Apakah dunia benar-benar datar bagi Usaha Kecil dan Menengah?

Dilihat 656 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pertanyaan yang cukup luas, ini. Kita perlu mendefinisikan dulu apa itu UKM. Demi ringkasnya mari kita asumsikan sebuah UKM adalah usaha yang memiliki karyawan kurang dari 200 orang atau yang omsetnya kurang dari 10 juta dollar. 75% start-up bangkrut dalam 5 tahun dan sisanya, 90% tidak pada jalur yang bertumbuh. (Ini adalah statistik lama dan tingkatnya seharusnya sedang turun)


Bagaimana dan mengapa sebuah UKM bermula? UKM terlahir karena enterpreneur tahu untuk melakukan sesuatu. Mungkin, sebuah ide baru seringkali terlahir dari frustasi pada hal-hal yang sudah ia ketahui. Saya rasa disinilah masalahnya. Menyadari untuk melakukan sesuatu atau memiliki ide yang mengganggu tidaklah sama dengan manajemen strategi dalam keseluruhan sistem eco bisnis untuk mendukung pertumbuhan tanpa batas. Perusahaan yang memiliki kecenderungan pada pemiliknya, yang tertahan oleh batasan dari sang pemilik jelas saja sulit berkembang. Terlepas dari generalisasi, ada sedikit penyakit-penyakit yang spesifik menjangkiti para UKM. Ini tidak menyeluruh dan ini tidak berurutan. Masing-masing adalah topik yang berbeda.

  • Standar etika.
  • Kegemaran para Auditor untuk mengurangi pajak dengan cara meningkatkan pengeluaran. Audit yang didorong penilaian IT tidak mengijinkan deklarasi profit riil di tahun-tahun yang menguntungkan.
  • Kepatuhan dan kualitas itu gratis sedangkan ketidakpatuhan dan kurangnya kualitas sangat mahal. Banyak enterpreneur mengambil jalan pintas disini.
  • Pengalihan dana bahkan di dalam sistem. Seringkali, mesin baru yang mahal dibeli dari modal kerja tanpa menyisakan apapun untuk mengoperasikan mesin-mesin itu!! Atau produk software yang dikerjakan terlalu lama.
  • Ancaman yang disebut pinjaman modal kerja dan ketidakmampuan bankir untuk memantau dengan benar. Ya. Tak peduli apakah Kas Kredit atau PCFC, semuanya memiliki kekuatan yang dibatasi oleh inventori dan pinjaman uang dalam jangka waktu yang diberikan. Cara paling sederhana adalah meningkatkan inventori dan/atau buku hutang secara fiktif. Ini adalah satu alasan paling penting untuk kematian UKM, menurut saya. Sekali anda meningkatkan piutang dagang dan inventori, anda menunjukkan lebih banyak profit daripada penghasilan anda dan membayar pajak dengan mengambil pinjaman! Dampaknya, satu sisi neraca keuangan memiliki aset fiktif dan sisi lainnya memiliki hutang riil. Sayangnya, mengelola hal ini menjadi pekerjaan penuh dari promotornya.
  • Pemasaran dan penjualan yang membingungkan. Pertumbuhan pada UKM adalah tentang mendapatkan 10 konsumen atau klien yang baik berikutnya. Kurangnya kejelasan adalah halangan bagi pertumbuhan.
  • Menggunakan pengumpulan pajak sebagai pemasukan dana jangka pendek.

Daftarnya terus bertambah. Sekalinya seorang enterpreneur sedang melakukan beberapa hal di atas, ia menjadi seorang pemadam kebakaran yang memadamkan satu kebakaran demi kebakaran lainnya. Ada banyak perusahaan yang sukses juga. Saya tahu sebuah perusahaan yang diawali oleh seorang enterpreneur generasi pertama yang mencapai omset Rs. 2000 Crs beberapa tahun yang lalu.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang