Apakah HIV/AIDS bisa ditularkan melalui makanan?

Dilihat 31,1 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak bisa. Virus HIV/AIDS merupakan patogen yang ditularkan melalui darah. Virus ini hidup di dalam darah dan cairan tubuh lainnya seperti cairan dubur, sperma, dan cairan vagina yang harus masuk ke dalam aliran darah untuk menginfeksi seseorang. Penularan bisa terjadi ketika melakukan aktifitas seksual, melalui jarum yang terkena darah yang terinfeksi dan jarum suntik yang digunakan orang yang terinfeksi HIV, atau melalui transfusi darah, meskipun yang satu ini jarang terjadi karena darah sudah melalui pemeriksaan yang ketat. HIV/AIDS juga bisa ditularkan dari seorang ibu keapda anaknya ketika masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui.


Situs CDC menyebutkan "Anda bisa terkena HIV/AIDS jika memakan makanan yang disediakan oleh orang yang terinfeksi HIV/AIDS. JIka makanan hanya mengandung jumlah yang sedikit dari darah yang terinfeksi, paparan udara, panas dari proses memasak, dan asam lambung akan menghancurkan virusnya. 
Penularan HIV juga bisa terjadi jika anda memakan makanan yang sudah digigit oleh orang yang terinfeksi HIV, tapi ini sangat jarang terjadi. Makanan bisa terkontaminasi ketika darah dari orang yang terinfeksi tinggal di makanan yang dia gigit. Tapi sejauh ini kasus ini hanya terjadi pada bayi."

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang