Apakah HP Xiaomi cukup bagus? Apa saja keunggulannya?

Dilihat 5,49 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Xiaomi mungkin tergolong sebagai pemain baru di kalangan smartphone. Merk ini baru beredar 5 tahun di market. Namun popularitasnya di kalangan penggemar smartphone tidak perlu diragukan lagi. Harganya yang tergolong cukup murah dan spesifikasi yang cukup canggih menjadi salah satu keunggulan HP buatan Cina ini. 


Di sini saya akan membahas sedikit tentang latar belakang dan keunggulan salah satu tipenya. 



Latar belakang Xiaomi


Xiaomi adalah perusahaan produksi smartphone terbesar ke-5 di dunia. Ada beberapa fakta mengenai Xiaomi yang perlu Anda ketahui, yaitu:


1. Xiaomi Inc. adalah perusahaan elektronik milik pribadi yang berpusat di Beijing, Cina.


2. Seluruh desain produk, perkembangan hardware dan software, penjualan, serta pembuatan aplikasi dilakukan semua oleh perusahaan Xiaomi sendiri. Perlu diketahui pada awal peluncuran, perusahaan ini hanya memasarkan produknya melalui basis online dan tidak membuka gerai penjualan dimanapun. Mereka menyebarkan berita perilisan hanya secara lisan, dan tentunya ini sudah menghemat biaya pemasaran yang cukup besar. 


3. Sejak perilisan perdana mereka pada Agustus 2011, Xiaomi telah berhasil mengkapitalisasi pasar Cina dan kemudian memperluas cakupannya serta mulai merambah ke berbagai macam bidang barang elektronik, seperti misalnya air purifier dan power bank.  


4. Menurut majalah Forbes, pendiri dan CEO XiaomiLei Jun, merupakan orang terkaya ke-5 pada tahun 2016 di Cina. Perusahaan ini telah menjual lebih dari 60 juta smartphone di seluruh dunia pada tahun 2014. 



Gambar 2. Lei Jun, pendiri Xiaomi


5. Perusahan ini sendiri memiliki lebih dari 8.000 pegawai, yang tersebar di Cina, Malaysia, dan Singapura. Mereka juga terus memperluas perusahaan mereka hingga ke negara lain seperti Indonesia, India, Filipina, dan Brazil.



Keunggulan salah satu HP Xiaomi


Pada bagian ini saya akan membahas keunggulan salah satu tipe HP Xiaomi yang baru dirilis pada awal tahun 2016 ini, yaitu Xiaomi Redmi Note 3.



Gambar 3. Berbagai macam desain dan warna Xiaomi Redmi Note 3


Smartphone ini belakangan termasuk sebagai handphone terbaik di beberapa negara dengan harga di bawah Rp 2,000,000 (untuk tipe Redmi Note 3 16GB/RAM 2GB). Saat Anda mengeluarkannya dari kotak, smartphone ini terkesan sangat elegan dan tampak luar biasa, terutama jika Anda membeli varian warna emas. 


Berbeda dari beberapa tipe Xiaomi lainnya, Redmi Note 3 dibuat dari bahan metal dengan sentuhan matte yang halus sehingga sidik jari Anda tidak mudah menempel pada case belakang. Selain itu di bagian belakang juga disertai dengan sistem keamanan fingerprint sensor, yang hanya membutuhkan waktu 0.3 detik untuk membaca sidik jari pengguna. Walaupun Xiaomi Redmi Note 3 memiliki harga yang relatif murah, namun software yang ditawarkan sangat berkelas. Ini adalah smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon Qualcomm 650 SoC. 


Hardware dan softwarenya telah didesain sedemikian rupa dan akan memberikan Anda pengalaman menggunakan handphone berbasis Android yang cukup memuaskan. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan dua slot untuk simcard 4G (dual SIM 4G) yang bisa Anda gunakan untuk mengakses jaringan 3G dan 4G. Koneksi wifi juga cukup cepat berkat fitur dualband. Interface tipe ini sangat efektif dan cukup lancar, terutama jika Anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Kualitas suaranya cukup baik dan tidak ada masalah saat Anda mencoba untuk berganti carrier kartu SIM. 


Sayangnya ponsel ini belum memiliki teknologi USB tipe C dan baterainya dipasang secara permanen sehingga tidak bisa dilepas. Namun dengan berbagai macam keunggulan fitur yang ditawarkan dan mengingat bahwa harganya cukup memadai, beberapa kekurangan dalam teknologi ini tidak akan menjadi kekurangan yang berarti. 



Tabel 1. Beberapa spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3



Popularitas Xiaomi saat ini tentunya memberikan pilihan yang lebih banyak bagi para pengguna untuk memilih ponsel smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 


Mungkin Anda pernah mendengar beberapa keluhan tentang pelayanan Xiaomi. Namun coba pahamilah bahwa perusahaan ini masih tergolong baru di pasarnya dan tentunya masih banyak sekali hal yang perlu diperbaiki. 

Semoga Anda bisa merasakan manfaatnya! 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang