Apakah hujan dapat merusak jaket kulit? Kalau iya, seberapa besar, dan bagaimana caranya? Apa ada tipe jaket kulit tertentu?

Dilihat 1,31 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jaket kulit sudah lama menjadi trend yang populer di kalangan pecinta jaket karena memang memberikan tampilan yang sangat trendi dan bergaya. 


Bahkan jaket kulit bekas tidak kalah populer karena terkadang orang-orang tertentu menyukai kondisi jaket yang nampak lebih pudar warnanya. Beragam model jaket kulit terbaru juga menawarkan cara perawatan yang berbeda karena dibandingkan jaket dari bahan lain, bahan kulit memerlukan perhatian yang khusus. 


Namun seringkali saat kita ingin membeli jaket kulit yang asli, kita malah mendapatkan produk jaket kulit palsu. Ada beberapa cara mengetahui jaket kulit yang murni atau asli, salah satunya adalah tekstur pori-pori pada produk jaket tersebut terlihat jelas.


jaket kulit 1


Pada umumnya, bukan air yang merusak sebuah jaket kulit, tapi perlakuan yang kurang tepat terhadap jaket kulit tersebut. 


Sebagian besar orang tidak mengerti bagaimana merawat dan menjaga jaket kulitnya. Kesalahan yang paling umum adalah memperlakukan jaket kulit seperti jaket yang terbuat dari kain. 


Alhasil, ia justru merusak jaket tersebut dan terlebih lagi jaket yang baru akan terkesan seperti jaket kulit bekas.


Jaket kulit harus dibiarkan kering dengan sendirinya, jangan memakai pemanas, atau pengering rambut! Saat masih terasa dingin dipegang (sedikit lembab) letakkan mantel diatas jaket kulit, taruh mantel yang tebal dan bagus dan biarkan mantel tersebut menyerap air. Anda pasti bisa mengira-ngira sendiri kapan jaket kulit Anda sudah benar-benar kering. 


jaket kulit 2


Kemungkinan lain adalah jaket kulit ditumbuhi jamur. Jika dibiarkan jamur ini akan menjadi masalah besar yang sulit dibersihkan nantinya. 


Kulit adalah bahan yang hebat, dan tidak serapuh seperti yang orang-orang bilang! 


Sebagai pengrajin kulit saya tahu betul bagaimana kulit dipukul, dibengkokkan, ditarik ataupun digulung. Bahan kulit bisa dibentuk menjadi bermacam model jaket kulit. 


Lagi pula, jangan remehkan produk yang terbuat dari kulit, termasuk jaket kulit bekas sekalipun. Air dipakai sebagai alat untuk membantu membuat bahan kulit menjadi bentuk yang bagus, dan untuk memberikan desain rumit di permukaan. Rahasianya adalah apa yang kita perlakukan setelahnya!



Cara Mengatasi Noda Pada Jaket Kulit


Sebenarnya keistimewaan jaket kulit adalah pada daya tahannya. Semakin lama dipakai, bentuk dan corak warnanya akan semakin artistik dan eksotik. Itulah sebabnya jaket kulit bekas harganya masih relatif tinggi dibandingkan jaket bekas dari bahan kain misalnya. Nah, agar jaket kulit Anda tetap berpenampilan menarik yang perlu dihindari adalah noda. Berikut ini saya berikan beberapa tips menghilangkan bau dan noda pada jaket kulit.


jaket kulit 3


  • Pilihlah produk pembersih noda yang berkarakter lembut seperti deterjen yang dipakai untuk pakaian berbahan halus, sabun pencuci peralatan makan atau sampo khusus bayi.
  • Selanjutnya, campurkan sabun tersebut dengan air dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, karena hanya Anda butuhkan untuk membersihkan noda yang menempel pada jaket kulit.
  • Gunakan kain bersih untuk mengoles campuran sabun dan air ke bagian yang bernoda. Bersihkan hingga semua noda terangkat dengan cara mengikuti alur serat bahan kulit tersebut.
  • Kemudian angkat sisa sabun menggunakan kain yang bersih, sekali lagi pastikan permukaannya bersih. Setelah itu jaket kulit bisa dijemur. Proses penjemuran ini juga bertujuan untuk menghilangkan bau apek pada jaket.
  • Cairan pelembut untuk pakaian berbahan kulit bisa dioleskan pada bagian yang sudah dibersihkan. Cairan ini berfungsi mencegah agar jaket kulit tidak kering sehingga kualitasnya menurun.


Tips Merawat Jaket Kulit Ala Profesional 


Untuk merawat model jaket kulit terbaru milik Anda agar tidak mudah rusak, perlu memperhatikan beberapa hal. 


Jaket tentu sering terpapar pada debu, panas matahari, asap kendaraan bermotor dan lain sebagainya karena pemakaiannya yang cenderung pada kondisi outdoor. Apalagi jika Anda sering menggunakan jaket kulit saat naik motor pasti membutuhkan perawatan ekstra. 


Jaket kulit bekas sekalipun akan tampil menawan asalkan Anda tahu cara merawatnya dengan benar.

jaket kulit 4

Kotoran yang tidak langsung dibersihkan akan menempel semakin kuat pada permukan jaket. 


Untuk itulah diperlukan perawatan ekstra! Jadi, sebaiknya jaket yang tidak kotor disimpan dengan cara yang tepat agar warnanya tidak menjadi kusam dan apalagi bau apek.


Cobalah ikuti tips cara merawat jaket kulitberikut ini untuk melakukan perawatan rutin jaket kulit kesayangan Anda:


  1. Jika jaket kulit basah, jangan tunda-tunda lagi untuk menjemurnya.
  2. Untuk mengatasi jamur cobalah gunakan air plus cuka dengan perbandingan 1 : 1
  3. Apabila jaket kulit Anda mulai berkerak gunakan minyak kelapa atau lotion. Jangan gunakan parfum pada jaket kulit karena parfum terbukti cepat merusak.  
  4. Apabila jaket kulit Anda mulai nampak kusam gunakan cat khusus untuk jaket kulit.

jaket kulit 5


Sebenarnya masih ada banyak tips untuk merawat dan mengatasi noda pada jaket kulit. Tapi, setidaknya beberapa tips di atas bisa mengurangi kekhawatiran Anda tentang keawetan jaket kulit. 


Tips-tips di atas adalah beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui sebelum membeli jaket kulit.

Meski model jaket kulit terbaru terus membanjiri pasar, trend jaket kulit bekas masih cukup populer. Semua tergantung pada selera kita dalam memilih dan membeli jaket kulit kesukaan kita.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang