Apakah direkomendasikan untuk merebus ayam sebelum dibakar?

Dilihat 440 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ayam bakar bukanlah masakan yang asing lagi. Menu dengan bahan utama berupa daging ayam segar yang dipanggang dan diberi campuran aneka rempah sebagai bumbu, digemari semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa.  Ayam bakar  dikatakan istimewa jika rasanya  nikmat, bumbunya meresap kuat dalam daging  dan penampilannya terlihat menawan. Kesemua hal ini dapat diperoleh jika anda mengetahui teknik yang tepat cara membuat ayam bakar.
       

Saat memasak daging (baik daging sapi atau ayam) dengan cara dibakar  banyak orang yang khawatir daging  ayam akan kurang matang atau teksturnya alot, sehingga  mereka memilih untuk merebus daging tersebut lebih dulu. Merebus daging  terlebih dahulu  sebelum dibakar atau dipanggang, memang merupakan cara mengempukkan daging tersebut walaupun hanya dibakar sebentar. Hal Itu dikarenakan daging sudah mencapai kondisi setengah matang atau bahkan seringkali sudah matang saat direbus. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dengan melakukan hal tersebut, cita rasa daging cenderung berkurang karena air yang terkandung di dalam daging telah keluar dan nutrisi daging juga  keluar dan diserap oleh air rebusan.


Lemak daging yang membawa banyak cita rasa saat daging dibakar juga cenderung telah meleleh saat direbus. Padahal saat dibakar, lemak yang terkaramelisasi itu memberikan kelezatan tersendiri pada daging bakar. Merebus daging sebelum dibakar atau dipanggang merupakan proses memasak yang berlebihan, jadi sebaiknya bakarlah ayam  yang belum dimasak sama sekali.  Anda tak perlu khawatir tekstur daging akan mejadi alot. Pastikan ayam dimasak dengan suhu rendah dan dalam waktu yang lama Jika anda menginginkan ayam matang  lebih cepat, anda dapat  memotong-motong ayam dengan ukuran yang lebih kecil.


Tips  membuat ayam bakar kaya rasa

Cara membuat  ayam bakar yang nikmat dengan bumbu meresap kuat tidaklah mudah, masih banyak orang yang kurang berhasil melakukannya. Beberapa masalah yang sering dihadapi ketika membuat ayam bakar, antara lain : gosong, ayam mentah di dalam, ayam terasa hambar, dan lain sebagainya. Untuk membuat ayam bakar, anda  membutuhkan ayam segar, bumbu serta rempah.

Terdapat beberapa tips yang layak anda coba untuk mendapatkan ayam bakar yang lezat, kaya rasa dan tampil cantik dengan kulit cokelat keemasan yang renyah. Simak tips berikut ini :

  • Perhatikan ukuran ayam

Pastikan daging ayam yang anda gunakan benar-benar dalam kondisi segar  dan perhatikan ukuran ayam. Agar bumbu mudah meresap dan daging dapat matang dengan sempurna, jangan memotong ayam terlalu besar. Untuk ayam bakar gunakan ayam dengan berat maksimal 300 gram.  Selain itu, agar bumbu mudah meresap  ke dalam, memarkan ayam  terlebih dahulu terutama pada persendiannya dengan cara ditusuk-tusuk menggunakan tusuk satai atau garp.

  • Takaran bumbu yang tepat
           

Untuk menghasilkan ayam bakar dengan aroma dan rasa yang khas gunakan rempah-rempah segar. Salah satu kunci sukses membuat ayam bakar yang nikmat adalah takaran bumbu yang tepat. Gunakan bumbu yang disesuaikan dengan berat ayam yang akan diolah, sehingga bumbu dapat melumuri ayam dengan merata, dengan demikian rasanya pasti lebih lezat. Bumbu yang cukup dan pas akan memberikan rasa nikmat hingga ke dalam daging ayam. Bumbu yang paling sering digunakan untuk ayam bakar atau panggang adalah garam serta lada hitam. Tapi anda juga dapat menggunakan paprika bubuk, bawang putih bubuk, ketumbar, ataupun bumbu lain yang anda sukai.  Agar bumbu meresap hingga ke dalam, langkah  selanjutnya yang harus anda lakukan adalah  marinade/merendam ayam ke dalam bumbu selama 1-2 jam hingga bumbu benar-benar meresap.

  • Letakkan potongan sayur di bawah ayam.


Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit ayam bersentuhan langsung dengan wadah pembakar atau pemanggang yang mengakibatkan ayam menjadi tidak renyah. Selain itu, potongan sayur akan memperkaya rasa dan aroma masakan ayam bakar anda.

  • Tambahkan mentega atau minyak.


Kulit ayam bakar yang cokelat keemasan muncul dari mentega atau olive oil yang dioleskan pada kulit ayam. Anda bisa mengoleskan mentega dan minyak zaitun beberapa kali, yaitu sebelum ayam dibakar dan beberapa kali selama ayam dibakar.

  • Tambahkan rasa dari dalam ayam.

Selipkan jari anda ke antara daging dan kulit ayam, lalu masukkan bahan-bahan untuk memperkaya rasa ayam, seperti irisan jeruk lemon, rempah-rempah, bawang putih, ataupun bawang bombay ke bawah kulit ayam. Bahan tambahan ini tidak hanya memperkaya rasa, tapi juga mencegah daging ayam menjadi kering.

  • Setelah ayam matang, sebaiknya ayam jangan langsung dipotong.



Membungkus ayam dengan aluminium foil dilakukan sebagai cara mengempukkan daging ayam. Keluarkan ayam dari oven, tutupi ayam dengan aluminium foil, lalu diamkan selama 5-10 menit agar sari dari ayam  semakin meresap ke dalam daging sehingga ayam semakin empuk.

  • Membakar (memanggang) ayam

Kunci menghasilkan menu ayam bakar lezat tidak terlepas adalah pada proses pemanggangan atau membakar ayam.

1. Membakar dengan bara api

Siapkan bara api dengan kondisi api yang tidak terlalu besar.  Bakarlah ayam di atas bara api, jangan  di atas api yang berkobar, karena ayam akan menjadi hangus dan terasa pahit ketika dimakan.  Terdapat banyak faktor yang menyebabkan rasa ayam bakar menjadi lebih lezat dan nikmat. Selain bumbu,  faktor cara membakar  juga menjadi hal yang penting untuk menghasilkan ayam bakar yang lezat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membakar ayam :

  • Gunakan arang batok yang kering. Penggunaan arang batok sangat penting karena api yang dihasilkan lebih membara, merata, tahan lama dan sisa pembakaran lebih sedikit dibandingkan arang kayu.
  • Pastikan saat membuat api pada arang hanya mengunakan sedikit minyak tanah, atau sebaiknya justru dihindari, hal ini dapat digantikan dengan tisu yang diberi minyak goreng. Hal ini dilakukan untuk menghindari bau minyak yang dapat mempengaruhi kelezatan dan aroma ayam bakar Anda
  • Bakar ayam pada suhu api yang merata. Pastikan bahwa seluruh arang batok telah membara dan hilang nyala apinya. Hal ini dilakukan  untuk menimbulkan aroma yang lezat dari ayam yang dibakar karena terpanggang sempurna.
  • Atur jarak antara nyala api dengan penampang bakaran ayam, jangan terlalu dekat karena akan menimbulkan gosong saat dibakar. Jarak ideal adalah 3-5 centimeter atara permukaan bara api denga ayam bakar.
  • Saat membakar, seringlah untuk membalik-balikan ayam  tersebut untuk menghindari kegosongan dan memberikan efek merata pembakaran.
  • Baluri bumbu poles secukupnya agar ayam bakar makin terasa lezat dan gurih.


2. Membakar (memanggang) dengan oven

Salah satu kesulitan saat membakar ayam  adalah mengecek apakah ayam sudah matang atau belum. Sebenarnya lama memasak ayam bakar dapat ditentukan dengan menghitung berat ayam. Sebagai panduan, setiap 500 gram ayam membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk matang bila dibakar dalam oven bersuhu 180˚C, dengan catatan oven telah panas ketika ayam dimasukkan ke dalamnya. Selain itu,  terdapat  trik membakar atau memanggang ayam agar tetap nikmat. Agar daging ayam  tidak alot dan tetap nikmat, bakarlah ayam sampai pada tingkat kematangan medium well. Tingkat kematangan daging medium well adalah yang paling lezat. Pada tingkat kematangan ini, umumnya daging bagian luar matang sementara tengahnya masih setengah matang mendekati matang sempurna dan sedikit berwarna merah muda. Proses pematangan daging tak hanya berhenti saat dibakar. Proses pematangan akan terus berlanjut sampai panas dari dagingnya hilang. Karena itu, daging sebaiknya dibakar pada tingkat kematangan medium well, sehingga saat dinikmati daging  akan tetap terasa juicy dan lembut. Beda halnya jika daging dimasak well done (matang seluruhnya). "Ketika proses pematangan terus berjalan, dagingnya akan semakin matang dan tentu saja daging akan lebih keras saat dinikmati. Cara mengempukkan daging dengan teknik tersebut tak hanya berlaku untuk daging ayam. Daging sapi dan ikan juga dapat menggunakan teknik masak seperti ini agar tetap lezat dan empuk.

Nah…Dengan  memperhatikan tips-tips yang telah dikemukakan di atas, anda mungkin dapat memperhatikan di mana letak kesalahan anda ketika memasak ayam bakar.  Semoga tips di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam menciptakan  resep ayam bakar nikmat untuk keluarga tercinta. Demikian tips singkat cara membuat ayam bakar semoga bermanfaat….Selamat memasak

Baca juga : Cara yang baik untuk memanggang ayam beku

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang