Apakah gen di kanker payudara dominan atau resesif?

Dilihat 422 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak ada satupun gen untuk kanker. Bahkan tidak banyak sampai dibilang gen untuk kanker, tapi gen yang gagal untuk melakukan fungsi yang dibutuhkan untuk sel. Dua gen BRCA, contoh, bukan gen kanker, tapi gen perbaikan DNA. Kebanyakan orang memiliki dua salinan BRCA1 dan BRCA2. Jika kamu memiliki alel mutasi dari salah satu adri itu, kamu memiliki resiko kanker payudara. Alel yang sehat masih bisa memperbaiki DNA, tapi sekarang kamu hanya butuh satu mutasi daripada dua mutasi untuk mematikan sistem perbaikan. Di hal itu, alel dominan.


Tapi, ada gen yang lain yang bisa bermutasi dan menyebabkan kanker payudara. Contoh, sindrom Li-Fraumeni diturunkan dan menyebabkan mutasi ke gen TP53. Alel TP53 yang sehat adalah tumor supresif, pengontrol divisi seluler. Ini juga kerusakan dominan sebagai mana kamu hanya butuh mewariskan satu alel buruk dari gen untuk mewariskan kerentanan.


Ada banyak gen lain yang beroperasi dengan cara yang sama, tapi segera aku tidak akan memberitahu nama gen kecuali kamu kutu buku dalam hal biologi molekul.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang