Apakah GTA5 merupakan game terbaik yang pernah dibuat?

Dilihat 362 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Permainan dengan tipe aksi petualangan seringkali lebih mudah untuk menarik pemain terutama pria dibanding dengan game yang lainnya. Mungkin dikarenakan tipe permainan seperti itu memiliki keseruan sendiri. Contohnya adalah Grand Theft Auto games. Grand Theft Auto atau yang biasa disebut dengan GTA adalah permainan aksi petualangan dimana para pemain dituntut berperan sebagai penjahat untuk melakukan misi. Misi tersebut selalu berhubungan dengan kejahatan, seperti merampok, membunuh dan lain sebagainya. Sehingga membuat pemain menjadi incaran para polisi. Jika tertangkap oleh polisi atau kehabisan darah pada saat melakukan misi, maka anda dinyatakan gagal. Karena banyaknya penyuka game ini, di beberapa negara para pemain membuat komunitas yang berhubungan dengan GTA, misalnya Grand Theft Auto Indonesia.


GTA V


Seri GTA5 merupakan seri pertama yang memiliki lebih dari satu tokoh, terdapat tiga tokoh yang bisa dimainkan. Lalu apakah hal tersebut bisa membuat permainan ini dijuluki sebagai permainan terbaik? Hal itu sebenarnya tergantung preferensi pribadi, ada banyak cara untuk mengetahui apakah itu merupakan video game 'terbaik' sepanjang masa. Pertama-tama, Metacritic adalah sebuah website tempat berkumpulnya skor-skor dari banyak reviewer yang berbeda-beda, memberi nilai game-game berdasarkan reputasi dari para reviewer. Metacritic memberitahu kita bahwa GTA itu:

  • PC Game dengan Rating Tertinggi 2015 (PC)
  • Game PS4 dengan Rating Tertinggi sepanjang masa
  • Game Xbox One dengan Rating Tertinggi sepanjang masa
  • Game PS3 dengan Rating Tertinggi sepanjang masa
  • Urutan 1 dan 2 game dengan Rating Tertinggi 2014 (Xbox One dan PS4)
  • Urutan 1 dan 2 game dengan Rating Tertinggi 2013 (Xbox 360 dan PS3)
  • Game paling banyak dishare 2013 (Xbox 360)
  • No.2 Tertinggi Game Xbox 360 dan PS3 sepanjang masa (Grand Theft Auto VI urutan ke-1 untuk keduanya)
  • No.2 Tertinggi Game PC sepanjang masa (Half-Life 2 adalah yang pertama)
  • Semua versinya di peringkat 10 atau lebih untuk game yang didiskusikan sepanjang tahun.
  • No. 12 Game yang paling banyak di-share 2013 (PS3)
  • No. 24 dan 78 Game yang paling banyak di-share 2014 (PS4 dan Xbox One)
  • No. 76 Game paling banyak di-share 2015 (PC)

game GTA


Dan mungkin yang paling penting, karena kita mencari game terbaik sepanjang masa, ia berada di peringkat 8, 9, 10, 18, dan 20 untuk game dengan rating tertinggi sepanjang masa (berurutan dalam versi Xbox One, PS3, 360, PS4 dan PC). Cukup mirip jika dilihat dari penjualannya (unduhan berbayar dan jumlah kopi yang terjual), yakni :

- Tetris (versi iOS, Android, Blackberry dan PS Vita) - 100+ juta kopi

- Wii Sports - 82,69 juta kopi

- Minecraft (semua sistem) - 71 juta kopi

- Grand Theft Auto V (semua sistem) - 54 juta kopi


Dengan melihat hasil penjualan, banyak juga yang bilang bahwa tetris adalah game terbaik. Steam adalah layanan yang digunakan untuk mendistribusikan Grand Theft Auto V di PC. Review pengguna untuk Grand Theft Auto V awalnya sangat tinggi sekali, tapi seiring berjalannya waktu reviewnya terbilang gagal akibat praktek bisnis Rockstar dan penanganan dari Grand Theft Auto Online. Semua rating tertinggi, atau review pengguna yang most helpful semuanya memberi review negatif untuk gamenya. Di atas semua itu, Grand Theft Auto V merupakan sebuah sekuel, berdasarkan sekuel sebelumnya (San Andreas). Tidak begitu banyak inovasi dalam gamenya, dan semua hal yang ditambahkan dalam seri V (karakter lebih dari satu, dunia terbuka yang besar sekali, grafisnya, online, dll) sebelumnya telah ditambahkan di game lainnya, mungkin bahkan lebih baik dari itu.


grafis gta


Game Terbaik Sepanjang Masa


Skor user di Metacritic tidak bisa disortir, namun game dengan rating tertinggi oleh para pengguna dan kritikus adalah Resident Evil 4 untuk Game Cube, satu-satunya game dengan skor review user tertinggi (saat ini) sebesar 9.4, dan satu yang memiliki rating metascore tertinggi (96 di peringkat 24 secara keseluruhan). Semua versi Grand Theft Auto V diberi rating 8.2 atau lebih rendah. Review dari para pengguna Steam juga menyatakan bahwa game Keep Talking and Nobody Explodes adalah game dengan rating tertinggi sepanjang masa berdasarkan review user, disusul oleh Portal Bundle (seri game dengan rating tertinggi sepanjang masa yang ada di steam dengan jumlah lebih dari satu game, dan memiliki rating tertinggi berdasarkan game individu), lalu Portal 2.


Akan tetapi, ada satu game yang pernah tercatat sepanjang masa sebelum kesuksesannya, Grand Theft Auto games bahkan tidak bisa menyamainya. Legend of Zelda: Ocarina of Time. Game dengan rating tertinggi sepanjang masa di Metacritic dengan metascore 99 dan skor user 9.1. Nilainya sempurna di hampir semua review (lebih dari 25 rating sempurna diberikan oleh publikasi besar), skor terendahnya semuanya 9/10. Dianugerahi Game of the Year oleh 8 publikasi dan penghargaan game, serta diberi penghargaan Best Game of All Time dari lebih dari 10; tidak termasuk peringkat yang diberikan oleh para Youtuber, reviewer yang lebih kecil dan independen, dll. Opini para penggemarnya pun sangat luar biasa positif tentang gamenya hingga saat ini, menciptakan kesuksesan yang terus berlanjut.


the legend of zelda octarina of time


Itu adalah sebuah game yang diketahui oleh siapapun yang menyebut dirinya 'gamer' dan salah satu game paling terkenal dan seri-serinya dikenal oleh mereka yang merupakan gamer hardcore, casual, dan non-gamer. Gamenya sendiri sungguh sangat inovatif desainnya, kisah dongengnya, grafis, kedalaman, audio dan membukukan skor dan merupakan sebuah tonggak baru dalam game secara teknisnya. 

Pengaruhnya dalam dunia game sejak ia dibuat masih kuat hingga hari ini. Faktanya, Dan Houser, kepala penulis dan wakil presiden bidang kreatif Rockstar bahkan mengatakan dalam sebuah wawancara untuk Grand Theft Auto V: "Siapapun yang menciptakan game 3D yang mengatakan mereka tidak meminjam sesuatu dari Mario atau Zelda, mereka berbohong -- dari game-game pada Nintendo 64, tak terkecuali yang ada saat ini." Meski hal itu subjektif pada opini pribadi, ada banyak game lainnya yang bahkan tidak menyamai titel 'game terbaik yang pernah ada' yang dimiliki The Legend of Zelda: Ocarina of Time.


Begitulah jawaban yang bisa saya berikan berdasarkan data yang telah didapat. Namun, tidak ada game yang bagus untuk semua orang, jika anda memiliki pendapat atau selera berbeda, mungkin hasilnya juga akan berbeda. Bagaimana pun juga yang bisa menentukan permainan mana yang terbaik adalah orang yang sudah memainkan game tersebut dan memankan game lain sebagai pembanding. Sebenarnya sulit untuk menentukan game mana yang terbaik sepanjang masa, karena banyak permainan-permainan bagus lainnya yang akan muncul. Cobalah memainkan beberapa game dan tentukan mana game yang terbaik dengan pendapatmu :) 

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang