Apakah es batu dan bahan alami dapat menghilangkan kantung mata dan lingkar hitam pada mata?

Dilihat 3,93 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kantung mata dan lingkaran hitam yang terjadi di daerah sekitar mata bagian bawah.mata memang sangat mengganggu penampilan, terutama bagi wanita yang selalu ingin tampil sempurna. Penyebab kantung mata pun ada beragam, beberapa orang mengalami ini karena kantung matanya terdapat banyak air atau cairan, jadi cobalah untuk menghindari apapun yang membuatmu alergi dan bagi yang punya cairan yang mengumpul di daerah mata.

 

Jika kamu orang yang berdarah afrika dan berkulit hitam, kamu bisa gunakan sun screen untuk menghindari sinar UV yang dapat membuat daerah matamu menghitam. 

Jika kamu orang berketurunan asia, kamu bisa coba menggunakan arbutin walaupun itu tidak murah. Tapi efeknya bekerja untuk memutihkan lingkar hitam pada mata. 

Namun bagaimana jika ada alasan lain penyebab kantung mata muncul di wajah kita? Dan bagaimana cara menghilangkan kantung mata secara alami, selain cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya?


Mari simak ulasan berikut ini!


kantung mata



Cara Menghilangkan Kantung Mata


Ada beberapa cara cepat menghilangkan kantung mata, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Menghilangkan kantung mata dengan bahan alami sangat baik untuk kesehatan kulit disekitar mata. Bahan alami tidak mempunyai efek samping dan kita tidak perlu merasa takut untuk mencobanya. 


Beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami antara lain:


  • Lidah buaya. Lidah buaya mampu mengatasi kantung mata dan  lingkar hitam pada mata karena gel lidah buaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E yang diperlukan kulit untuk mencerahkan serta dapat melembabkan kulit kencang. Gel pada lidah buaya juga bisa mengatasi iritasi pada kulit akibat dari paparan sinar matahari yang bisa mengakibatkan kulitmu hitam. Cara menggunakannya, ambil lidah buaya yang masih segar, potong kulitnya sehingga tersisa gelnya saja. Kemudian, oleskan pada daerah sekitar mata secara berlahan diamkan sampai mengering dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. lakukan cara ini dengan rutin sampai lingkar hitam pada mata menghilang.
kantung mata


  • Mentimun. Mentimun dapat mengatasi kantung mata karena kandungan yang terdapat pada mentimun dapat memudarkan pigmen pada kulit dan bisa mencerahkan kulit. Caranya, bersihkan mentimun terlebih dahulu, lalu potong dengan menggunakan pisau yang bersih. Potong mentimun bulat tipis, rendam dalam air es sebentar, lalu tempelkan pada mata. Usahakan mata dalam keadaan tertutup dan diamkan selama 15 menit. Lakukan cara tersebut setiap hari hingga kulit sekitar mata tampak lebih cerah. Mentimun juga bisa digunakan pada mata yang lelah agar pengelihatan dapat menjadi cerah kembali.
  • Yoghurt yang sering kita makan ternyata bisa mengatasi mata panda atau kantung mata. Caranya, oleskan yoghurt pada daerah sekitar mata bagian bawah secara berlahan, diamkan 15 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air bersih.
kantung mata


  • Cara menghilangkan kantung mata secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Kelelahan akibat dari membaca buku terlalu lama atau sering di depan komputer bisa menyebabkan timbulnya kantung mata atau lingkar hitam pada mata. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan es batu atau air dingin yang dikompreskan secara langsung pada bagian sekitar mata dengan menngunakan kain tipis atau handuk tipis. Tempelkan kain yang berisi es batu pada bagian bawah mata. Namun, lakukan pada saat matamu mengalami kelelahan saja.
  • Ampas kopi. Biasanya jika kamu sering menangis, mata akan sembab dan kulit di sekitar mata akan bengkak dan memerah. Hal ini bisa menimbulkan garis hitam pada mata jika dibiarkan. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan ampas kopi untuk masker, karena kopi mengandung kafein yang dapat mengencangkan kulit. Gunakan ampas kopi sebagai masker di daerah sekitar mata bagian bawah saja, diamkan 15 menit, kemudian cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Teh kantung juga bisa digunakan untuk mengompres kantung mata agar lingkar hitam pada mata memudar. Caranya, letakkan kantung teh bekas yang telah digunakan pada kulit sekitar mata bagian bawah, tekan secara perlahan, dan diamkan sebentar. Kemudian, bersihkan dengan kapas basah. Lakukan cara ini secara teratur sampai lingkar hitam pada mata memudar.


Sebenarnya masih ada banyak cara menghilangkan kantung mata secara natural dan alami lainnya yang dapat kita lakukan di rumah, namun beberapa hal yang telah diuraikan di atas mampu membantu mengatasi masalah mata panda yang kita alami.



Penyebab Munculnya Kantung Mata


Selain cara mengatasinya, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja penyebab kantung mata agar kita bisa melakukan langkah penyembuhan yang tepat. 


Ada beberapa faktor timbulnya penyebab kantung mata, antara lain:


  • Faktor keturunan, lingkar hitam pada mata bisa disebabkan karena adanya faktor genetika, biasanya sejak bayi sudah terdapat lingkar hitam pada mata. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi melanin pada kulit, bisa dengan menggunakan pencerah kulit alami dan kosmetik. 
  • Faktor alergi. Ternyata ada alergi tertentu yang akan menimbulkan bengkak pada sekitar mata sehingga akan meninggalkan kantung mata dan lingkar hitam pada mata. Kenali tubuhmu sendiri dan temukan pengobatan untuk alergi penyebab kantung mata tersebut.
  • Faktor kelelahan pada mata. Lingkar hitam pada kantung mata bisa diakibatkan kerena mata terlalu lelah, bisa saja terlalu banyak membaca dengan pencahayaan yang kurang baik atau bekerja di depan komputer terlalu lama. Kurang tidur atau sering begadang malam juga bisa mengakibatkan kantung mata karena mata dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat.
  • Faktor penyakit, lingkar hitam pada mata bisa disebabkan adanya penyakit anemia atau kurang darah. Penderita penyakit kurang darah biasanya terlihat memiliki lingkar hitam pada mata. 

mata panda



Tips Untuk Menghindari Timbulnya Kantung Mata


Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menghindari kantung mata atau mata panda, seperti:


  • Istirahat yang teratur jagalah pola tidur kamu agar tidur tepat waktu sehingga mata tidak mengalami kelelahan.
  • Jangan membaca buku terlalu lama atau di depan komputer terlalu lama. Aturlah waktu ketika membaca buku atau di depan komputer, jangan terlalu lama. Atau kita bisa menyelinginya dengan kegiatan lain, misal membaca sekitar 1 jam kemudian instirahat dulu 30 menit, makan atau minum terlebih dahulu, kemudian kita bisa melanjutkan membaca lagi. 
  • Makan makanan yang mengandung vitamin dan gizi yang cukup sehingga kulit dan mata kita sehat. Makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kesehatan terjaga dan terhindar dari penyakit anemia.
  • Banyak minum air putih karena air putih bagus untuk kesehatan terutama pada kulit yang bisa melembabkan kulit. Minumlah air putih sehari 8 liter sehiingga tubuh kamu tidak akan kekurangan air. 

-


Kantung mata atau mata panda bisa di atasi dengan cara alami dengan menggunakan bahan alami yang ada. Yang paling mudah tentu saja es batu. Seperti yang telh disebutkan dan dijelaskan sebelumnya, es batu bisa digunakan untuk mengompres mata akibat dari mata lelah dan mengempeskan pembengkakkan pada mata akibat dari sering mengeluarkan air mata atau menangis. 

Hilangkanlah kantung mata dan lingkar hitam pada mata agar kita tampak sehat dan cantik dan kenali penyebabnya supaya kita bisa mengatasinya dengan cepat dan tepat. Selamat mencoba!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang