Apakah gay berarti laki - laki yang gay atau secara umum artinya homoseksual?

Dilihat 1,31 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Versi singkatnya : Dari definitinya, gay merujuk ke perempuan dan laki - laki. Jadi kamu bisa menggunakan kata "gay" untuk perempuan maupun laki - laki. Saya sendiri kenal dengan beberap perempuan yang lebih suka disebut sebagai "gay". Hal itu berarti kamu bisa menggunakan kata "gay" tanpa harus menggunakan kata lesbian (atau biseksual, genderqueer, dsb) - sama seperti kamu menggunakan kata umat manusia pada sekumpulan orang.


Versi yang agak lebih panjang : Istilah yang umum kadang dapat berguna dan penting. Tapi dalam masyarakat kita dimana sesuatu cenderung diasumsikan terhadap laki - laki, kamu sebaiknya mengetahui siapa yang kamu ajak bicara dan bagaimana konteks dari kalimatmu mempengaruhi inklusivitas dari istilah tersebut.


Walaupun cakupan dari "gay" bisa sangat bervariasi tergantung situasinya, terdapat pembagian kontekstual yang penting: Kata - kata yang digunakan untuk orang heteroseksual - Penggunaan kata "Gay" pada situasi ini biasanya dianggap dapat merujuk pada laki - laki dan perempuan. Pernikahan Gay. Gay pride. 


Perserikatan Gay. "Komunitas Gay". Kata - kata yang digunakan pada perserikatan  Gay (dan orang - orang yang memiliki teman baik yang gay) - Penggunaan gay pada situasi ini biasanya diasosiasikan dengan laki - laki, tapi buakn eksklusif untuk laki - laki. Jadi majalah gay = kebanyak isinya laki - laki (mungkin ada 2 halaman diantaranya yang berisi "Oh ya, beberapa perempuan juga gay"). Bar gay = kebanyakan isinya laki - laki (walaupun lesbian bukannya tidak boleh masuk). Komunitas gay = kebanyakan isinya laki - laki, tapi lesbian juga boleh bergabung. Di sinilah tempat dimana kamu mau mengatakan "gay dan lesbian" untuk menyatakan bahwa perempuan juga dapat bergabung (misalnya komunitas Gay dan Lesbian Alexandria) atau untuk memperjelas bahwa "gay" ekslusif untuk laki - laki (misalnya paduan suara gay). 


Kata - kata yang digunakan dalam kelompok untuk menciptakan tempat yang aman (dan oleh para aktifis untuk menantang norma - normal sosial) - Penggunaan kata gay secara ekslusif dapat membuat sebagian orang merasa terasing, karena kamu tidak pernah bisa 100% yakin apakah kamu akan diterima sebagai bagian dari kelompok gay kalau kamu bukan bagian dari cisgender atau heteroseksual.


Walaupun banyak dari kita mau berdiri di bawah spanduk gay untuk mendorong persamaan hak pada skala yang lebih luas, ada banyak opini berbeda mengenai siapa yang bisa disebut sebagai gay dan siapa yang hanya aneh. Inilah asalah kenapa kamu sering melihat istilah LGBTQ untuk organisasi aktifis dan dukungan komunitas. Kalau kamu ingin agar orang - orang yang tidak menyebut diri mereka sebagai "gay" tahu bahwa kata - kata atau kelompokmu mencakup mereka juga, kata - kata "gay" saja tidak cukup, dan kamu harus mengatakan, "Ya, kamu juga termasuk di dalamnya".

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang