Apakah gejala seperti flu merupakan tanda-tanda kehamilan?

Dilihat 31,3 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kehadiran buah hati adalah idaman setiap pasangan, apalagi bagi pasangan yang telah menargetkan untuk memiliki anak secepatnya. 


Biasanya para pasangan muda akan senang bila pasangannya mendapatkan gejala kehamilan seperti muntah-muntah yang dianggap sebagai gejala pertama kehamilan, tetapi belum tentu ciri-ciri itu adalah gejala kehamilan. Pasangan muda biasanya masih sangat minim dengan pengetahuan tetang kehamilan sehingga terkadang seorang Ibu muda tidak mengetahui bahwa dirinya sedang menunjukkan tanda-tanda awal kehamilan


Hal ini tentu akan berbahaya bagi janin di dalam kandungan karena Ibu yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil biasanya tidak akan menjaga pola makan dan bersikap acuh pada penurunan kesehatan yang dialaminya. 


Untuk itu Ibu muda harus mengetahui beberapa tanda-tanda kehamilan yang umumnya muncul pada awal kehamilan.


Tanda Kehamilan


Tanda-Tanda Kehamilan


Salah satu ciri orang hamil bukan hanya ditandai dengan telat haid ataupun mendapatkan morning sickness dengan gejala muntah-muntah di pagi hari. 


Ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang akan ditunjukkan setelah satu minggu anda melakukan hubungan suami istri dengan pasangan anda. Bagaimana mengetahui bahwa anda sedang hamil? Mengetahui tanda-tanda kehamilan ini bisa dilakukan secara non medis yang bisa terlihat oleh orang awan sekalipun. 


Hal ini bisa anda lakukan sebelum melakukan tes secara medis untuk memuaskan rasa penasaran anda, apakah anda sedang hamil atau tidak. 


Berikut adalah tanda-tanda awal yang umum dari kehamilan yang biasanya akan dialami oleh para wanita:


1. Perubahan Pada Payudara


Salah satu gejala pertama kehamilan adalah perubahan payudara. Payudara akan terasa sangat padat, sensitif, dan juga terasa lebih kencang. Banyak orang yang menganggapnya sebagai gejala haid tetapi hal ini juga merupakan salah satu ciri orang hamil yang biasanya dirasakan banyak wanita. 


Selain itu, puting payudara juga akan terlihat lebih menonjol dan berwarna lebih gelap. Pembuluh darah pada puting payudara juga akan lebih terlihat di permukaan kulit. 



2. Cepat Lelah


Tanda kehamilan selanjutnya adalah merasa lebih cepat lelah. Padahal anda hanya melakukan sedikit aktivitas namun sudah merasa sangat lelah, itulah salah satu tanda kehamilan. 


Gejala cepat lelah ini memang akan dirasakan oleh Ibu hamil dalam 3 bulan pertama kehamilan karena terjadi peningkatan kadar hormon kehamilan seperti progresteron, produksi darah, metabolisme tubuh, dan juga detak jantung dalam tubuh Ibu hamil.


Anda bisa meminimalisir kondisi ini dengan mengkonsumsi makanan sehat sepeti sayuran dan buah-buahan. Jika kelelahan dan rasa lemas dirasa terlalu berlebihan dianjurkan untuk secepatnya mengunjungi dokter.


Morning sickness


3. Morning Sickness


Morning sickness adalah gejala umum yang baik dan cukup ampuh untuk mendeteksi kehamilan karena gejala ini akan dirasakan oleh setiap Ibu yang sedang hamil. Gejala mual dan muntah ini biasanya terjadi di pagi hari yang diakibatkan oleh penumpukkan kadar asam lambung saat anda tidur. 


Morning sickness biasanya akan berlangsung saat 6 minggu usia kehamilan namun bisa juga muncul lebih awal. Untuk meringankan gejala ini, anda bisa mengkonsumsi permen mint atau jahe untuk mengurangi rasa mual. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk tidak tidur dalam keadaan perut kosong yang akan menyebabkan peningkatan asam lambung pada keesokan harinya.



4. Hilangnya Nafsu Makan


Mungkin gejala ini juga merupakan gejala umum yang ditunjukkan oleh Ibu hamil. Anda akan merasa tidak memiliki nafsu makan dan juga sensitif pada bau-bau tertentu. Hal ini disebabkan karena peningkatan kadar hormon yang disebabkan adanya janin yang berada dalam rahim anda. 


Hilangnya nafsu makan juga bisa diakibatkan oleh rasa mual yang diakibatkan oleh penambahan jumlah cairan air liur pada Ibu hamil yang menyebabkan seringnya muntah.


Perubahan suasana hati pada ibu hamil


5. Suasana Hati yang Mudah Berubah


Selain perubahan kesehatan yang akan dirasakan seorang Ibu hamil pada tanda awal kehamilan, anda juga akan merasakan gejala psikologis yang memang umum terjadi pada wanita hamil. 


Perubahan suasana hati akan dialami oleh seorang wanita hamil. Hal ini dikibatkan oleh beberapa perubahan dan peningkatan hormon dalam tubuh anda sehingga anda akan lebih mudah sensitif dan tersinggung dalam menanggapi masalah kecil sekalipun. 


Jadi, jangan heran jika wanita di masa awal kehamilan akan lebih cepat marah dan juga merasa gundah.



Selain gejala umum dari tanda kehamilan di atas, banyak juga wanita melaporkan gejala-gajala lainnya yang mereka rasakan sebagai tanda kehamilan seperti sakit kepala, sakit pinggul, hidung tersumbat, dan lelah. 


Bahkan banyak wanita yang menyatakan bahwa mereka terserang flu berat sehingga flu dianggap sebagai tanda awal kehamilan, apakah ini benar? 


Flu bisa jadi tanda kehamilan

Gejala flu bisa saja menunjukkan tanda awal kehamilan, namun bagaimana cara membedakan flu karena sakit dengan flu sebagai tanda awal kehamilan?


Jika anda merasakan sakit tenggorokan yang parah disertai dengan demam, batuk, merasakan penumpukkan lendir (mukus) di tenggorokan, itu merupakan gejala flu akibat virus. 


Sedangkan flu yang merupakan gejala awal kehamilan disebabkan karena terjadinya pembuahan dalam rahim. Tetapi hal ini memang sangat sulit dibuktikan. anda perlu melakukan beberapa analisis untuk mengindikasikan bahwa itu merupakan tanda awal kehamilan. 


-


Tanda-tanda kehamilan yang paling sering dan jelas adalah periode haid yang terlambat. 


Gejala seperti ini bisa dideteksi saat pertama kalinya terlambat haid walaupun beberapa wanita melaporkan terjadi perubahan payudara dan merasa cepat lelah sebelum mengalami keterlambatan haid mereka. 


Wanita yang mengalami tanda-tanda kehamilan seperti flu dan mencurigai adanya kehamilan harus tetap dipastikan dengan mencoba tes kehamilan sebagai langkah pertama. 


Beberapa gejala kehamilan memang mirip dengan gejala flu, terutama pada masa tiga bulan pertama. Nyatanya, tanda-tanda awal kehamilan mungkin anda akan mendapatkan flu yang tidak pernah berhenti disertai meningkatnya temperatur tubuh. 


Gejala flu seharusnya tidak berlangsung lebih dari beberapa minggu. Kalau anda mendapatkan gejala seperti ini, bisa jadi itu adalah tanda bahwa anda hamil tetapi untuk memastikannya cobalah melakukan tes kehamilan. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang