumen yang memang ditujukan untuk menunjang performa tempur dari pesawat tersebut di udara.


Namun, meskipun penuh dengan beragam instrumen, pada setiap pesawat tempur jet, di kokpitnya juga dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan atau air conditioning. Hal ini ditujukan untuk menjaga agar kondisi fisik pilot tetap prima. Namun pemberian pendingin udara ini tidak serta merta ada sejak pesawat tempur pertama kali dikembangkan. Pada awalnya dulu, pesawat tempur hanyalah sebuah pesawat dengan sayap ganda yang terbuat dari kayu serta dilengkapi dengan senapan mesin ringan. Dan kokpit pesawat pun dalam kondisi terbuka, tidak tertutup seperti model saat ini. 


Lalu seiring perkembangan teknologi, model dan teknologi yang digunakan pada pesawat tempur pun semakin canggih, termasuk desain dan kenyamanan kokpitnya.


f 16


Kategori Pesawat Tempur


Secara umum, pesawat tempur jet saat ini memiliki desain bodi yang ramping, berkecepatan sangat tinggi, memiliki sejumlah perlengkapan avionik yang jauh lebih banyak daripada pesawat angkut biasa (non militer). 


Salah satu perlengkapan canggih yang terdapat di kokpit pesawat adalah layar radar pendeteksi pesawat musuh. Selain dapat mendeteksi pesawat musuh, radar yang terdapat pada pesawat tempur juga dapat mengunci posisi target atau sasaran. Sehingga tembakan yang dimuntahkan dari persenjataan pesawat dapat lebih akurat mengenai sasaran.


Berdasarkan fungsinya, pesawat tempur dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain: 


  • Pesawat buru sergap
  • Pesawat serangan darat
  • Pesawat intai
  • Pesawat tempur latih
  • Pesawat tempur anti gerilya
  • Pesawat tempur multi fungsi
  • Pesawat pembom 

Selain itu, berdasarkan teknologi yang diterapkan, setidaknya ada dua jenis pesawat tempur, yaitu pesawat tempur konvensional dan pesawat tempur siluman atau stealth. 


Yang dimaksud dengan ‘siluman’ di sini adalah keberadaan dari pesawat jenis ini tidak dapat dideteksi dengan radar biasa. Meskipun terdapat beberapa jenis pesawat tempur namun dalam hal desain kokpit, rata-rata kokpitnya tidaklah luas, mungkin kecuali pesawat pembom. Sehingga pilot pesawat tempur tidak dapat bergerak dengan leluasa.


mig 17

Sehingga, untuk memberikan kenyamanan pada pilot selama terbang dan mengendalikan pesawat, maka di dalam kokpit juga sudah dilengkapi dengan sistem air conditioner. 


Jadi meskipun saat di langit cuaca sangat terik, pilot jet tempur tersebut tidak akan terlalu kepanasan. Sehingga tidak mengganggu performanya saat bermanuver di udara. Selain panas dari sinar matahari, pakaian pilot yang berlapis-lapis juga turut membuat gerah tubuh. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pendingin kokpit untuk pilot saat mengudara. 


Dan hal ini dapat kita lihat pada berbagai pesawat tempur yang ada sekarang. Terlebih lagi pada pesawat tempur yang dilengkapi teknologi paling canggih saat ini. Baik Amerika, Rusia, maupun Perancis adalah beberapa negara yang memiliki pesawat tempur yang paling canggih untuk serangan udara.


pilot


Harga Sebuah Pesawat Tempur


Berbagai macam teknologi canggih telah diintegrasikan pada rancangan sebuah pesawat tempur jet. Dan teknologi canggih ini bukanlah sesuatu yang murah dan mudah didapatkan. Bahkan untuk pesawat tempur A-10 Warthog yang merupakan keluaran tahun 1975 saja sudah dilengkapi dengan berbagai piranti canggih, dan salah satunya adalah sistem air conditioner pada kokpitnya. 


Jadi, setidaknya pada masa diproduksinya A-10 Warthog, sistem pendingin udara atau air conditioning dalam kokpit pesawat jet tempur sudah disediakan. Ini demi menjaga kondisi prima pilot saat bermanuver.


Meskipun harga A-10 relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga pesawat tempur generasi yang lebih baru, namun masih saja terbilang mahal. 


Untuk harga sebuah A-10 Warthog adalah sekitar $18,8 juta, atau setara Rp 200 milyar lebih. 


Sebagaimana telah disinggung di atas, bahwa pada sebuah pesawat tempur telah dilengkapi dengan sistem avionik yang canggih. Sistem avionik ini mencakup seluruh sistem elektronik pada pesawat tempur. Baik navigasi, komunikasi, ataupun yang lainnya. 


Sistem avionik pesawat tempur jauh lebih canggih dan lengkap dibandingkan dengan pesawat penumpang atau yang lainnya. Itulah mengapa harga pesawat jet tempur sangat mahal. Dan sistem komunikasi inilah yang mengatur bagaimana cara pilot pesawat menerima panggilan komunikasi dari dalam kokpit, baik dari sesama pesawat ataupun dari pusat komando di darat.


sluman


Pesawat Tempur Buatan Indonesia


Meskipun Amerika, Perancis, ataupun Rusia adalah negara-negara yang cukup maju dalam industri pesawat tempur jet, tetapi kini Indonesia juga mulai turut bersaing dalam industri ini. Indonesia pun tak mau kalah dalam mengembangkan pesawat tempur. 


Saat ini Indonesia tengah bekerjasama dengan Korea Selatan dalam proyek bernama KFX/IFX. Diklaim bahwa pesawat tempur IFX buatan Indonesia ini seimbang dengan Sukhoi Su-35 milik Rusia. Proyek ini adalah proyek prestisius bagi Indonesia dan akan mengusung desain serta teknologi yang terbaik yang ada saat ini. Mulai dari desain bodi pesawat, kokpit pesawat, sistem navigasi, hingga persenjataannya. 


Karena Indonesia adalah negara kepulauan, maka sudah selayaknya jajaran armada angkatan udara TNI harus lebih diperkuat. Dan salah satu caranya adalah dengan menambah jumlah skuadron pesawat tempur. Baik dengan jalan membeli pesawat dari negara lain ataupun mengembangkannya sendiri.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang