Apakah harus menjaga kulit anda tetap lembab? Dan apakah beberapa jawaban terhadap pertanyaan terkait pertolongan pertama?

Dilihat 1,42 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penyembuhan luka merupakan proses fisiologi yang dinamis dan kecepatan dan kualitas dari penyembuhan luka bergantung pada banyak faktor. Sulit untuk memberikan jawaban yang pasti untuk pertanyaanmu, karena jawaban dari semua pertanyaanmu sangat bergantung pada ukuran, jenis dan lokasi luka. Tapi saya akan memberikan pemahaman dasar tentang manajemen luka yandisetujui oleh banyak penelitian dan dokter.


Apakah kamu harus menjaga lukamu tetap lembab? Persetujuan umunya adalah dasar luka (area luka) harus dijaga tetapi lembab / basah agar penyembuhan berlangsung lebih cepat. Lingkungan yang lembab membantu tahap peradangan dari penyembuhan luka dan mengurangi resiko infeksi. Lingkunagn yang lembab menyebabkan pembentukan koreng yang lambat dan normal di bawah luka dimana proses penyembuhan berlangsung dimana neutrofil dan makrofag mencerna dan menyingkirkan jaringan mati (nekrotik), puing - puing sel, kontaminasi mikroba, membersihkan luka dari segalam maca rintangan sel untuk proses penyembuhan, dan membawa nutrisi penting ke are luka untuk memulai epitelisasi. 


Fisiologi dari penyembuhan luka dan perawatan luka operasi


Penyembuhan luka merupakan proses yang sistemik, yang berlangsung secara bertahap dan melibatkan tahapan - tahapan dari hemostasis, peradangan, dan perbaikan. Hemostasis dengan pembentukan fibrin menciptakan bekas luka yang protektif. Bekas luka menyediakan permukaan di bawah luka dimana perpindahan dan pergerakan sel dari tepi luka dapat berlangsung. Peradangan membawa nutrisi ke area luka, menyingkirkan puing - puing luka dan bakteri, dan memberikan stimulan zat kimia untuk perbaikan luka. Perbaikan langsung dimulai setelah seseorang terluka dan berjalan dengan cepat melalui proses epitelisasi, fibroplasia dan perkembangan pembuluh kapiler pada area luka.


Masalah yang berbeda memiliki kecepatan normal masing - masing dari perkembangan saat proses penyembuhan luka. Kecepatan paling optimal dari penyembuhan berlangsung ketika terdapat faktor - faktor menguntungkan untuk penyembuhan dan faktor yang dapat mengganggu peroses pernyembuhan dapat dikendalikan atau tidak ada. 


Untuk menjaga kelembaban luka, kamu harus memberikan semacam balutan yang merupakan bahan berpori untuk memastikan bahwa kelembaran yang berlebihan dapat keluar dan are luka mendapatkan cukup oksigen. Jika lukanya kecil, dapat dibalut dengan plester luka. Pembalut luka juga membantu mencegah area luka terkontaminasi. 


Apakah koreng itu baik atau buruk?

Pembentukan koreng merupakan hal yang baik bagi penyembuhan luka. Tapi yang penting adalah kecepatan pembentukan bekas luka tersebut. Untuk luka yang kecil, mengeringkan luka dengan membiarkannya terpapar udara akan menyebabkan luka cepat mengering dan berpengaruh negatif bagi kualitas penyembuhan luka. Jika lukanya besar maka hal itu menguntungkan bagi pembentukan bekas lukaa dan karena itu mengurangi resiko terjadinya infeksi, mengalahkan resiko dari proses penyembuhan yang tidak efisien dan resiko terbentuknya bekas luka.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kulit dan penyembuhan luka, Tiga faktor yang secara drastis mempengaruhi pola, kecepatan dan kualitas dari penyembuhan luka adalah dehidrasi dari jaringan yang terkena, status dari suplai darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke area, dan keracunan darah.


Luka yang terkena udara kehilangan uap air, bagian atas luka mengering, penyembuhan akan berlangsung di bawah koreng. Membalut luka mencegah pembentukan koreng dan akan mengubah pola dan penyembuhan luka epidermal. Meniup luka akan menciptakan  koreng dalam waktu tiga jam, bukannnya dalam waktu 24 yang normal, tapi ada lebih banyak jaringan yang dikorbannkan dalam prosesnya. Hal tersebut hanya dapat dibenarnya jika dapat dilihat bahwa pembentukan koreng yang cepat dapat mengurangi infeksi yang besar, misalnya luka bakar. Luka yang tidak terlalu serius akan sembuh dengan lebih cepat ketika dibalut dengan pembalut oklusif


Apakah sebaiknya saya membiarkan plester menempel semalaman? Apakah menggunakan plester dengan pereka merupakan hal yang buruk? Berapa lama saya harus membiarkan plester menempel? Plester luka merupakan suatu jenis pembalut yang merekat yang memiliki zat anti-bakteri untuk menutupi luka dan tetap menjaga kelembaban area serta memfasilitasi oksigen dan perpindahan kelembaban


Untuk luka yang kecil, plester pereka yang sederhana merupakan hal yang cukup baik. Untuk luka yang lebih besar, dibutuhkan pembalut yang lebih rumit yang dipakaikan oleh tenaga medis profesional. Pembalut luka harus diganti secara rutin untuk menjaga area luka tetap bersih. Ada baiknya kamu tetap menjaga luka agar tertutup ketika sedang tidur.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang